Pengaruh Lokasi, Biaya Dan Keunggulan Produk Terhadap Minat Masuk Mahasiswa Politeknik Studi Kasus Pada Kelas Kerjasama Politeknik Negeri Medan – PT GMF Aero Asia
Abstract
ABSTRAK
Kelas Kerjasama Politeknik Negeri Medan – PT GMF Aero Asia adalah salah satu kampus yang di tunjuk oleh PT GMF Aero Asia untuk mendidik calon karyawannya melalui Program Pendidikan Diploma Tiga (D-III) dengan sertifikasi Aircraft Maintenance Training Organization (AMTO) GMF Aero Asia sesuai dengann Civil Aviation Safety Regulation (CASR) 147. Analisis penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah lokasi, biaya dan keunggulan produk secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap minat masuk mahasiswa kelas kerjasama Politeknik Negeri Medan – PT GMF Aero Asia. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode asosiatif dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden. Pengambilan data primer menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi, biaya dan keunggulan produk secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap minat masuk mahasiswa kelas kerjasama Politeknik Negeri Medan – PT GMF Aero Asia. Dan hasil dari koefisien determinasi pada nilai Adjusted R Square adalah sebesar 0,879 yang dapat disebut koefisien determinasi yang dalam hal ini berarti 87,9% minat masuk kuliah dapat diperoleh dan dijelaskan oleh lokasi, biaya dan keunggulan produk. Sedangkan sisanya 100% - 87,9% = 12,1% dijelaskan oleh faktor lain atau variabel diluar model, seperti kualitas pelayanan, promosi dan lain-lain. Kata Kunci : Lokasi, Biaya, Keunggulan Produk dan Minat Masuk Kuliah
Downloads
References
Buku:
Angipora, Marius P. 2014. Dasar-Dasar Pemasaran Edisi Kedua Cetakan Kedua.
Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Cravens, David. W. 2016. Pemasaran Strategis. Alih bahasa: Lina Salim. Jakarta:
Erlangga.
Gorham, Laura M. (2017). The Impact of Local: Exploring Availability and
Location on Food Buying Decisions.
Hasan, A. (2016). Marketing Edisi Baru. Yogyakarta. Media Presindo.
Hendro, 2013. Dasar-dasar Kewirausahaan, Erlangga, Jakarta.
Irawan, Handi. 2013. Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta. Elex Media
Komputindo Kelompok Gramedia
Juliandi, Azuar. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Bisnis.
Medan : M2000.
Kotler, Phillip dan Gary Armstrong. 2013. Dasar-dasar Manjemen Pemasaran
Edisi Sembilan Jilid 1. Jakarta : Indeks.
Lamb, C. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta. Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba
Peter, J. Paul dan Jerry C Olson. 2014. Consumer Behavior - Perilaku Konsumen
dan Strategi Pemasaran Edisi Empat. Jakarta : Erlangga
Ritonga, Husni Muharram, et al. 2018. Manajemen Pemasaran. Medan : Manhaji.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Swastha, B. (2014). Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua. Yogyakarta.
Liberty.
Tjiptono, Fandy. 2014. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi
Umar, Husien. 2015. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta :
Gramedia PustakaUtama
Jurnal:
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap
Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot
Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Brata, Baruna Hadi. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion,
and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya
Swarasa Agung in Central Jakarta.
Chandra, Teddy. (2015). The Influence of Location, Products, Promotions, Services
with Respect to Consumer Behavior (Studies in the Indo March Raya Darmo
Surabaya).
Chrisna, H. (2018). ANALISIS MANAJEMEN PERSEDIAAN DALAM
MEMAKSIMALKAN PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN
PADA PABRIK SEPATU FERRADINI MEDAN. Jurnal Akuntansi Bisnis
dan Publik, 8(2), 82-92.
Fadjrin, Martha Amelia. (2017). Pengaruh Lokasi Sekolah, Promosi Sekolah,
Persepsi Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Siswa Memilih Jurusan.
Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment
(performance, motivation, and job training) using profile matching. SSRG Int.
J. Econ. andManagement Stud, 3(6).
Hadi, Ryan Krisna. (2013). Pengaruh Keunggulan Produk Terhadap Minat
Konsumen Pada Produk Rangka Atap Baja Ringan Taso C75.75
Hidayat, R. (2018). KEMAMPUAN PANEL AUTO REGRESSIV DISTRIBUTED
LAG DALAM MEMPREDIKSI FLUKTUASI SAHAM PROPERTY AND
REAL ESTATE INDONESIA. JEpa, 3(2), 133-149.
Menhard. (2018). Brand Image dan Lokasi Mempengaruhi Terhadap Minat
Mahasiswa Masuk Ke Perguruan Tinggi Dan Status Ekonomi (Studi
Kasus Pada Mahasiswa S1 Manajemen STIE Mahaputra Riau).
Nasution, D. A. D. (2018). Analisis pengaruh pengelolaan keuangan daerah,
akuntabilitas dan transparansi terhadap kinerja keuangan pemerintah. Jurnal
Studi Akuntansi & Keuangan, 2(3), 149-162.
Purnomo, Eko. (2016). Pengaruh harga, Kualitas produk dan lokasi terhadap
minat beli konsumen dalam membeli beras lokal (studi kasus desa rambah
utama).
Purba, R. B. (2018). PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI
KEUANGAN DAERAH, TRANSPARANSI PUBLIKDAN AKTIVITAS
PENGENDALIAN TERHADAP AKUNTABILITAS KEUANGAN PADA
BADAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN TANAH DATAR.
Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 99-111.
Ritonga, M. (2018). FAKTOR MANAJEMEN BIAYA DAN MANAJEMEN
PEMASARAN TERHADAP PENDAPATAN MELALUI INTENSITAS
PRODUKSI PADA UKM INDUSTRI RUMAHAN DI KOTA
BINJAI. JUMANT, 8(2), 68-78.
Rioni, Y. S. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI
LINGKUNGAN KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MEDAN
BARAT. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 160-176.
Sari, P. B., & Dwilita, H. (2018). Prospek Financial Technology (Fintech) Di
Sumatera Utara Dilihat Dari Sisi Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan Dan
Kemiskinan. Kajian Akuntansi, 19(1), 09-18.
Sugiono. (2017). Pengaruh Biaya Dan Lokasi Terhadap Minat Orang Tua
Memilih Sekolah Di SMPN 2 Manyar Gresik.
Yunus, R. N. (2018). ANALISIS PENGARUH BAHASA MEREK TERHADAP
KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS
PEMBANGUNAN PANCA BUDI JURUSAN AKUNTANSI. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 13-20.