Pengaruh Harga Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Minat Beli Rumah Pada Perumahan Villa Triviona Di PT. Aek Nauli Medan
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana pengaruh variabel harga, kualitas produk, dan promosi terhadap minat beli rumah pada perumahan Villa Triviona di Pt. Aek Nauli Medan. Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 85 orang. Analisis ini meliputi : uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisien determinasi (R2 ) dengan bantuan aplikasi SPSS versi 17.0. Hasil analisis menggunakan uji t dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yaitu Harga (X1) hasil menunjukkan bahwa thitung 2.280 > ttabel 1.988 dan signifikan 0.020 < 0.05, Kualitas Produk (X2) hasil menunjukkan bahwa thitung 5.673 > ttabel 1.988 dan signifikan 0.000 < 0.05, dan Promosi (X3) hasil menunjukkan bahwa thitung 2.937 > ttabel 1.988 dan signifikan 0.026 < 0.05 secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu Minat Beli (Y). Kemudian hasil analisis menggunakan uji F dapat dilihat bahwa Fhitung sebesar 18.306 sedangkan Ftabel sebesar 2.71 yang dapat dilihat pada α = 0.05 dapat diketahui bahwa ketiga variabel independen yaitu Harga (X1), Kualitas Produk (X2), dan Promosi (X3) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu Minat Beli (Y). Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi diketahui bahwa 40.4% minat beli dapat diperoleh dan dijelaskan oleh harga, kualitas produk, dan promosi. Sedangkan sisanya 59.6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Kata Kunci : Harga(X1), Kualitas Produk(X2), Promosi(X3), Minat Beli(Y)
Downloads
References
Abzari, et. Al (2014). Manajemen pemasaran. Jakart: Erlangga
Ahmad, R. (2019). PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN
DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT.
MITRA NIAGA SEJATI JAYA-LANGKAT. JUMANT, 11(2), 137-146.
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap
Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening
Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi
Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to
Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the
Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-
59.
Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:
Alfabeta.
Amstrong, K. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Edisi 13. Jilid 1.
Erlangga.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan
Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2),
119-132.
Buchari, A. (2012). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:
Alfabeta.
Buchari, A. (2015). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:
Alfabeta.
Chrisna, H. (2019). PENGARUH PERILAKU BELAJAR, PENGENDALIAN
DIRI, MOTIVASI, EMPATI, KETERAMPILAN, DAN KEPERCAYAAN
DIRI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PRODI
AKUNTANSI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI
MEDAN. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 10(1), 87-100.
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on
Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Dwilita, H. (2019). PERBANDINGAN KINERJA PERBANKAN INDONESIA
STUDI PADA BANK UMUM KONVENSIONAL DAN BANK
UMUM SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
PERIODE 2008-2017. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 10(1), 145-162.
Durianto, d. (2013). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan
Perilaku Merek. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama.
Efendi, B. (2019). Efektivitas Kebijakan Makroprudensial Terhadap Stabilitas
Sistem Keuangan Di Indonesia. JEpa, 4(2), 72-78.
Fandy, T. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4.
Ferdinand. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP Universitas
Diponegoro.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 17
(Edisi kelima). Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 17
(Edisi 8). Cetakan VII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Iriani, M. d. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi
terhadap Minat Beli Konsumen . Jurnal Ilmu Manajemen.
Julianti, L. N. (2014). Pengaruh suasana toko (store atmospher) terhadap minat
beli konsumen. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 4 : No 1.
Keller, K. d. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Cetakan Ketiga. Jakarta:
PT. Indeks.
Kotler, K. (2012). Marketing Management. Pearson Education.
Kotler, P. (2014). Principles of Marketing. Jakarta : Erlangga.
Kotler, K. (2016). Marketing Management. Pearson Edition.
Marihot, M. d. (2014). Metodologi Penelitian. Ciptapustaka Media.
Mowen. (2012). Perilaku Konsumen. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Philip, K. (2012). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Buku dua, edisi
pertama. Yogyakarta.
Resti. (2010). Pengaruh Store Atmospere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada
Cafe Atmospere Bandung. Bandung: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi. JBE Vol
17 No. 2 Hal 97-107.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kunatitatif,
Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko Online, diakses dari
Google Scholar pada hari Kamis, tanggal 9 April 2020, pada jam 11.00
WIB.
Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Bangunan, dan Promosi Terhadap Minat Beli
Perumahan Taman Safari Bondowoso, diakses dari Google Scholar, pada hari
Kamis, tanggal 9 April 2020, pada jam 12.00 WIB.
Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen
Pada Perusahaan A-36, diakses dari Google Scholar pada hari Kamis,
tanggal 9 April 2020, pada jam 10.00 WIB.
PengertianMinatBeli, Aspek, Dimensi, Tahapan, dan FaktorMinatBeliKonsumen,
Diaksesdari Internet https://www.pelajaran.co.id/2019/04/ pengertian-minatbeli-aspek-dimensi-tahapan-dan-faktor-yang-mempengaruhi-minat-belikonsumen.html, pada hariJumat, tanggal 10 April 2020, pada jam 14:00
WIB.
Wakhyuni, E. (2018). KEMAMPUAN MASYARAKAT DAN BUDAYA ASING
DALAM MEMPERTAHANKAN BUDAYA LOKAL DI KECAMATAN
DATUK BANDAR. Jurnal Abdi Ilmu, 11(1), 25-31.
Setiawan, A. (2018). PENGARUH PROMOSI JABATAN DAN LINGKUNGAN
KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI DI LINGKUNGAN
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(2), 191-203
Setiawan, N. (2018). PERANAN PERSAINGAN DALAM MENINGKATKAN
KUALITAS PELAYANAN (Resistensi Terhadap Transformasi
Organisasional). JUMANT, 6(1), 57-63.
Siregar, N. (2018). ANALISIS PRODUK DAN CITRA KOPERASI TERHADAP
WIRAUSAHA KOPERASI DALAM MENINGKATKAN INDUSTRI
RUMAH TANGGA PADA MASYARAKAT DESA LUBUK SABAN
PANTAI CERMIN KABUPATEN DELI SERDANG. JUMANT, 9(1), 79-
93.
Syauqi, T. R. (2018). THE ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING AUDITOR
PERFORMANCE WITH AUDITOR WORK EXPERIENCES AS
MODERATING VARIABLES IN PUBLIC ACCOUNTANT OFFICE
AUDITORS IN MEDAN. International Journal of Public Budgeting,
Accounting and Finance, 1(4), 1-9.
Waruwu, A. A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Stres Kerja dan Konflik Kerja
Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Kepada Kinerja Pegawai
Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Utara. JUMANT, 10(2), 1-14.
Yunus, R. N. (2018). ANALISIS PENGARUH BAHASA MEREK TERHADAP
KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAHASISWA
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI JURUSAN
AKUNTANSI. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 13-20.