Pengaruh Kompetensi dan Komunikasi terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Medan
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan komunikasi secara parsial dan simultan terhadap kinerja pegawai pada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah 329 pegawai sedangkan sampel yang memenuhi kriteria penarikan sampel pengamatan sebanyak 181 pegawai. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif. Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Medan adalah instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam perolehan pajak dan retribusi. Pajak dan retribusi perlu untuk ditingkatkan karena PAD Kota Medan belum sepenuhnya mampu secara mandiri membiayai anggaran belanjanya. Pengumpulan pajak dan retribusi tersebut sangat tergantung pada kemampuan pegawai dalam berkomunikasi dengan pembayar pajak dan retribusi, dan juga tergantung pada budaya organisasi yang melekat pada organisasi Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah. Model analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS. Nilai koefisien determinasi (r²) diperoleh sebesar 63,40 %, artinya variasi kinerja pegawai dapat dijelaskan oleh kompetensi dan komunikasi sebesar 63,40 %, sedangkan sisanya 36,60 % lagi dijelaskan oleh faktor lain. Hasil penelitian pada tingkat kepercayaan 95 % dan test of level 5 % menunjukkan secara parsial kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Medan dengan nilai thitung sebesar 12,206 dan nilai ttabel 1,984 sehingga thitung 12,206 > ttabel 1,984 dan signifikan 0,000 < 0,05, secara parsial Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Medan dengan nilai thitung sebesar 11,062 dan ttabel sebesar 1,984 sehingga thitung 11,062 > ttabel 1,984 dan signifikan 0,000 < 0,05. Selanjutnya kompetensi dan komunikasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Medan dengan nilai koefisien determinasi adalah sebesar 0,634. Kata Kunci: Kompetensi, Komunikasi, Kinerja Pegawai
Downloads
References
Adiman, S. (2018). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan
Modal Intelektual Pada Laporan Tahunan Perusahaan Non Keuangan Yang
Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 7(2),
23-34.
Adoir, John. 2010. Kepemimpinan yang Efektif. Semarang: Dahara Prize. Andre,
Anshari, Hairy. 2014. Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Budaya Organisasi
terhadap Kinerja Pegawai Bagian Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Timur.
eJournal Administrative Reform, 2014, 2 (4): 2483 – 2496, ISSN 2338-
7637. Diakses dari e-journals.unmul.ac.id › index.php › JAR › article› view
pada tanggal 11 November 2019 hari Senin, Pukul 12.05 Wib.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan
Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Unpab. Jepa, 4(2), 119-
132.
Aspan, H. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia: Cara Jitu Memilih
Perusahaan, Isbn 9786028892088, Pustaka Bangsa Press, Jakarta.
Aspan, H., F. Milanie, A.K. Sari. (2016). “The Effect Of Public Participation,
Transparency, And Accountability On The Efficiency Of The Distribution Of
The School Operational Support Funds (Bos) In Tebing Tinggi City (Case
Study Of Taman Siswa College)”. Prosiding International Conference On
Education For Economics, Business, And Finance (Iceebf) 2016 Universitas
Negeri Malang, Issn (Print) 2540-8372 Issn (Online) 2540-7481, Pp. 248-
259.
Aspan, H. (2017). Aspek Hukum Dalam Bisnis: Tinjauan Atas Masalah
Perlindungan Hukum Pemegang Saham Minoritas Dan Masalah
Penggabungan Perusahaan (Merger). Isbn 9786022692362, Halaman
Moeka, Jakarta.
Aspan, H., E.S. Wahyuni, S. Effendy, S. Bahri, M.F. Rambe, Dan F.B. Saksono.
(2019). “The Moderating Effect Of Personality On Organizational
Citizenship Behavior: The Case Of University Lecturers”. International
Journal Of Recent Technology And Engineering (Ijrte), Volume 8 No. 2s, Pp.
412-416.
Baba, Ali. 2012. Pengaruh Kompetensi, Komunikasi Dan Budaya Organisasi
Terhadap Kinerja Karyawan PT. Semen Bosowa Maros. Jurnal Ekonomi dan
Keuangan, ISSN 1411-0393. Diakses dari https://ejournal.stiesia.ac.id ›
ekuitas › article › view pada tanggal 11 November 2019 hari Senin, Pukul
13.00 Wib.
Busro, Muhammad. 2018. Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:
Prenadamedia Group.
105
2
Cangara, Hafied. 2016. Komunikasi Politik: Konsep Teori dan Strategi. Jakarta:
Kencana Prenada.
Effendy, Onong Uchjana. 2017. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Hardjono. 2010. Audit Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Indonesia. Arikunto,
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam
Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate
Indonesia. Jepa, 3(2), 133-149.
Indrawan, M. I., & Se, M. (2015). Pengaruh Promosi Jabatan Dan Mutasi Terhadap
Prestasi Kerja Pegawai Pt. Bank Mandiri (Persero) Cabang Ahmad Yani
Medan. Jurnal Ilmiah Integritas, 1(3).
Indrawan, M. I. (2019). Pengaruh Etika Kerja, Pengalaman Kerja Dan Budaya Kerja
Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Kecamatan Binjai Selatan. Jurnal Abdi Ilmu,
10(2), 1851-1857.
Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2012, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.
Semarang: Universitas Diponegoro.
Handoko, T. Hani. 2010. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia.
Yogyakarta: BPFE.
Hartanto, R. Dwi. 2012. Pengaruh Komunikasi, Kepemimpinan dan Budaya
Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PDAM Kabupaten Demak.
Journal of Economic and Management Vol 1. No. 1. Diakses dari
https://docplayer.info› 29836377-Naskah-publikasi-pengaruh-komunikasipada tanggal 12 November 2019 hari Selasa, Pukul 17.00 Wib
Hasibuan, Malayu S.P., 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi
Aksara.
Kartono, Kartini. 2010. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Pers.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional
Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas
Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Manullang, M dan Pakpahan, M. 2014. Metodologi Penelitian. Proses Penelitian
Praktis. Bandung: Citapustaka Media.
Mathis, Robert L. dan Jhon H. Jackson, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia.
Terjemahan: Jimmy Salibi dan Bayu Prawira. Jakarta: Salemba Empat.
Moeheriono. 2014. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia
Indonesia.
106
3
Nasution, A. P. (2018). Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja Dalam
Meningkatkan Kinerja Pemerintah Daerah Dilingkungan Kecamatan Datuk
Bandar Tanjung Balai. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 8(2), 15-25.
Nasution, A. P. (2019). Implementasi E–Budgeting Sebagai Upaya Peningkatan
Tranparansi Dan Akuntabilitas Pemerintah Daerah Kota Binjai. Jurnal
Akuntansi Bisnis Dan Publik, 9(2), 1-13.
Nasution, A. P. (2019). Dampak Pengetahuan Pajak Dan Kualitas Pelayanan Petugas
Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus: Kpp
Pratama Binjai). Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 7(2), 207-224.
Panggabean, Masri. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.
Pramudyo. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bina Aksara.
Prasetya, Ade Rizky. 2018. Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja
terhadap Kinerja dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening.
Jurnal Ekonomi, Universitas Islam Indonesia. Diakses dari
https://dspace.uii.ac.id › bitstream › handle › SKRIPSI pada tanggal 12
November 2019 hari Selasa, Pukul 18.30 Wib.
Rivai. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta:
Rajawali Pers.
Robbins, Stephen P dan dan Timothy A. Judge. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta:
Salemba Empat.
Robbins, Stephen P. 2010. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Setiawan, Ary. 2018. Pengaruh Komunikasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja
Karyawan PT. Pegadaian (Persero) Kota Pontianak. Jurnal Manajemen Vol.
7 No. 1. Diakses dari https://www.researchgate.net › publication ›
322858493_Servant_Leadership pada tanggal 12 November 2019 hari
Selasa, Pukul 21.10 Wib.
Setiawan, N. (2018). Peranan Persaingan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan
(Resistensi Terhadap Transformasi Organisasional). Jumant, 6(1), 57-63.
Siagian, Sondang P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Silalahi, Uber. 2011. Asas-asas Manajemen. Bandung: Aditama.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Ketujuh, Alfabeta, Bandung
Sule, E. T. dan Saefullah, K. 2012. Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana
Predana Media Group.
Suprianto, J. 2010. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Jakara:
Erlangga.
107
4
Suryanto. 2017. Persepsi Pegawai Mengenai Pengaruh Kompetensi Pegawai dan
Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Organisasi dengan Sistem Pengendalian
Intern Pemerintah dan Nilai-Nilai Organisasi Sebagai Variabel Moderasi
(Studi Pada Direktorat Jenderal Pajak di Lingkungan Kantor Wilayah Jawa
Timur I Surabaya). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), 3(2). Diakses
dari https://jiap.ub.ac.id › index.php › jiap › article › view pada tanggal 13
November 2019 hari Rabu, Pukul 10.25 Wib.
Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Syahyuni. 2017. Pengaruh Budaya Organisasi dan Komunikasi terhadap Kinerja
Karyawan Pada PT. Fastfood Indonesia Tbk Palembang. Jurnal Kompetitif,
Universitas Tridinanti Palembang. Diakses dari www.univ-tridinanti.ac.id ›
index.php › ekonomi › article › download pada tanggal 11 November 2019
hari Senin, Pukul 11.15 Wib.
Talim. B. 2013. Kompetensi Karyawan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Waruwu, A. A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Stres Kerja Dan Konflik Kerja
Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Kepada Kinerja Pegawai
Sekretariat Dprd Provinsi Sumatera Utara. Jumant, 10(2), 1-14.
Wibowo. 2013. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo.
Wursanto, I., 2010. Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan. Yogyakarta:
BPFE.
Zainal, Veithzal Rivai, Mansyur Ramly, Thoby Mutis dan Willy Arafah. 2014,
Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori Ke Praktik.
Jakarta: Rajawali Pers.