PENGARUH PERILAKU, USIA, DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET ONLINE MELALUI APLIKASI KAI ACCESS PADA PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) MEDAN
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meneliti “Pengaruh Perilaku, Usia, dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Tiket online Melalui Aplikasi KAI access Pada PT. Kereta Api Indonesia ( Pesero) Medan”. Masalah dalam penelitian ini adalah bahwa Keterbatasan akses informasi menyebabkan konsumen sulit mendapatkan informasi tentang jadwal keberangkatan tiket KAI Acces. Tidak berminatnya konsumen menggunakan aplikasi KAI Acces menyebabkan keputusan pembelian tiket secara online menurun. Penilaian konsumen tentang Fiture aplikasi KAI Access yang masih sulit dipahami menyebabkan konsumen memilih alternatif pembelian tiket secara offline. Sistem pemesanan KAI Acces masih sulit dilakukan oleh konsumen yang memiliki Usia tua/lanjut, sehingga enggan memesan tiket Kereta Api secara online. Data yang diperoleh pada penelitian ini dari penyebaran kuisioner atau angket dari 99 orang responden. Model yang di gunakan adalah Regresi Lineir Berganda dan diolah menggunakan SPSS versi 22.0. Hasil analisis menggunakan uji t dapat diketahui bahwa perilaku konsumen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini terlihat dari analisis regresi linier berganda melalui uji-t yang bertanda positif dengan nilai thitung sebesar 2,112 dengan sig 0,037. Usia secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian tiket online melalui aplikasi kai access. Hal ini terlihat dari analisis regresi linier berganda melalui uji-t yang dengan nilai thitung sebesar 0,8959 dengan sig 0,340. Gaya hidup secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian tiket online melalui aplikasi KAI access. Hal ini terlihat dari analisis regresi linier berganda melalui uji-t yang dengan nilai thitung sebesar 2,420 dengan sig 0,017. Secara simultan dapat disimpulkan bahwa variabel perilaku konsumen, usia, dan gaya hidup secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Tiket Online. Kata Kunci: Perilaku Konsumen (X1), Usia (X2), Gaya Hidup (X3) Dan Keputusan Pembelian (Y)
Downloads
References
A. Buku-Buku
A. Wawan & Dewi M. 2010. Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia.
Yogyakarta: Nurul Medika.
AA. Anwar Prabu M. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.
Bandung: Rosda.
A.B Susanto. 2009. Reputation Driven Corporate Sosial Responsibility Pendekatan
Strategi Management Dalam CSR, Jakarta: Erlangga.
Akdon, Ridwan. 2007. Rumus Data dalam Aplikasi Statistik. Bandung: Alfabeta.
Algifari. (2015). Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:
Alfabeta.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI.
Engel et al. 2010. Perilaku Konsumen. Edisi Keenam, Jilid 1. Jakarta: Binarupa
Aksara.
Fandy, Tjiptono. 2012. Startegi Pemasaran, e. 3, Yogyakarta: Andi.
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenegoro.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivarite Dengan Program IBM SPSS 21
Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Unversitas Dipenegoro
Jhon, Mullins and Orville, Walker, 2013. Marketing Management 8th edition.
Kotler, P. & Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta:
Erlangga.
Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan,
Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition
New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid
1. Jakarta:Erlangga.
Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, jilid 1. Jakarta:
Erlangga.
Manulang, M dan Pakpahan M, 2014. Metedologi Penelitian. Bandung:
Ciptapustaka Media.
Notoatmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT.
Rineka Cipta.
Pakpahan, M. 2016. Manajemen Pemasaran. Medan: Rural Development Service.
Rusdiana, H.A dan Irfan, Moch. 2014. Sistem Informasi Manajemen. Penerbit:
Pustaka Setia: Bandung.
Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai
: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sangadji, E.M, & Sopiah, 2013. Consumer Behavior Perilaku Konsumen dan
Strategi Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapanya dalam
Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :
ALFABETA.
Solomon, Micael R. 2011. Costumer Behavior : Buying, Having and Being, 9th ed.,
New Jersey: Pearsone Eddison Wasley.
B. Jurnal
Adhina, Nugraheni. 2013. “Pengaruh Baruan Promosi Terhadap Keputusan
Pembelian di Rita Pasaraya wonosobo. Jurnal Ekonomi dan bisnis”, vol. 2
No.3.
Afrida, Fahadrani. 2009. “Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Kelompok Referensi
Terhadap Pengguna Telpone Seluler Blackbarry”. Jurnal.
Fadholi, Herman Muhammad & Ainun Jariah., Rendra Wirawan. 2019. “Pengaruh
Dimensi Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek
Iphone (Stidu Kasus Toko Lab. Persada Lumajang)”. Jurnal Riset
Manajemen. 2(1): 89 – 101.
Huang, Stanley & Chan Jui Jan, Lin Tung Long. 2013. “A study on the lifestyles of
coffee consumers in Taiwan, Journal Industrial Economics & Knowledge
Center, Industrial Technology Research Institute jeijan”, Vol.2 No.1.
Irawan, I., & Pramono, C. (2017). Determinan Faktor-Faktor Harga Obligasi
Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia.
Kartikasari, Didin & Zainul Arifin. 2013. “PENGARUH PERILAKU KONSUMEN
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Penelitian pada Mahasiswa
Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi
Universitas Brawijaya yang Mengkonsumsi Produk Mie Instan merek
Indomie)”. Jurnal.
Kim, WG & Moon YJ. 2009. “Customers’ cognitive, emotional, and actionable
response to the servicescape: a test of the moderating effect of the restaurant
type”. Int J Hosp Manag 28(1):144–156.
Malikhah, I. (2019). PENGARUH MUTU PELAYANAN, PEMAHAMAN
SISTEM OPERASIONAL PROSEDUR DAN SARANA PENDUKUNG
TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS
PEMBANGUNAN PANCA BUDI. JUMANT, 11(1), 67-80.
Mesra, B. (2019). IBU RUMAH TANGGA DAN KONTRIBUSINYA DALAM
MEMBANTU PEREKONOMIAN KELUARGA DI KECAMATAN
HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG. JUMANT, 11(1),
139-150.
Munthe, D. T. (2019). PENGARUH DESENTRALISASI DAN SISTEM
INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA
PUSAT PERTANGGUNGJAWABAN BIAYA PADA PDAM TIRTANADI
DI SUMATERA UTARA (Doctoral dissertation).
Nasution, D. A. D. (2019, August). The Effect of Implementation Islamic Values
and Employee Work Discipline on The Performance of Moslem Religious
Employees at Regional Financial Management in the North Sumatera
Provincial Government. In International Halal Conference & Exhibition 2019
(IHCE) (Vol. 1, No. 1, pp. 1-7).
Nasution, D. P., & Lubis, I. (2019). The Development of Demand for Small and
Medium Industries in Indonesia. Development, 4(10).
Nasution, L. N. (2019, August). Financial Performance and Profitability Of Islamic
Banking On Economic Growth In Indonesia. In INTERNATIONAL HALAL
CONFERENCE & EXHIBITION 2019 (IHCE) (Vol. 1, No. 1, pp. 28-34).
Nasution, N. A. (2019). TATA CARA PELAPORAN PAJAK TERHUTANG
SURAT PEMBERITAHUAN MASA TERHADAP PAJAK
PERTAMBAHAN NILAI PADA CV. BINA REKAYASA. JURNAL
PERPAJAKAN, 1(1), 37-53.
Pramono, C. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR HARGA OBLIGASI
PERUSAHAAN KEUANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78
Pramudi, Yuliana Riski. 2015. “PENGARUH GAYA HIDUP KONSUMTIF DAN
KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
KOSMETIK LOKAL”. Jurnal.
Purba, R. B. (2018). PENGARUH PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI
KEUANGAN DAERAH, TRANSPARANSI PUBLIKDAN AKTIVITAS
PENGENDALIAN TERHADAP AKUNTABILITAS KEUANGAN PADA
BADAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN TANAH DATAR. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 99-111.
Rahayu, S. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Prestasi Kerja
Karyawan di PT. Langkat Nusantara Kepong Kabupaten Langkat. JUMANT,
9(1), 115-132.
Rioni, Y. S. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI
LINGKUNGAN KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MEDAN
BARAT. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 160-176.
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T., &
Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And Swot
Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In North
Sumatera. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(9).
Ritonga, M. (2018). FAKTOR MANAJEMEN BIAYA DAN MANAJEMEN
PEMASARAN TERHADAP PENDAPATAN MELALUI INTENSITAS
PRODUKSI PADA UKM INDUSTRI RUMAHAN DI KOTA
BINJAI. JUMANT, 8(2), 68-78.
Rossanty, Y., & PUTRA NASUTION, M. D. T. (2018). INFORMATION
SEARCH AND INTENTIONS TO PURCHASE: THE ROLE OF
COUNTRY OF ORIGIN IMAGE, PRODUCT KNOWLEDGE, AND
PRODUCT INVOLVEMENT. Journal of Theoretical & Applied Information
Technology, 96(10).
Rofiq, Ainur & Yessi Artanti. 2014. “PENGARUH GAYA HIDUP DAN KUALITAS
LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM JARINGAN”.
Jurnal Ilmu Manajemen. 2(4). Vol. 7. No.4.
Sari, Endah V. 2019. “PENGARUH E-WOM, LIFESTYLE, KEPERCAYAAN
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TICKET ONLINE BOOKING
PADA SITUS TRAVELOKA.COM DI PONOROGO (STUDI KASUS
PEMBELIAN TIKET PESAWAT DAN KERETA API)” . eJournal
Administrasi Bisnis.
Wijaya, Nata D & Sunarti, Edrina Pangestu. 2018. “PENGARUH GAYA HIDUP
DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada
Konsumen Starbucks, Kota Malang)”. Jurnal Administrasi Bisnis. 55(2): 57
– 83.
C. Skripsi
Anugrah, Rifky. 2011. “Pengaruh Sikap Terhadap Produk dan Gaya Hidup Brand
Minded Terhadap Keputusan Membeli Smarth Phone Blackberry (Studi
Kasus Pada Siswa SMA Al-Azhar Bumi Serpong)”. Skripsi.
Fauzia, Fitri Amalianti. 2016. “PENGARUH USIA, PENDAPATAN, PERSEPI
MASYARAKAT, GAYA HIDUP, DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP
MINAT MASYARAKAT DALAM MENGGUNAKAN KARTU DEBET
UNTUK BERTRANSAKSI NONTUNAI (Studi Kasus Masyarakat Kota
Surakarta)”. Skripsi.
Isdiyanto, Imam Wahyu. 2007. Analisi Pengaruh Usia, Pendidikan, Pendapatan
dan Kelas Sosial Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Sepeda
Motor Honda Pada Dealer Kurnia Motor Wirosari Grobokan. Skripsi.
D. Internet
Wicak Hidayat. 2018. Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia . [internet].
Tersedia di:
http://tekno.kompas.com/read/2014/11/24/07430087/Pengguna.Internet.Ind
onesia.Nomor.Enam.Dunia.
. 2017. Sejarah Pekeretaapian, [internet]. Tersedia di:
https://kai.id/corporate/about_kai/