Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Taksi Online (Grabcar)

  • Moulana Putra

Abstract

ABSTRAK Adapun judul pada penelitian ini adalah “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Taksi Online (Grabcar)”. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui lebih jelas bagaimana pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 96 orang responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pembagian kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan formula statistik, yakni dengan menggunakan analisis regresi berganda yang pengelolahannya dilakukan dengan program SPSS Versi 21. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa harga secara parsial berpengauh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Grabcar. Nilai thitung variabel harga (X1) adalah 2,270 dan nilai tTabelsebesar 1,66 maka thitung > tTabel (2,270 > 1,66) dan nilai Sig. < 0,05 (0,026 < 0,05). Besarnya pengaruh dari harga (X1) terhadap kepuasan konsumen (Y) sebesar 0,195, yang berarti setiap ada harga (X1), maka akan meningkatkan kepuasan konsumen (Y) sebesar 0,195 satuan. Kualitas pelayanan secara parsial berpengauh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Grabcar.Nilai thitung variabel pengambangan sumber daya manusia (X2) adalah 7,967 dan nilai tTabelsebesar 1,66 maka thitung > tTabel (7,967 > 1,66) dan nilai Sig. < 0,05 (0,000 < 0,05). Besarnya pengaruh dari kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan konsumen (Y) sebesar 0,480, yang berarti setiap ada peningkatan kualitas pelayanan (X2), maka akan meningkatkan kepuasan konsumen (Y) sebesar 0,456 satuan.Harga dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengauh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Grabcar. Nilai F hitung sebesar 32,385 dengan tingkat signifikan 0,000, lebih besar dari nilai FTabel dengan tingkat signifikan 95% (α = 0,05) adalah sebesar 59,071 = (59,071 > 2,81). Kata Kunci : Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Buku :
Aaker (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ke-3. Yogyakarta; STIE YKPN.
AdyadanAtep(2009). Manajemen Pemasaran, Edisi Revisi. Jakarta; Bumi Aksara.
Durianto (2011). Marketing Mix Pemasaran. Cetakan kedua. Bandung: CV.
Mandar Maju.
Kotler (2011). Konsep Ilmu Marketing. Penerbit Cipta Pustaka, Bandung.
Kotler dan Keller (2011). Pemasaran Kontemporer. Penerbit Cipta Pustaka,
Bandung.
Lupiyoadi (2015). Pengantar Teori Manajemen Pemasaran. Penerbit Yudhistira.
Machfoedz (2010). Pengantar Ilmu Manajemen Pemasaran, Penerbit Yudhistira.
Parasuraman (2013). Pengantar Ilmu Manajemen Pesaran, Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Marihot dan Manuntun (2014). Metodologi Penelitian. Cipta Pustaka Media.
Bandung.
Rangkuti (2013). Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta
Rangkuti (2013). Pengantar Manajemen Pemasaran, Penerbit Banacipta,
Bandung.
Rusiadi, et al, (2013). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Pembangunan. Medan : USU Press.
Sach (2010) Manajemen Pemasaran Konsep dan Strategi. Medan.
Sangadji dan Sopiah (2013). Perilaku Konsumen. Penerbit Andi Yagyakarta.
Sumarni, (2012). Perilaku Konsumen Gramedia, Jokjakarta
Sumirat dan Ardianto (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi Ke-3. Yogyakarta;
STIE YKPN.
Sutrisno, Edy, 2011. Pengantar Ilmu Manajemen Pesaran, Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Sekaran Dani (2010). Penelitian Ilmiah Metode Penelitian Penerbit Erlangga,
Jakarta
Sugiyono (2009). Metode Penelitian Ilmiah. Penerbit Banacipta, Bandung.
Sopiah dan Sangadji. (2013). Manajemen Pemasaran, Edisi Revisi. Jakarta; Bumi
Aksara.
Tjiptono, Fandy. (2012). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Bayumedia
Publishing.
Tjiptono, Fandy (2014). Filosofi Strategi Marketing . Jakarta; Salemba Empat.
Wursanto (2012). Manajemen Pemasaran. Gramedia, Jokjakarta.
Zeith dan Bitner (2013). Teori dan Konsep Perilaku Konsumen. Penerbit Erlangga,
Jakarta
Jurnal :
Ade Syarif Maulana, 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap
Kepuasan Pelanggan Pt. TOI.Jurnal Ekonomi Volume 7 Nomor 2
Ari Prasetio. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan
Arnita, V., & Aulia, A. (2020). Prekdisi Pertumbuhan Laba Dalam Rasio Keuangan
Pada PT JAPFA COMFEED TBK. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan
Publik, 11(1), 115-122.
Atika zahra, 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi harga, dan citra merek
terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi ojek online (Studi pada
pelanggan Gojek di Kota Yogyakarta). Program studi Manajemen, Fakultas
ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta
Barus, M. D. B., & Azzahra, A. S. (2020). Analisis Aplikasi Dan Penerapan
Matematika Pada Ilmu Ekonomi Fungsi Permintaan Dan Penawaran. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 11(1), 103-114.
Barus, M. D. B., & Hakim, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika melalui Metode Practice Rehearsal Pairs pada Siswa SMA AlHidayah Medan. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu
pendidikan, 6(1), 74-78.
Chrisna, H. (2019). Pengaruh Perilaku Belajar, Pengendalian Diri, Motivasi,
Empati, Keterampilan, Dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Akademik
Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Pembangunan Panca Budi
Medan. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 10(1), 87-100.
Chrisna, H., Karin, A., & Hasibuan, H. A. (2020). Analisis Sistem Dan Prosedur
Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Dengan Akad Pembiayaan Murabahah
Pada PT. BANK BRI Syariah Cabang Medan. Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 11(1), 156-166.
Dwi Aryani1 dan Febrina Rosinta. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan
Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Bisnis & Birokrasi,
Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Mei—Agus 2010, hlm. 114-126.
ISSN 0854-3844
Dwilita, H., & Sari, P. B. (2020). Analisis Pengelolaan Keuangan Keluarga dan
Literasi Keuangan Wanita di Dusun 20 Desa Klambir Lima Kebun. Jurnal
AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 1(3), 184-197.
Fadly, Y. (2019). Performa Mahasiswa Akuntansi Dalam Implementasi English For
Specific Purpose (ESP) Di Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB)
MEDAN. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 190-201.
Hernawaty, H., Chrisna, H., & Junawan, J. (2020). Analisa Penggunaan Forward
Contract Hedging pada Nilai Ekspor Barang Ekonomi Provinsi Sumatera
Utara. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 1(3), 95-109.
L.I.Sintya.,S.L.H.V.J.Lapian.,M.M.Karuntu, 2018. Pengaruh Harga dan Kualitas
Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-jek Online
Pada Mahasiswa FEB UNSRAT Manado. Jurnal EMBA Vol.6 No.3 Juli
2018, Hal. 1778 – 1787
Maisyarah, R. (2018). Analysis of the Determinants Competition Oligopoly Market
Telecommunication Industry in Indonesia. KnE Social Sciences, 760-770.
Nafisa Choirul Mar’ati. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap
Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada
Konsumen Gojek Di Surabaya). Program Studi Pendidikan Tata Niaga,
Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya
Nasution, A. P. (2018). Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja Dalam
Meningkatkan Kinerja Pemerintah Daerah Dilingkungan Kecamatan Datuk
Bandar Tanjung Balai. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(2), 15-25.
Nasution, A. P. (2019). Implementasi E–Budgeting Sebagai Upaya Peningkatan
Tranparansi Dan Akuntabilitas Pemerintah Daerah Kota Binjai. Jurnal
Akuntansi Bisnis Dan Publik, 9(2), 1-13.
Nasution, D. A. D. (2018). Analisis pengaruh pengelolaan keuangan daerah,
akuntabilitas dan transparansi terhadap kinerja keuangan pemerintah. Jurnal
Studi Akuntansi & Keuangan, 2(3), 149-162.
Nasution, D. A. D. (2019, August). The Effect of Implementation Islamic Values
and Employee Work Discipline on The Performance of Moslem Religious
Employees at Regional Financial Management in the North Sumatera
Provincial Government. In International Halal Conference & Exhibition
2019 (IHCE) (Vol. 1, No. 1, pp. 1-7).
Purba, R. B. (2018). Pengaruh Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah,
Transparansi Publikdan Aktivitas Pengendalian Terhadap Akuntabilitas
Keuangan Pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Tanah Datar. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 99-111.
Rifaldi1), Kadunci dan Sulistyowati. Pengaruh Kualitas PelayanaTransportasi
Online Gojek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa/I
Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta. Epigram Vol. 13 No.
2Oktober 2016
Ritonga, M. (2018). Faktor Manajemen Biaya Dan Manajemen Pemasaran
Terhadap Pendapatan Melalui Intensitas Produksi Pada Ukm Industri
Rumahan Di Kota Binjai. JUMANT, 8(2), 68-78.
Sari, M. N. (2020). Pengaruh Return On Asset, Financial Leverage, Dan Trading
Volume Terhadap Initial Return. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 11(1),
18-27.
Sari, P. B. (2020). Analisis Opini Going Corncern Pada Perusahaan Farmasi di
Bursa Efek Indonesia (Multiple Correlation Method). Jurnal Akuntansi
Bisnis dan Publik, 10(2), 189-196.
Yosi Pratama. Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Konsumen Po. Rosalia Indah Di Palur Karanganyar Dengan Fasilitas
Sebagai Variabel Moderasi . Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi
Universitas Slamet Riyadi Surakarta
Yunus, R. N. (2020). Analisis Multimodal Pada Iklan Layanan
Masyarakat. JUMANT, 12(2), 83-89.
Published
2020-06-24