ANALISA HARGA, KUALITAS PRODUK DAN INOVASI PRODUK TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE (STUDI PADA PT. ALFA SCORPII BINJAI)
Abstract
ABSTRAK Persaingan dalam dunia otomotif kini semakin meningkat dan perkembangan jumlah penduduk yang cukup pesat serta beragamnya aktivitas kerja setiap orang memungkinkan segala aktivitas tersebut harus dilakukan secara cepat, dengan itu dibutuhkkan salah satu sarana transpotasi tersebut adalah sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga, kualitas produk dan inovasi produk terhadap competitive advantage pada PT. Alfa Scorpii Binjai. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif asosiatif dengan menggunakan program SPSS versi 25.0. penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sampel pada penelitian ini sebanyak 92 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Harga, Kualitas Produk dan Inovasi Produk secara silmutan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Competitive Advantage pada PT. Alfa Scorpii Binjai, dimana bahwa Fhitung sebesar 168,740 dan Ftabel sebesar 2,31 dan signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji R² menunjukan bahwa Adjusted R Square 0,847 artinya competitive advantage dapat dijelaskan oleh variabel harga, kualitas produk dan inovasi produk. Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Competitive Advantage
Downloads
References
Akhriandi. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap
Keunggulan Bersaing Motor Merek Honda.
Anang, F. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). Surabaya: Qiara Media.
Apriliani, L. (2015). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing
Dalam Upaya Meningkatkan Market Share. Jurnal Administrasi Bisnis.
Ariyanti. (2019). Pengaruh Inovasi, Desain dan Desain Proses Produk Terhadap
Kualitas Produk.
Aspan, H., Milanie, F., & Sari, A. K. The Effect of Public Participation,
Transparency, and Accountability on the Efficiency of the Distribution of
the School Operational Support Funds (BOS) in Tebing Tinggi City (Case
Study of Taman Siswa College).
Asih, S. (2018). PENGARUH KONTRIBUSI PAJAK DAERAH, PENDAPATAN
ASLI DAERAH, RETRIBUSI DAERAH DAN BAGI HASIL PAJAK
TERHADAP BELANJA DAERAH DENGAN PERTUMBUHAN
EKONOMI SEBAGAI VARIABEL MODERATING PEMERINTAH
KABUPATEN DAN KOTA. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1),
177-191.
Bayu, H. (2008). Analisis Pengaruh Kualitas Produkdan Kualitas Layanan
Terhadap Kepuasan Konsumen.
Brama, S. (2018). Pengeruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan
Pembelian Yamaha Mio. Jurnal Administrasi Bisnis.
Chrisna, H. (2018). ANALISIS MANAJEMEN PERSEDIAAN DALAM
MEMAKSIMALKAN PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN
PADA PABRIK SEPATU FERRADINI MEDAN. Jurnal Akuntansi
Bisnis dan Publik, 8(2), 82-92.
Diah, A. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja
Pemasaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Fifyanita, G. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi
Terhadap Keputusan Pembelian.
Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBS SPSS 21
Update PLS Regresi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hasibuan, H. A., Purba, R. B., & Siahaan, A. P. U. (2016). Productivity assessment
(performance, motivation, and job training) using profile matching. SSRG
Int. J. Econ. andManagement Stud, 3(6).
Harahap, R. (2018). Pengaruh Kualitas produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di
Restoran Cepat saji Kfc Cabang Asia Mega Mas Medan. JUMANT, 7(1),
77-84.
Hendra, N. (2010). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Promosi Terhadap
Keputusan Pembelian Mobil Toyota.
Hidayat, R. (2018). KEMAMPUAN PANEL AUTO REGRESSIV DISTRIBUTED
LAG DALAM MEMPREDIKSI FLUKTUASI SAHAM PROPERTY
AND REAL ESTATE INDONESIA. JEpa, 3(2), 133-149.
Imas, H. F. (2018). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keunggulan
Bersaing. Jurnal Riset Bisnis.
Kholik, K. (2018, October). Effect of Self-Eficacy and Locus of Control on Small
and Medium Entertainment Small Scale. In International Conference of
ASEAN Prespective and Policy (ICAP) (Vol. 1, No. 1, pp. 214-225).
Kotler Philip, Amstromg Gary. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12.
Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Lestario, F. (2018). DAMPAK PERTUMBUHAN BISNIS FRANCHISE
WARALABA MINIMARKET TERHADAP PERKEMBANGAN KEDAI
TRADISIONAL DI KOTA BINJAI. JUMANT, 7(1), 29-36.
Luh, I. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap
Keunggulan Bersaing. Jurnal Pendidikan Ekonomi.
Manullang, P. (2014). Metodologi Penelitian Proses Penelitian Praktis. Medan:
Cita Pustaka Media.
Nanang, W. (2015). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan
Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja.
Nasution, dkk. (2017). Research Methodology: Aplikasi dan Teknik Mengola
Data. Jakarta.
Nel, dkk. (2016). Manajemen Pemasaran. Medan: Perdana Publishing.
Rika, D. (2018). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk dan Kualitas
Produk Terhadap Keunggulan Bersaing.
Rusiadi, dkk. (2014). Metode Penelitian. Medan: USU Press.
Saraswati, D. (2019). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Ukuran Pemerintah
Daerah, Leverage, Terhadap Kinerja Keuangan
Pemerintah Daerah. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 110-120.
Sari, I. (2019). Kesulitan Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.
JUMANT, 11(1), 81-98.
Sari, M. M. (2019). FAKTOR-FAKTOR PROFITABILITAS DI SEKTOR
PERUSAHAAN INDUSTRI MANUFAKTUR INDONESIA (STUDI
KASUS: SUB SEKTOR ROKOK). JUMANT, 11(2), 61-68.
Sampurno. (2010). Manajemen Stratejik: Menciptakan Keunggulan Bersaing
Yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sudaryono. (2018). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta:
Andi.
Sebayang, S., Novalina, A., Nasution, A. P., & Panggabean, L. S. R. (2019, April).
An Empirical Investigation of The Factors Influencing Village
Development: A Confirmatory Factor Analysis. In 2nd Padang
International Conference on Education, Economics, Business and
Accounting (PICEEBA-2 2018) (pp. 929-940). Atlantis Press.
Setiawan, A. (2019). ANALISIS PENGUKURAN NILAI OVERALL
EQUIPMENT EFFECTIVENESS (OEE) PADA MESIN PRESS BATU
BATA (Studi Kasus pada Unit Usaha Mesin Press Muhammad
Kuwat) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Palembang).
Siregar, O. K. (2019). Pengaruh Deviden Yield Dan Price Earning Ratio Terhadap
Return Saham Di Bursa Efek Indonesia Tahun
2016 Sub Sektor Industri Otomotif. Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 9(2), 60-77.
Supraja, G. (2019). PENGARUH IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI
PEMERINTAHAN BERBASIS AKRUAL DAN EFEKTIVITAS
FUNGSI PENGAWASAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN
PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN DELI SERDANG. Jurnal
Akuntansi
Bisnis dan Publik, 10(1), 115-130.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfhabeta.
Sulkifli. (2019). Analisis Faktor-faktor Keunggulan Bersaing Pada Dafa Kafe
Bulukumba.
Sumarsih. (2019). Pengaruh Inovasi dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan
Konsumen. Journal Movere.