Pengaruh Citra Merek, Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Medan
Abstract
ABSTRAK
Judul Penelitian “Pengaruh Citra Merek, Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Medan” Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh dari variabel Citra Merek, Dan Persepsi Konsumen secara simultan dan parsial terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah model kuantitatif, dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang disebarkan kepada 88 konsumen produk Kosmetik Wardah Di Kota Medan. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang dibantu dengan komputer program SPSS for Windows. Dari hasil pengujian diperoleh nilai F hitung sebesar 63,071 dengan signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), maka penelitian ini berhasil membuktikan hipotesis keempat yang menyatakan bahwa “Citra merek, dan persepsi konsumen secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian”. Hasil uji Adjusted R2 pada penelitian ini diperoleh nilai sebesar 0,597. Hal ini menunjukkan keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel citra merek, dan persepsi konsumen sebesar 40,3% (100% - 59,7%) ditentukan oleh faktor lain seperti harga, promosi dan faktor lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek nilai thitung 8,744 > ttabel 1.662 dengan signifikan 0,000 < 0,05, artinya secara parsial variabel citra merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi konsumen nilai thitung 2,224 > ttabel 1.662 dengan signifikan 0,029 < 0,050, artinya secara parsial variabel persepsi konsumen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Kata Kunci : Citra Merek, Persepsi Konsumen dan Keputusan Pembelian
Downloads
References
BUKU :
Fadila (2013), Perilaku Konsumen. Palembang: Penerbit Citrabooks Indonesia. Haditono (2011), Psikologi Perkembangan.Yogyakarta :Gadjah Mada University Press.
Hidayat, R. Rusiadi, dan M. Isa Indrawan. 2014. Teknik Proyeksi Bisnis.USU Press. Medan
Hidayat, R., & Subiantoro, N. Rusiadi.2013. Metode Penelitian.USU Press. Medan
Kasiram (2010), Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Pers
Keller (2010), Marketing Management. 15thedition.London:PearsonPretice Hall. Kotler dan Smstrong (2010), Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller (2012), Principles of Marketing sixteenth edition. London: PearsonPretice Hall
Lestari dan Fadila (2013), Perilaku Konsumen. Citra Books Indonesia: Palembang
Peter dan Olson (2014), Consumer Behavior. Eleventh Edition. United States: Pearson Education Limited
Rahman (2010), Pelaksanaan Administrasi Pajak: Untuk Karyawan, Pelaku Bisnis Dan Perusahaan. Bandung: Nuansa
Riduwan (2010), Metodologi Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kuantitatif. Palembang: Citrabooks Indonesia.
Sanusi (2011), Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Schiffman dan Kanuk (2010), Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. INDEK.
Setiadi (2013), Manajemen Pemasaran di Indonesia.Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat
Sugiyono (2012), Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta
Sunyoto (2012), Perilaku Konsumen: Panduan Riset Sederhana untuk Mengenali Konsumen. Jakarta: PT. Buku Seru.
Tjiptono (2011), Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi
Tjiptono dan Diana (2012), Manajemendan Strategi Merek. Edisi Pertama. Yogyakarta:Andi Offset.
Wahyudi (2010), PerilakuKonsumen – Implikasi pada Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu
JURNAL :
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59
Akbar (2012), “Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Toshiba”. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, volume 12, nomor 2. Universitas Gunadarma. Depok.
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.
Andriyanto (2010), Analisis Pengaruh Internet Marketing terhadap Pembentukan Word of Mouthdan Brand Awarenessuntuk Memunculkan Intention to Buy. Jurnal Manajemen Teknologi, Vol. 9, No. 1.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119-132.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review, Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Daulay, M. T. (2019). Effect of Diversification of Business and Economic Value on Poverty in Batubara Regency. KnE Social Sciences, 388-401.
Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1), 5565.
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2), 133-149.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research, 12(2).
Natalia (2012), Manajemen Pemasaran Modern, Edisi 2. Liberty. Yogyakarta. Permatasari (2013), Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasanan Konsumen Pada Rumah Makan Di Kota Purwokerto.Universitas Negeri Semarang. Skripsi
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Ramadhan (2013), Hubungan Gaya Hidup Konsumtif Harga Diri Mahasiwa Fakultas Psikologi Universitas “X”.Skripsi(Tidak Dipublikasikan). Jakarta: Universitas Indonesia
Ratri (2012), nalisis Pengaruh Harga, Produk, Kebersihan, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang).Universitas Diponegoro. Skripsi
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Sari, M. M. (2019). Faktor-Faktor Profitabilitas Di Sektor Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia (Studi Kasus: Sub Sektor Rokok). Jumant, 11(2), 61-68.
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment, and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas Pembangunan Panca Budi.