Pengaruh Motivasi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Melalui influencer sebagai Variabel Intervening Pada Karyawan Klinik Kecantikan Ariana Audy Beauty Centre Kota Medan

  • Fildzah Nadilla Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

ABSTRAK
Penelitian dilakukan untuk mencari bagaimana pengaruh secara langsung dan tidak langsung dari Motivasi (X1) dan Gaya Hidup (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) di Klinik Kecantikan Ariana Audy Beauty Centre Kota Medan melalui Influencer (Z). Penelitian ini juga mencari pengaruh secara simultan dari Motivasi (X1) dan Gaya Hidup (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Populasi pada penelitian ini merupakan rata-rata konsumen yang berkunjung di Klinik Kecantikan Ariana Audy Beauty Centre Kota Medan setiap bulannya yang berjumlah 171 konsumen dengan jumlah sampel yang diambil sebesar 64 responden dimana jumlah sampel ditentukan dengan rumus Slovin. Teknik penentuan sampel menggunakan accidental sampling. Penelitian ini dilakukan di tahun 2020. Data yang digunakan data primer yang diambil langsung dari responden dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang diolah dengan SPSS dengan analisis jalur (path analysis). Hasil path analysis menunjukkan motivasi dan gaya hidup secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai Standardized Coefficients Beta motivasi dan gaya hidup secara berurut sebesar 0,432 dan 0,547, dengan signifikan secara berurut sebesar 0,000 dan 0,000. Hasil path analysis juga menunjukkan bahwa secara tidak langsung motivasi dan gaya hidup tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian melalui influencer. Pengaruh tidak langsung motivasi terhadap keputusan pembelian melalui influencer sebesar 0,400 yang lebih kecil dari pengaruh langsung sebesar 0,432 dan pengaruh tidak langsung gaya hidup terhadap keputusan pembelian melalui influencer sebesar 0,405 yang lebih kecil dari pengaruh langsung sebesar 0,547. Motivasi dan gaya hidup secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Motivasi dan gaya hidup memberikan kontribusi sebesar 73,9% terhadap terbentuknya keputusan pembelian. Motivasi dan gaya hidup juga memiliki hubungan yang sangat erat terhadap keputusan pembelian dengan nilai R sebesar 0,860.

Kata Kunci: Motivasi, Gaya Hidup, influencer, Keputusan Pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA



Assauri. (2013). Manajemen Ekuitas Merek. Alih bahasa oleh Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama.

Ghozali, I. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima). Semarang: Universitas Diponegoro.

Handoko, T. H. (2015). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Penerbit BPFE.

Kotler, P. (2016). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi 15, Jilid 2. New Jersey : Prentice – Hall, inc.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Alih Bahasa : Bob Sabran. Jakarta : Penerbit Erlangga

Manullang, M., & Pakpahan, M. (2014). Metode Penelitian: Proses Penelitian Praktis. Bandung: Cipta Pustaka Media.

Nitisemito, A. S. (2014). Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kelima, Cetakan Keempat belas. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Priansa, D. J.. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Rusiadi., Subiantoro, N., & Hidayat, R. (2016). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan, Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS, Eviews, Amos, Listrel. Medan: USU Press.

Sadiman. (2011). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Setiadi, N. J. (2016). Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Bisnis Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Solis, B. (2012). The Influencer Marketing Manifesto: Why The Future of Influencer Marketing Starts With People And Relationships Not Popularity. Boston: Mc Graw Hill

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, W. (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta. Pustaka Baru Press.

Sunyoto. (2013). Perilaku Konsumen, Edisi kelima, jilid 1. Erlangga; Jakarta.

Swastha, B. (2013). Azas-Azas Pemasaran. Yogyakarta: Liberty.




Wahyuni. (2018). Pemasaran. Buku -1. PT. Salemba Emban Raya, Jakarta.


JURNAL


Adiman, S. (2018). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Modal Intelektual Pada Laporan Tahunan Perusahaan Non Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 7(2), 23-34.
Al Jamil, M. A. W. (2015). Pengaruh Fitur Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Dengan World Of Mouth Sebagai Variabel Intervening. E-Jurnal Riset Manajemen.

Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Unpab. Jepa, 4(2), 119132.
Aspan, H. (2017). Aspek Hukum Dalam Bisnis: Tinjauan Atas Masalah Perlindungan Hukum Pemegang Saham Minoritas Dan Masalah Penggabungan Perusahaan (Merger). Isbn 9786022692362, Halaman Moeka, Jakarta.
Aspan, H., I. M. Sipayung, A. P. Muharrami, And H. M. Ritonga. (2017). “The Effect Of Halal Label, Halal Awarness, Product Price, And Brand Image To The Purchasing Decision On Cosmetic Products (Case Study On Consumers Of Sari Ayu Martha Tilaar In Binjai City)”. International Journal Of Global Sustainability, Issn 1937-7924, Vol. 1, No. 1, Pp. 55-66.
Aspan, H., E.S. Wahyuni, S. Effendy, S. Bahri, M.F. Rambe, Dan F.B. Saksono. (2019). “The Moderating Effect Of Personality On Organizational Citizenship Behavior: The Case Of University Lecturers”. International Journal Of Recent Technology And Engineering (Ijrte), Volume 8 No. 2s, Pp. 412-416.
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. Jepa, 3(2), 133-149.
Indrawan, M. I., & Se, M. (2015). Pengaruh Promosi Jabatan Dan Mutasi Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pt. Bank Mandiri (Persero) Cabang Ahmad Yani Medan. Jurnal Ilmiah Integritas, 1(3).
Indrawan, M. I. (2019). Pengaruh Etika Kerja, Pengalaman Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Kecamatan Binjai Selatan. Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1851-1857.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.

Nasution, A. P. (2018). Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pemerintah Daerah Dilingkungan Kecamatan Datuk Bandar Tanjung Balai. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 8(2), 15-25.
Nasution, A. P. (2019). Implementasi E–Budgeting Sebagai Upaya Peningkatan Tranparansi Dan Akuntabilitas Pemerintah Daerah Kota Binjai. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 9(2), 1-13.
Nisa, R. R. (2019). Pengaruh Social Media Influencer dan Trustworthiness Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Make Over (Di Royal Plaza). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Vol. 07 Nomor ISSN : 2337-698.

Novalina, A. (2018). Kemampuan Bi 7-Day Repo Rate (Bi7drr) Dalam Menjaga Stabilitas Ekonomi Indonesia (Pendekatan Transmisi Moneter Jangka Panjang). Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1874-1885.
Praptiwi, S. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Social Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Online pada Mahasiswa di Yogyakarta (Melalui Media Sosial Instagram). Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Pratama, A. K. (2015). Analisis Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Priyatmoko, S. A. (2015). Pengaruh Lifestyle dan Social Influence Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna Sepatu Futsal Merek Specs). Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Rusiadi, R. (2018). Pedoman Sentra Jurnal Online. Jepa, 3(1), 1-10.
Sari, C. A. P. (2019). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Klinik Kecantikan Puspita di Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Setiawan, A., Hasibuan, H. A., Siahaan, A. P. U., Indrawan, M. I., Rusiadi, I. F., Wakhyuni, E., ... & Rahayu, S. (2018). Dimensions Of Cultural Intelligence And Technology Skills On Employee Performance. Int. J. Civ. Eng. Technology, 9(10), 50-60.
Setiawan, N. (2018). Peranan Persaingan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Resistensi Terhadap Transformasi Organisasional). Jumant, 6(1), 57-63.
Teressa, A. R. B. (2019) Strategi Penggunaan Influencer Marketing dalam Menunjang Kegiatan Promosi Penjualan Beauty E-Commerce Sociolla.com. Jurnal Ilmu Komunikasi.

Wahidah, M. F. (2018). Analisis Pengaruh Promosi, Motivasi Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Bank Syariah Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam

Waruwu, A. A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Stres Kerja Dan Konflik Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Kepada Kinerja Pegawai Sekretariat Dprd Provinsi Sumatera Utara. Jumant, 10(2), 1-14.
Published
2021-06-25