ANALISIS HARGA DAN DISTRIBUSI TERHADAP COMPETITIVE ADVANTAGE (STUDI KASUS PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH KERUPUK/OPAK DI KOTA BINJAI
Abstract
ABSTRAK Adapun judul pada penelitian ini adalah “Analisis Harga dan Distribusi Terhadap Competitive Advantage (Studi Kasus Pada Indutri Kecil Menengah Kerupuk/Opak di Kota Binjai). Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui lebih jelas bagaimana pengaruh Produk, Harga dan Distribusi Terhadap Competitive Advantage. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 60 orang pelaku usaha sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pembagian kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan formula statistik, yakni dengan menggunakan analisis regresi berganda yang pengelolahannya dilakukan dengan program SPSS Versi 16. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa Harga Berpengaruh Positif Dan Signifikan Terhadap Competitive Advantage Industri Kecil Menengah Kerupuk/Opak Di Kota Binjai. Hal ini terlihat dari analisis regresi linier berganda melalui uji-t yang bertanda positif dengan nilai thitung sebesar 3,676 dengan sig 0,001. Distribusi Berpengaruh Positif Dan Signifikan Terhadap Competitive Advantage Industri Kecil Menengah Kerupuk/Opak Di Kota Binjai. Hal ini terlihat dari analisis regresi linier berganda melalui uji-t yang bertanda positif dengan nilai thitung sebesar 7,805 dengan sig 0,000. Harga Dan Distribusi Berpengaruh Signifikan Terhadap Competitive Advantage Industri Kecil Menengah Kerupuk/Opak Di Kota Binjai Hal ini terlihat dari analisis regresi linier berganda melalui uji-F yang bertanda positif dengan nilai F-hitung sebesar 93,063 dengan sig.0,000 Kata Kunci: Harga, Distribusi dan Competitive Advantage
Downloads
References
Aditi, Bunga dan Sopi Pentana. (2018). Analisis Pengaruh
Pengembangan UMKM, Trust dan Keunggulan Bersaing
terhadap Perkembangan Ekonomi Kreatif. Jurnal Ilman, Vol. 6,
No. 2. p-ISSN 2355-1488, e- ISSN 2615-2932.
Ahmad, R. (2019). ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PDAM
TIRTA WAMPU STABAT. Jurnal Manajemen Bisnis
(JMB), 31(1), 15-21.
Ahmad, R. (2019). PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN
DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA
PT. MITRA NIAGA SEJATI JAYA-LANGKAT. JUMANT,
11(2), 137-146.
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap
Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel
Intervening Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi
Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian
Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria
Gemilang (IFA) Depot Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-
110.
Andika, R. (2018). PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN
PENGAWASAN TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN
PADA PT ARTHA GITA SEJAHTERA MEDAN. JUMANT,
9(1), 95-103.
Arianty, Nel. et al. (2016). Manajemen Pemasaran. Medan: Perdana
Aspan, H., Milanie, F., & Sari, A. K. The Effect of Public Participation,
Transparency, and Accountability on the Efficiency of the
Distribution of the School Operational Support Funds (BOS) in
Tebing Tinggi City (Case Study of Taman Siswa College).
Aspan, H. (2021). “Legal Basis for the Implementation of Work from Home
Amid The COVID-19 Pandemic in Indonesia”. Saudi Journal of
Humanities and Social Sciences, e-ISSN 2415-6248, Volume 6
Issue 4, pp. 116 – 121.
Aspan, H. (2020). “The Role of Notaries in the Registration of the
Establishment of Commanditaire Vennootschap (CV) through the
Business Entity Administration System”. Scholar International
Journal of Law, Crime, and Justice, e-ISSN 2617-3484, Volume 3
Issue 12, pp. 463-467.
Aspan, H. (2020). “The Role of Legal History in the Creation of Aspirational
Legislation in Indonesia”. International Journal of Research and
Review (IJRR), Volume 7 Issue 6, pp 40-47.
Publishing. Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah.
Bandung: Satu Nusa.
El Fikri, M., Andika, R., Febrina, T., Pramono, C., & Pane, D. N. (2020).
Strategy to Enhance Purchase Decisions through Promotions and
Shopping Lifestyles to Supermarkets during the Coronavirus
Pandemic: A Case Study IJT Mart, Deli Serdang Regency, North
Sumatera.
El Fikri, M., & Dewi Nurmasari Pane, R. A. (2020). Factors Affecting
Readers’ Satisfaction in" Waspada" Newspapers: Insight from
Indonesia. Indexing and Abstracting.
Firmansyah, anang. Et al. (2019). Pengaruh Strategi Diferensiasi dan
Harga Terhadap Keunggulan Bersaing Elzatta Royal Plaza
Surabaya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. XVII. No. 2 : 1-12.
Hasnatika, Imas Fatimah. Dan Ida Nurnida. (2018). Analisis Pengaruh
Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada UKM
“Duren Pasti Kamu Kembali”. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi.
Vol. 4. No. 3. ISSBN:2460- 8211.
Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A
Business Model Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North
Sumatra, Indonesia. Bus. Manag. Strateg, 7(2), 102-120.
Kasman, Hendra. (2017). Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume
Penjualan Lafonte Pada Pt Bentoro Adisandi Ivena Pekanbaru.
Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis.Vol. 12, No. 2. ISSN : 1829-
9822.
Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta:
Erlangga. Kotler, Philip & Amstromg Gary. (2012). Prinsip-Prinsip
Pemasaran Edisi 12.
Jakarta: Erlangga.
Kotler, philip & Armstrong, Gary. (2014). Prinsip-Prinsip Manajemen.
Edisi 14, Jilid1. Jakarta: Erlangga.
Manullang M, Pakpahan M. (2014). Metodologi Penelitian. Bandung:
Citra Putaka Media.
Natasha, Priscilla dan Devie. (2013). Analisa Pengaruh Strategic Planning
Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Perusahaan. Business
Accounting Review, VOL. 1, NO.2, 2013.
Oentoro, Deliyanti. (2010). Manajemen Pemasaran Modern.
Yogyakarta: Laksbang Pressindo.
Prasetyo, Muhammad Kafi. (2014). Pengaruh Inovasi, Lokasi, Kualitas
Produk dan Harga Terhadap Keunggulan Bersaing Sosis Gulung
Juragan di Bandar Lampung. Lampung: Universitas Lampung.
Rinandiyana, Lucky Radi. et al. (2016). Strategi Untuk Mencapai
Keunggulan Bersaing Melalui Pengembangan, Desain dan
Kualitas Produk (Studi Kasus pada Industri Pakaian Muslim di
Kota Tasikmalaya). Jurnal ekonomi manajemen. Vol. 2. No. 2 :
105-113.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran, Teori & Implikasi. Yogyakarta:
ANDI
Sugiantari, Ni Luh Dwi. (2013). Pengaruh Persediaan dan Distribusi
Terhadap Keunggulan Bersaing PT. Telekomunikasi Indonesia,
Tbk (Divisi Telkom Flexi Area Bali Tahun 2012-2013. Bandung:
Universitas Telkom.
Sugiarti, Gita. dan Aris Mardiyono. (2017). Strategi Pemasaran Dalam
Meningkatkan Keunggulan Bersaing Produk Busana Muslim
Pada Usaha Kecil Menengah Di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi
Dan Bisnis. ISBN: 978-602-14119-2-6.
Sumarwan, Ujang. et al. (2010). Pemasaran Strategik (Perspektif ValueBased Marketing & Pengukuran Kerja). Bogor: IPB Press.
Sunyoto, Danang. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran.
Yogyakarta: CAPS.
Sunyoto, Danang. (2015). Keunggulan Bersaing (Competitive Advantage).
Yogyakarta: CAPS.
Taan, Hapsawati. (2017). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap
Keunggulan Bersaing Usaha Karwo di Kota Gorontalo. Jurnal
Manajemen. Vol. 6. No. 2 : 146-158.
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan
Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.