Pengaruh Amenitas, Atraksi wisata dan Aksesbilitas terhadap loyalitas pengunjung wisatawan kedestinasi wisata Tangkahan Kabupaten dengan kepuasan sebagai variabel Intervening
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah amenitas, atraksi wisata dan aksebilitas berpengaruh terhadap loyalitas wisatawan ke destinasi wisata Tangkahan Kabupaten Langkat dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang berkunjung ke wisata Tangkahan dengan sampel sebanyak 130 orang reponden. Data yang diperoleh merupakan hasil dari penyebaran kuesioner dan diolah melalui aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa amenitas secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas wisatawan dengan nilai thitung sebesar 1,134 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,259. Atraksi wisata secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan dengan nilai thitungbsebesar 7,144 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Aksesibilitas secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas wisatawan dengan nilai thitung sebesar 1,422 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,158 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,567. Aksebilitas secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan wisatawan dengan nilai thitung sebesar 0.330 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,742. Atraksi wisata secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan nilai thitung sebesar 4,297 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Aksesibilitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan dengan nilai thitung sebesar 4,250 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Aksesibilitas secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas wisatawan dengan nilai thitung sebesar 1,679 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,096. Amenitas tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas wisatawan dan tidak juga secara tidak langsung melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Atraksi wisata berpengaruh langsung terhadap loyalitas wisatawan dan juga secara tidak langsung melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Aksesibilitas tidak berpengaruh langsung terhadap loyalitas wisatawan dan secara tidak langsung berpengaruh melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening.
Kata kunci: Amenitas, Atraksi Wisata, Aksesibilitas, Kepuasan Wisatawan dan Loyalitas Wisatawan
Downloads
References
Abdulhaji, S. (2016). Pengaruk Atraksi Aksesbilitas dan Fasilitas terhadap Citra Objek Wisata Danau Tolire Besar di Kota Ternate. Jurnal penelitian Humano.
Adiman, S. (2018). Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Modal Intelektual Pada Laporan Tahunan Perusahaan Non Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 7(2), 23-34.
Ahmad. (2014). Pengaruh Daya Tarik Masjid dan Daya Tarik bedug Terhadap Minat Berkunjung di Objek Wisata Religi Masjid Agung . hal 1-35.
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Unpab. Jepa, 4(2), 119132.
Aspan, H. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia: Cara Jitu Memilih Perusahaan, Isbn 9786028892088, Pustaka Bangsa Press, Jakarta.
Aspan, H. (2017). Aspek Hukum Dalam Bisnis: Tinjauan Atas Masalah Perlindungan Hukum Pemegang Saham Minoritas Dan Masalah Penggabungan Perusahaan (Merger). Isbn 9786022692362, Halaman Moeka, Jakarta.
Aspan, H., E.S. Wahyuni, S. Effendy, S. Bahri, M.F. Rambe, Dan F.B. Saksono. (2019). “The Moderating Effect Of Personality On Organizational Citizenship Behavior: The Case Of University Lecturers”. International Journal Of Recent Technology And Engineering (Ijrte), Volume 8 No. 2s, Pp. 412-416.
Cahyani, K. A. (2014). Potensi Obyek Wisata Goa Gong pantai Anyar. Jurnal pariwisata, hal 34.
Cooper. (2010). Tourism Principle and Praciple . new york: prentice Hall.
Hanif, A. (2016). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan serta dampaknya terhadap loyalitas Wisatawan. Jurnal Administrasi Bisnis.
Hasan, A. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, Cetakan Kedua. Yogyakarta: CAPS Center For Academic publishing service.
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. Jepa, 3(2), 133-149.
Indrawan, M. I., & Se, M. (2015). Pengaruh Promosi Jabatan Dan Mutasi Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pt. Bank Mandiri (Persero) Cabang Ahmad Yani Medan. Jurnal Ilmiah Integritas, 1(3).
84
Indrawan, M. I. (2019). Pengaruh Etika Kerja, Pengalaman Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Kecamatan Binjai Selatan. Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1851-1857.
Kade, I. B. (2018). Pengaruh pengembangan Komponen Destinasi Wisata terhadap Kepuasan pengunjung. Jurnal Administrasi Bisnis.
Karyono, A. H. (1997). Kepariwisataan. Jakarta: PT Grasindo.
kotler, k. l. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 jilid 2. Jakarta: Erlangga. Manullang, p. (2014). Metodologi Penelitian proses penelitian praktis. Medan : Citapustaka Media.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Nasution, A. P. (2018). Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pemerintah Daerah Dilingkungan Kecamatan Datuk Bandar Tanjung Balai. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 8(2), 15-25.
Nasution, A. P. (2019). Implementasi E–Budgeting Sebagai Upaya Peningkatan Tranparansi Dan Akuntabilitas Pemerintah Daerah Kota Binjai. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 9(2), 1-13.
Novalina, A. (2018). Kemampuan Bi 7-Day Repo Rate (Bi7drr) Dalam Menjaga Stabilitas Ekonomi Indonesia (Pendekatan Transmisi Moneter Jangka Panjang). Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1874-1885.
Pakpahan, M. M. (2016). Manajemen Pemasaran Dalam Kompetensi Global. Medan: Cipta Rancana Media.
Pitana. (2011). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi.
Rusiadi, e. a. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Akutansi dan Ekonomi Pembangunan, Konsep, Kasus dan Aplikai SPSS,Eviews, Amos dan Lisrel Cerakan Pertama. Medan: USU Press.
Rusiadi, R. (2018). Pedoman Sentra Jurnal Online. Jepa, 3(1), 1-10.
Sangadji, e. m., & sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis, Disertai Himpunan jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Sari, D. R. (2016). Pengaruh amenitas Aksesbilitas dan Aksesbilitas terhadap kepuasan wisatawan di Taman Margasatwa Semarang. jurnal Administrasi Bisnis.
Setiawan, N. (2018). Peranan Persaingan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan (Resistensi Terhadap Transformasi Organisasional). Jumant, 6(1), 57-63.
Soekadijo. (2010). Pariwisata. Jakarta: Penerbit Gramedia Pusata Utama. Soekadijo. (2016). Anatomi Pariwisata . Jakarta: Gramedia Pustaka.
85
Spillane, J. (2010). Pariwisata Indonesia Siarat Ekonomi dan Rekayasa Kebudayaan. Yogyakarta.
Sugiono. (2015). Metode penelitian Bisnis . Yogyakarta: UST pres.
Sunaryo, B. (2013). Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata Konsep dan Aplikasinya Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.
Suwena, W. (2010). Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata . Denpasar: University Press.
Waruwu, A. A. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Stres Kerja Dan Konflik Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Kepada Kinerja Pegawai Sekretariat Dprd Provinsi Sumatera Utara. Jumant, 10(2), 1-14.
Yoeti, O. A. (2010). Pariwisata Budaya Masalah dan Solusinya . Jakarta: Prodinya Paramita.