Analisis Variabel Yang Mempengaruhi Struktur Modal Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Tekstil dan Garment Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)
Abstract
ABSTRAK Analisis penelitian bertujuan untuk menganalisis apakah likuiditas, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, serta apakah profitabilitas mampu memoderasi pengaruh likuiditas, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal pada perusahaan Tekstil dan Garment yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data dari penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang diambil dari IDX. Sampel sebanyak 5 perusahaan dari tahun 2011 sampai 2016. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan media berupa laporan keuangan perusahaan yang telah diaudit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas dan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, sedangkan pertumbuhan penjualan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal pada perusahaan Tekstil dan Garment yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Likuiditas, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal pada perusahaan Tekstil dan Garment yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Profitabilitas mampu memoderasi pengaruh likuiditas, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal pada perusahaan Tekstil dan Garment yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kata Kunci : Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Struktur Modal
Downloads
References
Azizah, Nur, Rahayu, Sri, dan Clarensia, Jeany, (2013). “Pengaruh Likuiditas,
Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, dan Kebijakan Deviden Terhadap
Harga Saham (Studi Empirik Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar
Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2010)”, Jurnal Fakultas Ekonomi,
Universitas Budi Luhur Jakarta.
Brealey, Richard A., Myers dan Marcus, (2015). Dasar-Dasar Manajemen
Keuangan Perusahaan, Edisi Kelima, Jilid 2, Alih Bahasa Bob Sabran,
Erlangga, Jakarta.
Brigham & Houston (2011).”Dasar-Dasar Manajemen Keuangan”.Buku 2 Edisi
11. Jakarta: Salemba Empat.
Carnevela, Cindy Rosa. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Ukuran
Perusahaan, Dan Struktur Aktiva Terhadap Struktur Modal. Sekolah Tinggi
Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset
Manajemen Volume 6, Nomor 3, Maret 2017. ISSN : 2461-0593.
El Fikri, M., Andika, R., Febrina, T., Pramono, C., & Pane, D. N. (2020). Strategy
to Enhance Purchase Decisions through Promotions and Shopping Lifestyles
to Supermarkets during the Coronavirus Pandemic: A Case Study IJT Mart,
Deli Serdang Regency, North Sumatera.
El Fikri, M., & Dewi Nurmasari Pane, R. A. (2020). Factors Affecting Readers’
Satisfaction in" Waspada" Newspapers: Insight from Indonesia. Indexing and
Abstracting.
Erlina. (2013). Metodologi Penelitian, USU Press, Medan.
Ghozali, Imam. (2015). Apliasi Analisis Multivariance dengan Program SPSS,
Edisi Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Hanafi M Mamduh, Halim Abdul. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Edisi
kedua. Yogyakarta : AMP-YKPN.
Horne, Van James C. dan John M. Wachowicz, JR. (2012). Prinsip-prinsip
Manajemen Keuangan buku 2 (alih bahasa: Heru Sutojo). Jakarta: Salemba
Empat.
Infantri, Riski Dian. (2015). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas Terhadap Struktur
Modal Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di BEI. Sekolah Tinggi Ilmu
Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen
Volume 4, Nomor 7, Juli 2015.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... &
Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance
Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics:
Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Lubis, Ade Fatma, (2012). “Manajemen Keuangan, Sebagai Alat Pengambilan
Keputusan”. Penerbit USU Press. Medan.
Marpaung, Heldinar W, (2013). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran
Perusahaan, dan Struktur Aset Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan
Real Estate dan Properti yang Terdaftar di BEI, Skripsi Akuntansi.
Universitas Sumatera Utara, Medan.
Martono dan D. Agus Harjito, (2013). Manajemen Keuangan, Edisi Pertama,
Cetakan Pertama, Penerbit Ekonisia, Fakultas Ekonomi UII, Yogyakarta.
Malikhah, I. (2019). PENGARUH MUTU PELAYANAN, PEMAHAMAN
SISTEM OPERASIONAL PROSEDUR DAN SARANA PENDUKUNG
TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS
PEMBANGUNAN PANCA BUDI. JUMANT, 11(1), 67-80.
Nasution, A. P., & Malikhah, I. (2021). IDENTIFIKASI STRATEGI
KEBERHASILAN LAYANAN E-GOVERMENT DI KOTA MEDAN.
Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 11(2), 38-45.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of
halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail
Management Research, 12(2).
Nasution, M. D. T. P., Rossanty, Y., Achmad Daengs, G. S., Sahat, S., Rosmawati,
R., Kurniasih, N., ... & Rahim, R. (2018). Decision support rating system with
Analytical Hierarchy Process method. Int. J. Eng. Technol, 7(2.3), 105-108.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of
halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail
Management Research, 12(2).
Pane, D. N. (2018). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH BOTOL SOSRO (STUDI
KASUS KONSUMEN ALFAMART CABANG
AYAHANDA). JUMANT, 9(1), 13-25.
Pane, D. N., El Fikri, M., & Siregar, N. (2020). UPAYA PENINGKATAN
REPURCHASE INTENTION MELALUI SOSIAL MEDIA DAN WORD OF
MOUTH TERHADAP HOTEL PARBABA BEACH DI DAERAH
PARIWISATA KABUPATEN SAMOSIR. JUMANT, 12(1), 12-20.
Rajan, Raghuram G. and Zingales, Luigi. (2015). “What Do We Know about Capital
Structure? Some Evidence from International Data”. Journal of Finance, 50/5,
1421–1460.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment
in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile
Matching. International Journal of Business and Management
Invention, 6(1), 73079.
RITONGA, H. M., PANE, D. N., & RAHMAH, C. A. A. (2020). PENGARUH
KUALITAS PELAYANAN DAN EMOSIONAL TERHADAP
KEPUASAN PELANGGAN PADA HONDA IDK 2 MEDAN. JUMANT,
12(2), 30-44.
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T.,
... & Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And
Swot Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In
North Sumatera. International Journal of Civil Engineering and Technology,
9(9).
Riyanto (2011). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi keempat.
Yogyakarta : BPFE.
Sartono, Agus. (2012). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Edisi Empat,
BPFE: Yogyakarta.
Tarazi, Ramzi E.N, (2013). Determinants of Capital Structure: Evidence from
Thailand Panel Data. 3rd Global Accounting, Finance and Economics
Confrence 2013, Melbourne.
Wardani, Ida Ayu Dewi Kusuma. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan,
Pertumbuhan Penjualan, Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Pada
Perusahaan Manufaktur. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja,
Indonesia. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan
Manajemen (Volume 4 Tahun 2016).
http://www.idx.co.id
http://www.sahamok.com