Analisis Karakteristik Produk dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Dengan Persepsi Kualitas Sebagai Moderating Variabel (Studi Kasus Sepeda Motor Yamaha R 15

  • Hardianssyah . Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

ABSTRAK Adapun judul pada penelitian ini adalah Analisis Karakteristik Produk dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Dengan Persepsi Kualitas Sebagai Moderating Variabel (Studi Kasus Sepeda Motor Yamaha R 15. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 96 orang responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pembagian kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan formula statistik, yakni dengan menggunakan analisis regresi berganda yang pengelolahannya dilakukan dengan program SPSS Versi 16. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa karakteristik produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perspsi kualitas sepedamotor Yamaha R15. Strategi promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perspsi kualitas sepedamotor Yamaha R15. Karakteristik produk promosi secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli sepeda motor Yamaha R15. Strategi promosi secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli sepeda motor Yamaha R15. Persepsi Kualitas signifikan berpengaruh positif dan signifikan Minat Beli sepeda motor Yamaha R15. Strategi promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli sepeda motor Yamaha R15. Persepsi kualitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli sepeda motor Yamaha R15. Karakteristik produk, strategi promosi dan persepsi kualitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli sepeda motor Yamaha R15. Karakteristik Produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli melalui persepsi kualitas sepeda motor Yamaha R15.Strategi Promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli melalui persepsi kualitas sepeda motor Yamaha R15. Kata Kunci: Karakteristik Produk, Strategi Ptomosi, Persepsi Kualitas dan Minat Beli

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Buku :
Daryanto (2012). Pengantar Manajemen Pemasaran. Penerbit Cipta Pustaka, Bandung.
Dewanti Retno (2012). Perilaku Konsumen. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong (2009). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 12. Edisi 2
Jakarta : Erlangga.
Machfoedz (2013). Pengantar Pemasaran Modern. Penerbit Akademi Manajemen
Perusahaan YKPN, Yogyakarta.
Rusiadi, dkk (2014). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Pembangunan.
Medan : USU Press.
Simamora (2012). Perilaku Konsumen. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Suwandari (2008). Manajemen Pemaaran Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran.
Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN,Yogyakarta.
Snangadji dan Sopiah (2017). Perilaku Konsumen. Penerbit Cipta Pustaka Media. Bandung.
Wibisaputra (2011). Pengantar Ilmu Manajemen, Penerbit Yudhistira, Jakarta
Jurnal dan Karya Ilmiah
El Fikri, M., & Dewi Nurmasari Pane, R. A. (2020). Factors Affecting Readers’ Satisfaction in"
Waspada" Newspapers: Insight from Indonesia. Indexing and Abstracting.
Fadly, Y. (2019). PERFORMA MAHASISWA AKUNTANSI DALAM IMPLEMENTASI
ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSE (ESP)
DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI (UNPAB)
MEDAN. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 190-201.
Favian Firwan Firdaus (2015). Pengaruh Citra Merek, Sikap Merek dan Kesadaran Merek
Terhadap Ekuitas Merek Susu “Frisian Flag” (Studi Kasus Di Kecamatan
Tembalang Semarang). Undip : Semarang
Ginandjar (2013). Pengaruh Motivasi Konsumen dan Persepsi Kualitas terhadap Sikap
Konsumen dalam Membeli Sepeda Motor Yamaha Pada Yamaha Indra Motor
Banjaran Bandung.
Indrayani L dan Nurcaya (2013). Peran Persepsi Kualitas Produk Dalam Memediasi Pengaruh
Gaya Hidup Terhadap Niat Beli Hand Phone Samsung Galaxy di Kota
Denpasar. Udayana : Balind
Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A Business Model
Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North Sumatra, Indonesia. Bus.
Manag. Strateg, 7(2), 102-120.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label
and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management
Research, 12(2).
Nasution, M. D. T. P., Rossanty, Y., Achmad Daengs, G. S., Sahat, S., Rosmawati, R.,
Kurniasih, N., ... & Rahim, R. (2018). Decision support rating system with
Analytical Hierarchy Process method. Int. J. Eng. Technol, 7(2.3), 105-108.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of halal label
and purchase behaviour. Journal of Business and Retail Management Research,
12(2).
Riyono (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap
Keputusan Pembelian Produk Aqua Di Kota Pati. Jurnal STIE Semarang, Vol
8, No 2, Edisi Juni 2016.
Rossanty, Y., & PUTRA NASUTION, M. D. T. (2018). INFORMATION SEARCH AND
INTENTIONS TO PURCHASE: THE ROLE OF COUNTRY OF ORIGIN
IMAGE, PRODUCT KNOWLEDGE, AND PRODUCT
INVOLVEMENT. Journal of Theoretical & Applied Information
Technology, 96(10).
Rossanty, Y., Hasibuan, D., Napitupulu, J., Nasution, M. D. T. P., & Rahim, R. (2018).
Composite performance index as decision support method for multi case problem.
Int. J. Eng. Technol, 7(2.29), 33-36.
Rossanty, Y., Nasution, M. D. T. P., & Ario, F. (2018). Consumer Behaviour In Era
Millennial. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.
Setiawan, N., Nasution, M. D. T. P., Rossanty, Y., Tambunan, A. R. S., Girsang, M., Agus, R.
T. A., ... & Nisa, K. (2018). Simple additive weighting as decision support system
for determining employees salary. Int. J. Eng. Technol, 7(2.14), 309-313.
Setiawan, N., Wakhyuni, E., & Siregar, N. A. (2020). Recruitment Analysis on Employee
Performance With Variable Control As Moderating On Manufacturing Company.
Ilomata International Journal of Management, 1(3), 102-111.
Setiawan, N. (2018). PERANAN PERSAINGAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS
PELAYANAN (Resistensi Terhadap Transformasi Organisasional). JUMANT,
6(1), 57-63.
Sandra Ayu Kurniasih (2014). Analis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli
Pelanggan. Jurnal Ilmu & Riset Management. Vol 3 No.9
Susi Hendriani (2013). Analisis Perilaku Brand Switching Konsumen dalam Pembelian Produk
Sepeda Motor (Studi Pada Konsumen Sepeda Motor di Kota Madya Salatiga ).
Solo.
Willy Hardi Ginandar (2013). Pengaruh Motivasi Konsumen dan Persepsi Kualitas terhadap
Sikap Konsumen dalam Membeli Sepeda Motor Yamaha Pada Yamaha Indra
Motor Banjaran Bandung.
Sumber :
Motorbloginfo.wordpress.com/2017/11/18data-penjualan-sport-full-fairing-150-cc-oktober2017-cbr150-r15-dan-gsx-r150-turun-semua/. Diambil pada hari selasa,
tanggal 24 Juli 2018 pukul 13.00 WIB
Published
2021-06-25