ANALISIS ECONOMIC VALUE ADDED DAN MARKET VALUE ADDED TERHADAP PERTUMBUHAN LABA DI PERUSAHAAN JASA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh economic value added (EVA) dan market value added terhadap pertumbuhan laba diperusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2014-2018. Penelitian melakukan riset pada perusahaan jasa dengan populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan kontruksi non bangunan yang terdaftar di bursa efek Indonesia selama periode 2014-2018, dimana sampel perusahaan sebanyak 7 perusahaan yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif. Penelitian ini diuji dengan pengujian asumsi klasik yang terdiri dari : (1) uji normalitas (2) uji multikolinearitas, dan (3) uji heterokedastisitas, pengujian hipotesis menggunakan uji simultan (uji F), uji parsial ( uji t) dan uji koefisien determinasi (R2). Dan sedangkan penelitian analisis data menggunakan menggunakan deskriptif kuantitatif dengan regresi liniar berganda. Hasil penelitian ini secara simultan economic value added dan market value added berpengaruh terhadap pertumbuhan laba, sedangkan secara parsial EVA lebih dominan berpengaruhnya terhadap pertumbuhan laba perusahaan jasa sub sector kontruksi non bangunan di bursa efek Indonesia. Kata kunci : Economic Value Added, Market Value Added, pertumbuhan laba
Downloads
References
Buku :
Irawan Dan Zainal,. (2018),. Financial Statement Analysis. Medan : Penerbit
Smartprint
Brigham, E. F. Dan Houston, J. F. (2010), Dasar-Dasar Manajemen Keuangan,
Penerjemah : Ali Akbar Yulianto, Buku1, Edisi 11, Jakarta: Penerbit
Salemba Empat.
Fahmi, Irham,. (2011). Analisis Laporan Keuangan, Lampulo: ALFABETA
Husnan & Pudji Astuti,. (2012). Dasar-Daasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta
: UPPAMP YKPN
Rudianto,. (2013),. “ Akuntansi Manajemen ”. Jakarta: Penerbit Erlangga
Rusiadi, Dkk,. (2013). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi Dan Ekonomi
Pembangunan Medan: USU Press.
Rusiadi, Dkk,. (2014),. Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi Dan Ekonomi
Pembangunan Medan: USU Press.
S Husnan & E Pudjiastuti,. (2015),. “ Dasar-Dasar Manajemen Keuangan ” Edisi
UPP STIM YKPN.
Skripsi :
Anggoro Dwi Putra ,. (2013). “Economic Value Added (EVA) Dan Market Value
Added (MVA) Sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan (Studi Pada PT. HM
Sampoerna, Tbk Dan PT. Gudang Garam, Tbk Periode 2011-2013)”.
Skripsi Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi & Bisnis, ABFI Institute
Perbanas Jakarta
Dian Puspita Sari,. (2016). “ Pengaruh Pertumbuhan Asset Terhadap Pertmbuhan
Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman
Yng Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia ” Skripsi Universitas
Pembangunan Panca Budi Medan
Glorya Christintiar Sibagariang,. (2016). “ Pengaruh Rasio Likuiditas Dan
Profitabilitas Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perushaan Manufaktur
Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI ” Skripsi Universitas
Pembangunan Panca Budi Medan
Pharmaty Ohda Dewi Boang Manalu. (2014). “ Pengaruh Rasio Keuangan
Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Pertambangan Yang
Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia ”. Skripsi Universitas Pembangunan
Panca Budi Medan
Supriyanto, Dr. Isfenti Sadalia ME Dan Drs. M. Lian Dalimunthe, M.Ec. Ac,.
(2011). “Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Pendapatan
Saham Dan Pertumbuhan Laba Perbankan Di Bursa Efek Indonesia”.
Skripsi Universitas Sumatera Utara
Indah Erviana,. (2014). “Pengaruh Economic Value Added (Eva) Dan Rasio
Profitabilitas Terhadap Perubahan Laba Pada Perusahaan Manufaktur
Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2009-2010”. Skripsi Universitas
Muhammadiyah Surakarta
Jurnal :
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap
Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada
Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-
206.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap
Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot
Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Andika, R. (2018). PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN
PENGAWASAN TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN PADA PT
ARTHA GITA SEJAHTERA MEDAN. JUMANT, 9(1), 95-103.
Ahmad, R. (2019). ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
TERHADAP KINERJA KARYAWAN PDAM TIRTA WAMPU
STABAT. Jurnal Manajemen Bisnis (JMB), 31(1), 15-21.
Ahmad, R. (2019). PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN DISIPLIN
KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. MITRA NIAGA
SEJATI JAYA-LANGKAT. JUMANT, 11(2), 137-146.
El Fikri, M., Andika, R., Febrina, T., Pramono, C., & Pane, D. N. (2020). Strategy to
Enhance Purchase Decisions through Promotions and Shopping Lifestyles to
Supermarkets during the Coronavirus Pandemic: A Case Study IJT Mart, Deli
Serdang Regency, North Sumatera.
El Fikri, M., & Dewi Nurmasari Pane, R. A. (2020). Factors Affecting Readers’
Satisfaction in" Waspada" Newspapers: Insight from Indonesia. Indexing and
Abstracting.
Fadly, Y. (2019). PERFORMA MAHASISWA AKUNTANSI DALAM
IMPLEMENTASI ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSE (ESP)
DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI (UNPAB)
MEDAN. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 190-201.
Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A Business
Model Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North Sumatra,
Indonesia. Bus. Manag. Strateg, 7(2), 102-120.
Ita Trisnawati., (2009). “ Pengaruh Economic Value Added, Arus Kas Operasi,
Residual
Income, Earning Operating Leverage, Dan Market Value Added
Terhadap Return Saham”. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi Vol. 11, No. 1
April 2009, Hlm. 65-78
Ni Made Putri Sri Rahayu1 dan I Made Dana2., (2016). “ Pengaruh Eva, Mva
Dan Likuiditas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Food And
Beverages”. Jurnal E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.1, 2016: 443 –
469
Yefni & Wellis Arvando., (2010). “ Analisis Hubungan Economic Value Added
(EVA) Dan Market Value Added (MVA) Dengan Perubahan Laba (Studi
Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Di BEI Tahun 2005-2009)”.
Pane, D. N. (2018). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH BOTOL SOSRO (STUDI
KASUS KONSUMEN ALFAMART CABANG
AYAHANDA). JUMANT, 9(1), 13-25.
Pane, D. N., El Fikri, M., & Siregar, N. (2020). UPAYA PENINGKATAN
REPURCHASE INTENTION MELALUI SOSIAL MEDIA DAN WORD
OF MOUTH TERHADAP HOTEL PARBABA BEACH DI DAERAH
PARIWISATA KABUPATEN SAMOSIR. JUMANT, 12(1), 12-20.
Supriyanto., (2014). “Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap
Pertumbuhan Laba Perbankan Di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Ilman,
ISSN 2355-1488, Vol. 1, No. 1, Pebruari 2014
Seno Adi Saputro., (2018). “Analisis Pengaruh Growth, Size, Eva Dan Variabel
Makroekonomi Terhadap Perubahan Laba Perusahaan Manufaktur”.
Jurnal Moneter Vol. V No. 1 April 2018
Sumber Internet :
akuntan-si.blogspot.com/2013/06/definisi-market-value-added-mva.html
Data peruahaan yang list di Bursa Efek Indonesia. Terpublikasikan melalui
website: www.idx.ac.id