Analisis Display Produk, Store Atmosphere dan In Store Promotion Terhadap Pembelian Impulsif Di Supermarket Berastagi Gatsu Kota Medan

  • Hendra Sanjaya Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

ABSTRAK Berastagi supermarket mengalami penurunan traffic komsumen mulai tahun 2013 sampai dengan 2017, hal ini menunjukan berkurangnya loyalitas konsumen untuk berbelanja di berastagi supermarket, dikarenakan hadirnya supermarket maupun minimarket di kota medan, hal ini juga memicu untuk berastagi terus memperbaiki display produk, kenyamanan di toko maupun membuat promo yang menarik agar konsumen tidak beralih ke supermarket lainnya. Data yang digunakan adalah data primer, metode pengumpulan data menggunakan kuisioner, menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16.0. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Brastagi Supermarket Gatot Subroto. dengan sampel sebanyak 96 responden. Penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan variabel Display Produk, Store Atmosphere, dan In Store Promotion berpengaruh positif signifikan terhadap Pembelian Impulsif konsumen di Brastagi supermarket. Secara parsial bahwa Display Produk dan In store Promotion berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pembelian impulsif pada berastagi supermarket. Namun pada variabel store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada berastagi supermarket. dengan nilai R square 85,2%. Kata Kunci : Display Produk, Store Atmosphere, In store promotion dan Pembelian impulsif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka
Buku:
Achmad Fadli. (2011). Buku pedoman pelayanan pasar. Yogyakarta: Dinas
Pengelolaan pasar.
Buchari Alma. (2012) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:
Alfabeta
Dhruv Grewal and Michael Levy. (2014). Marketing, Fourth Edition. New York : Hill
Companies
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran & Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Kotler & keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Levy, michael & Weitz, Barton A. (2009). Retailing Management. Edisi Ketujuh. New
York: McGraw-Hill Irwin.
Manullang, M., & Pakpahan, M. (2014). Metode Penelitian. Bandung: Citapustaka
Media.
Mowen, jhon, C dan Michael Minor. (2011). Prilaku Konsumen. Jilid Ketiga. Jakarta:
Erlangga
Pakpahan, M. (2016). Manajemen Pemasaran. Medan: Cipta Rancana Media
Pakpahan.
Rusiadi, E. (2015). Metode Penelitian. Medan: USU Press.
Sopiah & Syahbuddin. (2012) Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: Andi Offset.
Sunyoto, D. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan
Kasus). Jakarta: Buku Seru.
Tesis:
Allan Dwi I’sana. (2013). Analisis Pengaruh Display Produk, Promosi Below The Line,
Dan Emosi Positif Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Pada Sri Ratu
Pemuda Department Store. Semarang: Universitas Diponegoro
Ardhito Katon Bagaskara & Ngatno. (2016). Pengaruh Store Atmosphere Dan In Store
Promotion Terhadap Perilaku Impulse Buying. Semarang: Universitas
Diponegoro.
Di Planet Distro Kota Banjarnegara. Yogyakarta: Universitas Negeri
Yogyakarta.
Imalana. (2012). Analisis Motivasi Konsumen Online dalam Melakukan Impulse
Buying pada Transaksi C2C commerce (Studi pada Forum Jual Beli Kaskus).
Depok: Universitas Indonesia Depok.
Renalize Kustanto. (2013). Pengaruh In-Store Promotion Terhadap Impulse Buying
Pada Carrefour Kota Bandung. Bandung: Universitas Telkom Mandala agung.
Sari, Nur Maya. (2014). Pengaruh Display Produk Dan Suasana Toko Terhadap
Pembelian Impulsif Di Minimarket Eramart Cabang Lembuswana Samarinda.
Samarinda: Universitas Mulawarman.
Yusriati, Ade (2012) Pengaruh In-store Promotion terhadap keputusan impulse buying
pada konsumen giant supermarket. Bogor: Universitas Pertanian Bogor.
Jurnal:
Andi, Erlangga & Achmad Fauzi. (2012). Suasana toko dalam menciptakan emosi dan
pengaruhnya terhadap keputusan pembelian. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Volume
6 No.1 Tahun 2012.
Anin, F,A., Rasimin BS., & Atamimi N. tt. (2012) Hubungan Self-Monitoring dengan
Imppulsive Buying Terhadap Produk Fashion Pada Remaja, Jurnal Psikologi.
Vol 35. No 2. Hal 181-193.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose
Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review,
Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Aspan, H. (2017). “Good Corporate Governance Principles in the Management of
Limited Liability Company. International Journal of Law Reconstruction, Volume
1 No. 1, pp. 87-100.
Aspan, H. (2017). “Peranan Polri Dalam Penegakan Hukum Ditinjau Dari Sudut
Pandang Sosiologi Hukum”. Prosiding Seminar Nasional Menata Legislasi Demi
Pembangunan Hukum Nasional, ISBN 9786027480360, pp. 71-82.
Aspan, H. (2014). “Konstruksi Hukum Prinsip Good Governance Dalam Mewujudkan
Tata Kelola Perusahaan Yang Baik”. Jurnal Dialogia Iuridica Universitas
Maranatha Bandung, Volume 2 No. 2, pp. 57-64.
Aspan, H., I. M. Sipayung, A. P. Muharrami, and H. M. Ritonga. (2017). “The Effect
of Halal Label, Halal Awarness, Product Price, and Brand Image to the
Purchasing Decision on Cosmetic Products (Case Study on Consumers of
Sari Ayu Martha Tilaar in Binjai City)”. International Journal of Global
Sustainability, ISSN 1937-7924, Vol. 1, No. 1, pp. 55-66.
Dawson, S. and Kim, M. (2009). External and internal trigger cues of impulse buying
online. Direct Marketing: An International Journal, Vol. 3 No. 1, pp. 20-34.
Denny, E. S., Supriyatin. (2015). Pengaruh Store Atmosphere, Harga Dan Lokasi
Terhadap Keputusan Pembelian Ore Premium Store. Jurnal Ilmu dan Riset
Manajemen, Volume 4 Nomor 11 November 2015.
El Fikri, M., Andika, R., Febrina, T., Pramono, C., & Pane, D. N. (2020). Strategy to
Enhance Purchase Decisions through Promotions and Shopping Lifestyles to
Supermarkets during the Coronavirus Pandemic: A Case Study IJT Mart, Deli
Serdang Regency, North Sumatera.
El Fikri, M., & Dewi Nurmasari Pane, R. A. (2020). Factors Affecting Readers’
Satisfaction in" Waspada" Newspapers: Insight from Indonesia. Indexing and
Abstracting.
Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A Business Model
Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North Sumatra, Indonesia. Bus. Manag.
Strateg, 7(2), 102-120.
Kacen, J. J. and Lee, J. A. (2010). The Influence of Culture on Consumer Impulsive
Buying Behavior. Journal of Consumer Psychology, Vol. 12, Tahun 2010.
Meldarianda. (2010). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Pada
Resort Cafe Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Volume
17 No 2 Tahun 2010
Ni, L. J., Made, N., Made, A. M. (2014). Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere)
Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toserba Nusa Permai di Kecamatan Nusa
Penida Tahun 2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 4 No 1 Tahun 2014.
Pan, Feng-Chuan, Su, Suh-Jean dan Chiang, Che-Chao. (2008). Dual attractiveness of
winery: atmospheric cues on purchasing. International Journal of Wine Business
Research, Volume. 20 No. 2, pp. 95-110.
Pane, D. N. (2018). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH BOTOL SOSRO (STUDI
KASUS KONSUMEN ALFAMART CABANG
AYAHANDA). JUMANT, 9(1), 13-25.
Pane, D. N., El Fikri, M., & Siregar, N. (2020). UPAYA PENINGKATAN
REPURCHASE INTENTION MELALUI SOSIAL MEDIA DAN WORD OF
MOUTH TERHADAP HOTEL PARBABA BEACH DI DAERAH
PARIWISATA KABUPATEN SAMOSIR. JUMANT, 12(1), 12-20.
Rianto, H. (2019). Produk Asuransi Syariah Prudential (Pru Link Syariah) Dalam
Tinjauan Syariat Islam. AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 1(2).
Rianto, H., Olivia, H., & Siregar, S. (2019). Islamic Family Financial Management. In
Proceeding International Seminar on Islamic Studies (Vol. 1).
Rossanty, Y., & PUTRA NASUTION, M. D. T. (2018). INFORMATION SEARCH
AND INTENTIONS TO PURCHASE: THE ROLE OF COUNTRY OF
ORIGIN IMAGE, PRODUCT KNOWLEDGE, AND PRODUCT
INVOLVEMENT. Journal of Theoretical & Applied Information
Technology, 96(10).
Rossanty, Y., Hasibuan, D., Napitupulu, J., Nasution, M. D. T. P., & Rahim, R.
(2018). Composite performance index as decision support method for multi case
problem. Int. J. Eng. Technol, 7(2.29), 33-36.
Rossanty, Y., Nasution, M. D. T. P., & Ario, F. (2018). Consumer Behaviour In Era
Millennial. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.
Setiawan, N., Nasution, M. D. T. P., Rossanty, Y., Tambunan, A. R. S., Girsang, M.,
Agus, R. T. A., ... & Nisa, K. (2018). Simple additive weighting as decision
support system for determining employees salary. Int. J. Eng. Technol, 7(2.14),
309-313.
Setiawan, N., Wakhyuni, E., & Siregar, N. A. (2020). Recruitment Analysis on
Employee Performance With Variable Control As Moderating On
Manufacturing Company. Ilomata International Journal of Management, 1(3),
102-111.
Setiawan, N. (2018). PERANAN PERSAINGAN DALAM MENINGKATKAN
KUALITAS PELAYANAN (Resistensi Terhadap Transformasi Organisasional).
JUMANT, 6(1), 57-63.
Youn, Seounmi & Faber Ronal J. (2014). Impulse Buying Its Relations to Personality
Traits and Cues. Advances in Consumer Research. Volume 27, page 179-185.
Website:
Purwaningsih. (2011). Pengertian store atmosphere Retrived April, 15, 2018 from
http://www.retailmanajemen.com/2011 /06/pengertian-store atmosphere.html.
Published
2019-06-25