Pengaruh Komitmen Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Regional VI Badan Kepegawaian Negara Medan
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja, pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerjadan pengaruh, serta pengaruh komitmen organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja baik secara parsial maupun simultan pada kantor Regional IV Badan Kepegawaian Negara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada kantor Regional IV Badan Kepegawaian Negara sebanyak 56 orang sedangkan sampel yang memenuhi kriteria penarikan sampel pengamatan yang dilakukan berjumlah 56 orang dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Statistik Deskriftik, Regresi Berganda, Uji Intrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji Kesesuaian (Uji t dan Uji F), dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) versi 24.00. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial diketahui bahwa komitmen organisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pada kantor Regional IV Badan Kepegawaian Negara. Lingkungan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pada kantor Regional IV Badan Kepegawaian Negara. Secara simultan diketahui bahwa komitmen organisasi dan lingkungan kerja secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pada kantor Regional IV Badan Kepegawaian Negara. Kata Kunci : Komitmen Organisasi, Lingkungan Kerja dan Kinerja
Downloads
References
Alex S. Nitisemito, 2014, Manajemen Personalia, Ghalia Indonesia, Jakarta
Allen and Meyer. 2013. The Measurement and Antecedents of Affective,
Contintinuance and NormativeCommitment to Organitazion. PT Elex
Media Komputindo, Jakarta
Ardika Triwibowo (2016) “ Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja dan
Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada Kantor Pelayanan
Grapari Telkomsel cabang Batam. Jurnal EMBA. 1 (2) : 57-68.
Arep, Ishak dan Hendri Tanjung. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia,
Penerbit Universitas Trisakti: Jakarta.
Aspan, H., Milanie, F., & Sari, A. K. The Effect of Public Participation,
Transparency, and Accountability on the Efficiency of the Distribution of the
School Operational Support Funds (BOS) in Tebing Tinggi City (Case Study
of Taman Siswa College).
Aspan, H., E.S. Wahyuni, A. Prabowo, A.N. Zahara, I.N. Sari, Mariyana. (2020).
“Individual Characteristics and Job Characteristics on Work Effectiveness in
the State-Owned Company: the Moderating Effect of Emotional Intelligence”.
International Journal of Innovation, Creativity and Change (IJICC), Volume
13 Issue 6, pp. 761-774.
Aspan, H., E.S. Wahyuni, S. Effendy, S. Bahri, M.F. Rambe, dan F.B. Saksono.
(2019). “The Moderating Effect of Personality on Organizational Citizenship
Behavior: The Case of University Lecturers”. International Journal of Recent
Technology and Engineering (IJRTE), Volume 8 No. 2S, pp. 412-416.
Bangun, Wilson. 2012. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: Erlangga.
Djuremi dkk(2016) Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kepemimpinan terhadap
Kinerja Pegawai pada Dinas Pasar Kota Semarang
David, Fred., 2014. Strategic Management Manajemen Strategis. Edisi
Kesepuluh, Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.
Fadly, Y. (2019). PERFORMA MAHASISWA AKUNTANSI DALAM
IMPLEMENTASI ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSE (ESP)
DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI (UNPAB)
MEDAN. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 190-201.
Griffin, Jill. 2013. Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan
Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga
Hatmoko.2014.Manajemen Kesehatan Program Studi Kedokteran Universitas
Mulawarman. Samarinda: Universitas Mulawarman.
Herlambang, Susatyo, 2013, Pengantar Manajemen (cara mudah memahami ilmu
manajemen), Gosyen Publishing, Yogyakarta.
Indrawan, M. I., & Widjanarko, B. (2020). STRATEGI MENINGKATKAN
KOMPETENSI LULUSAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA
BUDI MEDAN. JEpa, 5(2), 148-155.
L. Mathis, Robert & H. Jackson, John. 2011. Human Resource Management (edisi
10). Jakarta : Salemba Empat.
Luthans, Fred. 2015. Perilaku Organisasi, , Edisi Bahasa Indonesia, Yogyakarta.
Mangkunegara, A.A Anwar Prabu (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia
Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Malayu S.P Hasibuan. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT.
Bumi Aksara.
Mardiana, 2005, Manajemen Produksi, Penerbit Badan Penerbit IPWI, Jakarta.
Manuntun Pakpahan (2014). Metodologi Penelitian manajemen kasus aplikasi
SPSS. Cetakan Pertama. Medan
Malikhah, I. (2019). PENGARUH MUTU PELAYANAN, PEMAHAMAN
SISTEM OPERASIONAL PROSEDUR DAN SARANA PENDUKUNG
TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS
PEMBANGUNAN PANCA BUDI. JUMANT, 11(1), 67-80.
Nasution, A. P., & Malikhah, I. (2021). IDENTIFIKASI STRATEGI
KEBERHASILAN LAYANAN E-GOVERMENT DI KOTA MEDAN.
Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 11(2), 38-45.
Mega Sukma Manggasari (2015) Pengaruh Sikap Kerja, motivasi Kerja dan
komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT Pratinsaka
Gempolpandaan Pasuruan. Jurnal EMBA. 15 (2) 157-169.
Nur Hamzah (2015) Pengaruh Komitmen, Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap
Kinerja Karyawan di Pt Primatama Mulya Jaya Kabupaten Pasaman Barat.
Jurnal Manajemen.
Pane, D. N. (2018). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH BOTOL SOSRO
(STUDI KASUS KONSUMEN ALFAMART CABANG
AYAHANDA). JUMANT, 9(1), 13-25.
Pane, D. N., El Fikri, M., & Siregar, N. (2020). UPAYA PENINGKATAN
REPURCHASE INTENTION MELALUI SOSIAL MEDIA DAN WORD
OF MOUTH TERHADAP HOTEL PARBABA BEACH DI DAERAH
PARIWISATA KABUPATEN SAMOSIR. JUMANT, 12(1), 12-20.
Rian Akbar Fadilah (2016) Pengaruh Komitmen Organisasi, Pengembangan Karir
dan Lingkungan Kerja terhadap Kinderja Karyawan di Kesatuan
Pemangkuan Hutan Banyumas Timur. Jurnal Administrasi Bisnis
(JAB)|Vol. 35 No. 2. 189-196
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in
Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International
Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
RITONGA, H. M., PANE, D. N., & RAHMAH, C. A. A. (2020). PENGARUH
KUALITAS PELAYANAN DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN
PELANGGAN PADA HONDA IDK 2 MEDAN. JUMANT, 12(2), 30-44.
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T., ...
& Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And Swot
Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In North
Sumatera. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(9).
Robbins, Stephen P. & Judge, Timothy A., 2015, Perilaku Organisasi, buku 2.
Jakarta: Salemba Empat.
Surjadi. 2015. Pembangunan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: PT. Refika.
Sutrisno, Edi. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Sopiah. (2012). Perilaku Organisasi, Yogyakarta: Andi Offset.
Steers, Richard M. & Porter, Lyman W. (2011). Motivation and Work Behavior.
New York: Mc Graw-Hill.
Sedarmayanti.2012. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung:
CV Mandar Maju.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:
Afabeta.
Tjiptono, Fandy. 2010, Strategi Pemasaran, Edisi 2, Andi Offset, Yogyakarta.