PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOPITREE MEDAN
Abstract
ABSTRAK Kopitree Medan bergerak dibidang coffee shop yang berdiri dibawah naungan PT. Kopitree Cita Berkah. Masalah yang dihadapi adalah kopitree belum menghasilkan rasa yang sesuai dengan keinginan konsumen sehingga konsumen berpindah pada coffee shop yang lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Kopitree Medan dan juga untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada konsumen yang membeli produk kopitree medan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk kopitree sekurang-kurangnya satu kali. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui studi dokumentasi dan daftar pertanyaan yang pengukurannya menggunakan skala likert. Data diolah secara statistik dengan program SPSS for windows, yaitu model uji t, uji f, dan koefisien determinan (R2 ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara serempak Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Kopitree Medan. Secara parsial, masing-masing variabel Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kualitas Produk merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopitree Medan. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,512 yang berarti variabilitas variabel terikat yang dapat dijelaskan oleh variabel bebas yaitu kualitas produk, kualitas layanan dan lokasi adalah sebesar 51,2%. Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Lokasi dan Keputusan Pembelian
Downloads
References
Buku:
Pakpahan, M., Manullang, M. (2014). Metode Penelitian. Medan: Ciptapustaka
Media.
Pakpahan, M. (2016). Manajemen Pemasaran Dalam Kompetisi Global, Medan:
Cipta Rancama Media Pakpahan.
Philip, K., dan William, K. (2012). Manajemen Pemasaran . Edisi 13 Bahasa
Indonesia. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Philip, K., & Armstrong. G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid-1.
Jakarta: Erlangga.
Ratih, H. (2015). Bauran Pemasaran & Loyalitas konsumen, Bandung: Alfabeta.
Rusiadi, Et al. (2015). Metode Penelitian. Medan: USU Press.
Saleh, A. M. (2010) . Manajemen Pelayanan . Jakarta: Pustaka Pelajar.
Sunyoto, D. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep Strategi dan
Kasus), Jakarta: Buku Seru.
Tjiptono, F. (2011). Service Qualiy and Satisfaction. Edisi kedua. Yogyakarta:
Penerbit Andi.
Tjiptono, F., & Chandra , G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2011) . Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2.
Yogyakarta: Andi.
Jurnal:
Adi, D. O. R. K., Fathoni, A., & Hasiholan, L. B. (2018). Pengaruh Kualitas
Pelayanan, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian produk
CKE TEKNIK SEMARANG.
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap
Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening
Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi
Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian
Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria
Gemilang (IFA) Depot Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Andika, R. (2018). PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN
PENGAWASAN TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN PADA
PT ARTHA GITA SEJAHTERA MEDAN. JUMANT, 9(1), 95-103.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M.,
... & Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and
Performance Model based on Indonesia Science and Technology Index. In
Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP
Publishing.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of
halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail
Management Research, 12(2).
Nasution, M. D. T. P., Rossanty, Y., Achmad Daengs, G. S., Sahat, S.,
Rosmawati, R., Kurniasih, N., ... & Rahim, R. (2018). Decision support
rating system with Analytical Hierarchy Process method. Int. J. Eng.
Technol, 7(2.3), 105-108.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of
halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail
Management Research, 12(2).
Nugraha, M. R., & Juanim, H. (2018). Pengaruh Lokasi dan Promosi Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen di Kopi Panggang Dago (Doctoral
dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung).
Prabowo, H., & Yulianeu, Y. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas
Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Pelanggan dengan
Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada
Rumah Fotografi Kudus). Journal of Management, 3(3).
Pratama, B. S., Fathoni, A., & Hasiholan, L. B. (2017). Analisis Pengaruh Brand
Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian
Produk Kartu Perdana Telkomsel (Studi Pada Pengunjung di Event-Event
Kampus).
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment
in Determining The Feasibility of Debtors Using Profile
Matching. International Journal of Business and Management
Invention, 6(1), 73079.
RITONGA, H. M., PANE, D. N., & RAHMAH, C. A. A. (2020). PENGARUH
KUALITAS PELAYANAN DAN EMOSIONAL TERHADAP
KEPUASAN PELANGGAN PADA HONDA IDK 2 MEDAN. JUMANT,
12(2), 30-44.
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T.,
... & Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And
Swot Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In
North Sumatera. International Journal of Civil Engineering and
Technology, 9(9).
Rofiq, A., & Hufron, M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi
Terhadap Keputusan Pembelian di Powernoise Store (Studi Kasus Pada
Konsumen Powernoise Store Semarang).
Ridho, E. M. R. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan
Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Merek Adidas
di Sport Stations Solo Square.
Simanjuntak, A., Iqbal, M., & Alfisyahr, R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan
Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada
Konsumen Sepeda Motor Merek Honda Di Kota Malang, Jawa Timur).
Jurnal Administrasi Bisnis, 55(3).
Suradi, S. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan
Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Separu Merek Adidas
Di Sport Satation Solo Square.
Syahadat, I. N., & Wulandari, A. (2018). Pengaruh Experiential Marketing
Sebagai Strategi Pemasaran Pada Starbucks Coffee Terhadap Keputusan
Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Starbucks Coffee Di Bandung).
eProceedings of Applied Science, 4(1).
Tampi, D., Soegoto, A. S., & Sumarauw, J. S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk,
Harga, dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian sepeda
motor honda scoopy pada PT. Daya Adicipta Wisesa. Jurnal EMBA:
Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).