“Pengaruh Nilai Penjualan Bersih Dan Jumlah Aset Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Keramik Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 – 2018”
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai penjualan bersih secara parsial terhadap profitabilitas usaha pada perusahaan manufaktur sektor keramik pada BEI periode tahun 2014-2018, pengaruh jumlah aset secara parsial terhadap profitabilitas usaha pada perusahaan manufaktur sektor keramik pada BEI periode tahun 2014-2018, dan pengaruh nilai penjualan bersih dan jumlah aset secara simultan terhadap profitabilitas usaha pada perusahaan manufaktur sektor keramik pada BEI periode tahun 2014-2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 6 data perusahaan keramik selama periode tahun 2014-2018. Berdasarkan hasil penelitian nilai penjualan bersih berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (OPM) pada Perusahaan Manufaktur Sektor Keramik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hal tersebut didasarkan pada uji hipotesis melalui uji T atau parsial diketahui bahwa nilai signifikan t nilai penjualan bersih sebesar 0,001 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sebagaimana yang dipersyaratkan (0,001 < 0,05). Jumlah aset berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (OPM) pada Perusahaan Manufaktur Sektor Keramik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebab pada hasil uji T atau uji parsial dimana nilai signifikan t jumlah aset sebesar 0,000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sebagaimana yang dipersyaratkan (0,000 < 0,05). Nilai penjualan bersih dan jumlah aset secara simultan (bersamasama) berpengaruh signifikan terhadap profitabillitas (OPM) pada Perusahaan Manufaktur Sektor Keramik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Adanya pengaruh secara simultan tersebut didasarkan pada nilai signifikan F sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikan 0,05 (0,000 < 0,05). Kata Kunci : Nilai Penjualan Bersih, Jumlah Aset, Profitabilitas (OPM).
Downloads
References
Arnita, V., & Aulia, A. (2020). Prekdisi Pertumbuhan Laba Dalam Rasio Keuangan
Pada PT JAPFA COMFEED TBK. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 11(1),
115-122.
Barus, M. D. B., & Azzahra, A. S. (2020). Analisis Aplikasi Dan Penerapan
Matematika Pada Ilmu Ekonomi Fungsi Permintaan Dan Penawaran. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 11(1), 103-114.
Barus, M. D. B., & Hakim, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika melalui Metode Practice Rehearsal Pairs pada Siswa SMA AlHidayah Medan. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu
pendidikan, 6(1), 74-78.
Brigham dan Houston. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba
Empat.
Chrisna, H. (2019). Pengaruh Perilaku Belajar, Pengendalian Diri, Motivasi, Empati,
Keterampilan, Dan Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa
Prodi Akuntansi Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 10(1), 87-100.
Chrisna, H., Karin, A., & Hasibuan, H. A. (2020). Analisis Sistem Dan Prosedur
Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Dengan Akad Pembiayaan Murabahah
Pada PT. BANK BRI Syariah Cabang Medan. Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 11(1), 156-166.
Dharmmesta, Basu Swastha. (2009). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
Fahmi, Irham. (2015). Pengantar Manajemen Keuangan Teori Dan Soal
Jawab. Bandung: Alfabeta.
Dwilita, H., & Sari, P. B. (2020). Analisis Pengelolaan Keuangan Keluarga dan
Literasi Keuangan Wanita di Dusun 20 Desa Klambir Lima Kebun. Jurnal
AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 1(3), 184-197.
Fadly, Y. (2019). Performa Mahasiswa Akuntansi Dalam Implementasi English For
Specific Purpose (ESP) Di Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB)
MEDAN. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 190-201.
Fess, Reeve dan Warren. (2009). Pengantar Akuntansi, Terj. Aria Farahmita, et.al.
Jakarta: Salemba Empat.
Haming, Murdifin. (2012). Manajemen Produksi Modern. Jakarta: Bumi Aksara.
Harahap, Sofyan Syafri. (2009). Akuntansi Aktiva Tetap. Jakarta: Bumi Aksara.
Harahap, Sofyan Syafri. (2009). Teori Kritis Laporan Keuangan. Jakarta:
Bumi Aksara.
Hasibuan, Malayu S.P. (2009). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta:
Bumi Aksara.
Hernawaty, H., Chrisna, H., & Junawan, J. (2020). Analisa Penggunaan Forward
Contract Hedging pada Nilai Ekspor Barang Ekonomi Provinsi Sumatera
Utara. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 1(3), 95-109.
1
Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). (2016). Standar Akuntansi Keuangan (SAK), Jakarta:
Salemba Empat.
Irwan. (2011). Pengaruh Modal Kerja Terhadap Penjualan Pada PT. Mabar Feed
Indonesia. Medan: Skripsi Fakultas Ekonomi UMSU.
Jumingan. (2011). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Kasmir.
(2012). Dasar-dasar Perbankan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ma’arif, Mohammad Syamsul. (2012). Manajemen Operasi. Jakarta: Grasindo.
Maisyarah, R. (2018). Analysis of the Determinants Competition Oligopoly Market
Telecommunication Industry in Indonesia. KnE Social Sciences, 760-770.
Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Murhadi, Werner R. (2015). Analisis Laporan Keuangan Proyeksi Dan Valuasi
Nafarin, M. (2009). Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Nasution, A. P. (2018). Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja Dalam
Meningkatkan Kinerja Pemerintah Daerah Dilingkungan Kecamatan Datuk
Bandar Tanjung Balai. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(2), 15-25.
Nasution, A. P. (2019). Implementasi E–Budgeting Sebagai Upaya Peningkatan
Tranparansi Dan Akuntabilitas Pemerintah Daerah Kota Binjai. Jurnal
Akuntansi Bisnis Dan Publik, 9(2), 1-13.
Nasution, D. A. D. (2018). Analisis pengaruh pengelolaan keuangan daerah,
akuntabilitas dan transparansi terhadap kinerja keuangan pemerintah. Jurnal
Studi Akuntansi & Keuangan, 2(3), 149-162.
Nasution, D. A. D. (2019, August). The Effect of Implementation Islamic Values and
Employee Work Discipline on The Performance of Moslem Religious
Employees at Regional Financial Management in the North Sumatera
Provincial Government. In International Halal Conference & Exhibition 2019
(IHCE) (Vol. 1, No. 1, pp. 1-7).
Purba, R. B. (2018). Pengaruh Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah,
Transparansi Publikdan Aktivitas Pengendalian Terhadap Akuntabilitas
Keuangan Pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Tanah Datar. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 99-111.
Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated
Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pusaka Utama.77
Ritonga, M. (2018). Faktor Manajemen Biaya Dan Manajemen Pemasaran Terhadap
Pendapatan Melalui Intensitas Produksi Pada Ukm Industri Rumahan Di Kota
Binjai. JUMANT, 8(2), 68-78.
Riyanto, Bambang. (2010). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan.
Yogyakarta: BPFE.
Sadeli, Lili M. (2015). Manajemen Pemasaran Modern. Jakarta: Salemba Empat.
Saham. Jakarta: Salemba Empat.
Sari, M. N. (2020). Pengaruh Return On Asset, Financial Leverage, Dan Trading
Volume Terhadap Initial Return. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 11(1),
18-27.
Sari, P. B. (2020). Analisis Opini Going Corncern Pada Perusahaan Farmasi di Bursa
Efek Indonesia (Multiple Correlation Method). Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 10(2), 189-196.
Sartono, Agus. (2012). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi4. Yogyakarta:
BPFE.
Sawir, Agnes. (2009). Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan keauangan
Perusahaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Smith, Jay M. dan Skousen, K. Fred. (2013). Akuntansi Intermediate. Terj.Sondik,
Jakarta: Erlangga.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Sugiama, A. Gima. (2013). Manajemen Asset Pariwisata. Bandung: Guardaya
Intimarta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D,
Bandung: Alfabeta.
Suharyadi dan Purwanto. (2013). Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan
Modern. Jakarta: Salemba Empat.
Sujerweni, V. Wiratna. (2016), Pengantar Akuntansi. Yogyakarta: Pustaka Baru
Press.
Sumarsan, Thomas. (2013). Sistem Pengendalian Manajemen; Konsep,
Aplikasi dan Pengukuran Kinerja. Jakarta: Indeks.
Sutrisno. (2013). Manajemen Keuangan; Teori Konsep dan Aplikasi. Cetakan Ke- 9.
Yogyakarta: Ekonisis.
Syamsuddin. (2009). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Triyani, Wiwin, et.al. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Aset Terhadap Nilai
Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening (Studi
Empiris Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek
Indonesia Periode 2007 - 2016), Jurnal Tirtayasa Ekonomika Vol. 13, No 1,
April 2018.
Winardi. (2009). Ilmu dan Seni Menjual. Bandung: Salemba Empat.
Yunus, R. N. (2020). Analisis Multimodal Pada Iklan Layanan
Masyarakat. JUMANT, 12(2), 83-89.