Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan ECommerce (pada penjualan pakaian dan aksesoris

  • Dwi Novithalia Sitorus Universitas Pembangunan Pancabudi

Abstract

ABSTRAK E-Commerce merupakan salah satu cara terkini yang banyak diminati oleh banyak orang untuk menjual barang dagangan merek karena memberikan kemudahan akan tetapi efek dari kemudahan tersebut juga mengakibatkan timbulnya sebuah persaingan yang kurang sehat antar para penjual untuk menarik perhatian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, sikap, minat perilaku, dan kontrol perilaku terhadap penggunaan e-commerce di kota Medan. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini ialah menggunakan data primer yang diperoleh dari responden secara langsung dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 150 pedagang dan sampel sebanyak 60 pedagang pakaian dan aksesoris yang terdaftar dalam 3 jenis e-commerce, ialah Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Hasil penelitian menunjukkan variabel minat perilaku (X4) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap penggunaan e-commerce (Y), variabel sikap (X3) berpengaruh positif dan tidak signifikan secara parsial terhadap penggunaan e-commerce (Y), dan variabel sisanya yakni, persepsi kegunaan (X1), persepsi kemudahan (X2), dan kontrol perilaku (X5) tidak berpengaruh secara parsial terhadap penggunaan e-commerce (Y). hasil uji determinasi dari penelitian ialah 0.311 (31.1%) dan sisanya sebesar 68.9% dijelaskan oleh faktor atau variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Namun, keseluruhan variabel bebas yang ada pada penelitian ini berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel terikat. Kata kunci : Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Sikap, Minat Perilaku, Kontrol Perilaku, dan Penggunaan E-Commerce.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Ahmad, B. S., & Fathor, A. S. (2014). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi
Kemudahan, Keamanan dan Fitur terhadap Minat Ulang Nasabah Bank
dalam Menggunakan Internet Banking. Vol.8, No.1.
Ajzen, I. (2016). Behavioral Interventions Based on the Theory of Planned
Behavior. Brief Description of the Theory of Planned Behavior.
Aliah, N. (2020). The Role Of E-Filing In Improving Taxpayer Compliance In
Indonesia. Accounting and Business Journal, 2(1), 1-9.
APJII. (2018). Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018.
Melalui https://apjii.or.id/survei (diakses pada 08 Agustus 2019, pukul
23:47 WIB)
Arnita, V. (2018). Pengaruh Orangtua Terhadap Mahasiswa Akuntansi Dalam
Pemilihan Karir Menjadi Profesi Akuntan. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis:
Jurnal Program Studi Akuntansi, 4(2), 19-23.
Ashari, Rizky Amalia. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penggunaan E-Commerce
bagi Usaha Mikro Kecil Menengah pada Pengusaha Perak Di Kotagede
Yogyakarta. Jurnal FEB UII
Barus, M. D. B., & Hakim, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika melalui Metode Practice Rehearsal Pairs pada Siswa SMA AlHidayah Medan. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu
pendidikan, 6(1), 74-78.
Bungin, Burhan. (2013). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: FormatFormat Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik,
Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Jakarta:Prenadamedia Group
Chrisna, H. (2018). Analisis Manajemen Persediaan Dalam Memaksimalkan
Pengendalian Internal Persediaan Pada Pabrik Sepatu Ferradini
Medan. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(2), 82-92.
Chrisna, H., Karin, A., & Hasibuan, H. A. (2020). Analisis Sistem Dan Prosedur
Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Dengan Akad Pembiayaan Murabahah
Pada PT. BANK BRI Syariah Cabang Medan. Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 11(1), 156-166.
Davis, & Fred, D. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A
comparison of two Teoritical Models. In Management Science, 35 (8) (pp.
982-1002).
Fadly, Y. (2011). An Analysis Of Main Character Conflicts In M.J. Hyland’s Carry
Me Down.
Hardianti dan Saraswati, Erwin. (2013). Faktor Minat Perilaku Menggunakan
Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce. Simposium Nasional
Akuntansi XVI
Harris, Abdul.(2014). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Mengoperasikan
Layanan dan Resiko Belanja Online Terhadap Niat Beli Melalui Jejaring
Sosial. Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Hernawaty, H., Chrisna, H., & Noviani, N. (2020). Transaksi Valas Dalam
Perspektif Konvensional Dan Syariah. Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 11(1), 1-17.
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keprilakuan. Yogyakarta:ANDI
Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. Pengertian dari Kata Penggunaan.
Melalui https://kbbi.kemdikbud.go.id/ (diakses pada 11 Agustus 2019,
pukul 19:36 WIB)
Kekurangan dan Kelebihan Belanja Online. Melalui http://blog.poinweb.co.id/2018/05/23/kekurangan-dan-kelebihan-belanja-online/ (diakses
pada 28 Mei 2019, pukul 12:06 WIB)
Kompasiana. Sejarah E-Commerce di Indonesia. Melalui
https://www.kompasiana.com/www.bhinneka.com/ (diakses pada 10 April
2019, pukul 22:41 WIB)
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional
Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas
Pembangunan Panca Budi. JUMANT, 11(1), 67-80.
Nasution, A. P. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Alokasi Dana Desa, Bagi
Hasil Pajak dan Retribusi Daerah dan Dana Desa Dalam Pemberdayaan
Masyarakat dan Kelembagaan Desa di Kecamatan Munte Kabupaten Karo.
Nasution, D. A. D., & Ramadhan, P. R. (2019). Pengaruh Implementasi EBudgeting Terhadap Transparansi Keuangan Daerah Di Indonesia. E-Jurnal
Akuntansi, 28(1), 669-693.
Nasution, N. A., & Sari, W. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan (Firm Size) Dan
Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang
Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 11(1), 76-83.
Nuraieni, A., & Purwantini, A. H. (2017). Eksplorasi Penggunaan Mobile
Banking. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, Vol. 15, No. 1.
Perluasan Bisnis Platform Pembayaran DANA. Melalui
https://technologue.id/perluas-bisnis-dana-incar-platform-pembayaran-ecommerce/amp/ (diakses pada 28 Mei 2019, pukul 00:11 WIB)
Perluasan Usaha Darmo Trade Center (DTC) Surabaya. Melalui
https://duta.co/dtc-gandeng-perusahaan-e-commerce-bantu-pedagang/
(diakses pada 27 Mei 2019, pukul 23:54 WIB)
Purnomo, et al. (2013). Buku Pintar Bisnis Online & Transaksi Elektronik.
Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama
Puspitawati, Lilis dan Anggadini, Dewi. (2011). Sistem Informasi Akuntansi.
Yogyakarta:Graha Ilmu
Rusiadi, et al. (2017). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Pembangunan, Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS, Eviews, Amos, Lisrel.
Cetakan kelima. Medan:USU Press
Saraswati, D. (2018). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal terhadap
Pertumbuhan Ekonomi dan Dana Perimbangan sebagai Pemoderasi di
Kabupaten/Kota Sumatera Utara. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(2),
54-68.
Saraswati, D. (2019). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Ukuran Pemerintah
Daerah, Leverage, Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 110-120.
Sari, A. K., Saputra, H., & Siahaan, A. P. U. (2017). Effect of Fiscal Independence
and Local Revenue Against Human Development Index. Int. J. Bus. Manag.
Invent, 6(7), 62-65.
Sari, M. N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada
Saat Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia.
Siregar, O. K. (2019). Pengaruh Deviden Yield Dan Price Earning Ratio Terhadap
Return Saham Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 Sub Sektor Industri
Otomotif. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 60-77.
Supraja, G. (2019). Pengaruh Implementasi Standar Akuntansi Pemerintahan
Berbasis Akrual Dan Efektivitas Fungsi Pengawasan Terhadap Kinerja
Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Akuntansi
Bisnis dan Publik, 10(1), 115-130.
Sutabri, Tata. (2012). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta:Andi
We are Social, dan Hootsuite. Digital 2019:Indonesia. Melalui
https://datareportal.com (diakses pada 07 April 2019, pukul 20:10 WIB)
Yunus, R. N. (2019). Kemampuan Menulis Argumentasi Dalam Latar Belakang
Skripsi Mahasiswa Manajemen Universitas Pembangunan Panca
Budi. Jumant, 11(1), 207-216.
Published
2020-08-27