Pengaruh Daya Tarik Dan Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Danau Siombak Di Kota Medan

  • Juli Malinda

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di kawasan wisata danau Siombak di Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari Daya Tarik Wisata (X1), dan Fasilitas Wisata (X2) terhadap Kepuasan Wisatawan (Y) di danau Siombak. Populasi pada penelitian ini merupakan pengunjung danau Siombak yang memiliki frekuensi 800 wisatawan per minggu. Sampel yang diambil sebanyak 89 responden dimana jumlah sampel ditentukan dengan rumus Zikmund. Penelitian dilakukan pada bulan April hingga September 2020. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang diolah dengan aplikasi SPSS versi 24.0 dengan model regresi linear berganda. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diambil langsung dari responden melalui kuesioner. Hasil uji t dan uji F pada penelitian menunjukkan bahwa daya tarik wisata dan fasilitas wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan danau Siombak di Kota Medan baik secara parsial (uji t) maupun secara simultan (uji F). Variabel fasilitas wisata menjadi variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan wisatawan. Daya tarik wisata dan fasilitas wisata memberikan kontribusi sebesar 67,0% dalam terbentuknya kepuasan wisatawan. Daya tarik wisata dan fasilitas wisata memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap kepuasan wisatawan. Kata Kunci : Daya Tarik Wisata, Fasilitas Wisata, Kepuasan Wisatawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
BUKU:
Assauri, S. (2014). Strategic Management, Sustainable Competitive Advantage.
Indonesia, Jakarta: Mitra Utama.
Ginting, N. (2015). Manajemen Pemasaran. Bandung : Yrama Widya
Gautama, O. (2014). Evaluasi Perkembangan Wisata Bahari. Denpasar:
Universitas Udayana Press
Hamid, A. (2016). Pengembangan Pariwisata. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasibuan, G. (2016). Kebudayaan dan Pariwisata. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Heath, E., & Wall, G. (2012). Mengembangkan Wisata Budaya - Terjemahan.
Bandung: CV Angkasa
Irawan, H. D. (2017). Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media
Komputindo
KEPMENAG RI No 518 Tahun 2001
Kotler, P. (2015). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi
dan Kontrol, Edisi 15, Jilid 2. New Jersey: Prentice – Hall, inc.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Jakarta;
Erlangga
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management 13th Edition Jilid 1
terjemahan. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, H. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta:
Penerbit Salemba Empat.
Manullang, M., & Pakpahan, M. (2014). Metode Penelitian: Proses Penelitian
Praktis. Bandung: Cipta Pustaka Media.
Muljadi. (2016). Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Pendit, N. S. (2016). Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta :
Pradya Paramita
Pitana, I ., & Diarta, K. (2016). Pengantar Ilmu Pariwisata.Yogyakarta: Andi
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung;
Alfabeta.
108
Rangkuti, R. (2016). Perencanaan Strategi Peasaran Daerah Tujuan Wisata.
Jakarta : PT Gramedia
Rusiadi., Subiantor N., & Hidayat, R. (2016). Metode Penelitian, Manajemen
Akuntasi dan Ekonomi Pembangunan, Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS,
Eviews, Amos, Lisrel. Medan: USU Press.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, W. (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS.
Yogyakarta. Pustaka Baru Press.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran: Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset
Heath, E. and G. Wall. 2012. Marketing Tourism Destinations, A Strategic
Marketing Planning Approach. New York: John Wiley and Sons, Inc
Pitana, I. G., & Diarta, I. K. S. (2016). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi
Yoeti, O. A. (2015). Ekonomi Pariwisata: Introduksi, Informasi, dan Aplikasi.
Jakarta: Kompas
Soekadijo, R. G. (2017). Anatomi Pariwisata: Memahami Parisiwata sebagai
Systemic Linkage. Jakarta/ PT. Gramedia Pustaka Utama
Sulistiyono. (2017). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Bayumedia.
Suwartono, G. (2014). Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi.
Swastha, B. (2012). Azas-Azas Pemasaran, Liberty, Yogyakarta
Wahab, S. (2013). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi
Warpani. (2017). Pariwisata Dalam Tata Ruang Wilayah . Bandung: ITB.
JURNAL:
Ahmad, R. (2019). ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
TERHADAP KINERJA KARYAWAN PDAM TIRTA WAMPU
STABAT. Jurnal Manajemen Bisnis (JMB), 31(1), 15-21.
Ahmad, R. (2019). PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN DISIPLIN
KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. MITRA NIAGA
SEJATI JAYA-LANGKAT. JUMANT, 11(2), 137-146.
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap
Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada
Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-
206.
109
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap
Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot
Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Andika, R. (2018). PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN PENGAWASAN
TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN PADA PT ARTHA GITA
SEJAHTERA MEDAN. JUMANT, 9(1), 95-103.
Aprilia, E. R., Sunarti, S., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata
dan Fasilitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan di Pantai
Balekambang Kabupaten Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2), 16-21.
Aspan, H., Milanie, F., & Sari, A. K. The Effect of Public Participation,
Transparency, and Accountability on the Efficiency of the Distribution of the
School Operational Support Funds (BOS) in Tebing Tinggi City (Case Study
of Taman Siswa College).
Aspan, H., E.S. Wahyuni, A. Prabowo, A.N. Zahara, I.N. Sari, Mariyana. (2020).
“Individual Characteristics and Job Characteristics on Work Effectiveness in
the State-Owned Company: the Moderating Effect of Emotional Intelligence”.
International Journal of Innovation, Creativity and Change (IJICC), Volume
13 Issue 6, pp. 761-774.
Aspan, H., E.S. Wahyuni, S. Effendy, S. Bahri, M.F. Rambe, dan F.B. Saksono.
(2019). “The Moderating Effect of Personality on Organizational Citizenship
Behavior: The Case of University Lecturers”. International Journal of Recent
Technology and Engineering (IJRTE), Volume 8 No. 2S, pp. 412-416.
Darsono, R. (2015). Pengaruh Fasilitas dan Daya Tarik Wisata terhadap Tingkat
Kepuasan Wisatawan, Studi Kasus di Waduk Jatiluhur-Kabupaten
Purwakarta. Jurnal Nasional Pariwisata, 5(1), 14-22.
110
El Fikri, M., Andika, R., Febrina, T., Pramono, C., & Pane, D. N. (2020). Strategy to
Enhance Purchase Decisions through Promotions and Shopping Lifestyles to
Supermarkets during the Coronavirus Pandemic: A Case Study IJT Mart, Deli
Serdang Regency, North Sumatera.
El Fikri, M., & Dewi Nurmasari Pane, R. A. (2020). Factors Affecting Readers’
Satisfaction in" Waspada" Newspapers: Insight from Indonesia. Indexing and
Abstracting.
Hermawan, H. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Keselamatan, Dan Sarana
Wisata Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas
Wisatawan: Studi Community Based Tourism Di Gunung Api Purba
Nglanggeran. JURNAL MEDIA WISATA: Wahana Informasi Pariwisata,
15(1).
Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A Business
Model Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North Sumatra,
Indonesia. Bus. Manag. Strateg, 7(2), 102-120.
Mardiyani, Y., & Murwatiningsih, M. (2015). Pengaruh Fasilitas dan Promosi
terhadap Kepuasan Pengunjung melalui Keputusan Berkunjung sebagai
Variabel Intervening pada Objek Wisata Kota Semarang. Management
Analysis Journal, 4(1).
Marpaung, B. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan
Keselamatan dengan Kepuasan Wisatawan sebagai Variabel Intervening
Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan. Volume 1,Nomor 2,Oktober
2019 Hal 144-155
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of
halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail
Management Research, 12(2).
Nasution, M. D. T. P., Rossanty, Y., Achmad Daengs, G. S., Sahat, S., Rosmawati,
R., Kurniasih, N., ... & Rahim, R. (2018). Decision support rating system
with Analytical Hierarchy Process method. Int. J. Eng. Technol, 7(2.3), 105-
108.
Nasution, M. D. T. P., & Rossanty, Y. (2018). Country of origin as a moderator of
halal label and purchase behaviour. Journal of Business and Retail
Management Research, 12(2).
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in
Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International
Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
RITONGA, H. M., PANE, D. N., & RAHMAH, C. A. A. (2020). PENGARUH
KUALITAS PELAYANAN DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN
PELANGGAN PADA HONDA IDK 2 MEDAN. JUMANT, 12(2), 30-44.
111
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T., ...
& Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And Swot
Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In North
Sumatera. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(9).
Sari, M. I., Sukiswo., & Rohana, T. (2015). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan
Wisatawan Pada Objek Wisata Konservasi Gajah Kabupaten Aceh Jaya.
Management Analysis Journal 4 (1) (2015)
Published
2021-06-25