Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Alfamart Karya Wisata Medan Johor Cabang Medan
Abstract
ABSTRAK Alfamart beroperasional di bidang retail, dimana fenomena masalah yang dihadapinya adalah adanya beberapa keluhan tentang kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan dan kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan variabel kepuasan sebagai variabel intervening pada Alfamart Karya Wisata Medan Johor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 98 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan penyebaran kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan formula statistik, dengan model regresi linier berganda yakni analisis jalur yang diolah dengan program SPSS Versi 17. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Alfamart Medan Johor. 2) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Alfamart Medan Johor. 3) Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Alfamart Medan Johor. 4) Kepuasan sebagai variabel intervening mampu meningkatkan kualitas pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Alfamart Karya Wisata Medan Johor. Nilai koefisien determinasi sebesar 99,8% menunjukkan bahwa 99,8,% informasi yang terkandung dalam data dapat dijelaskan oleh model, sedangkan sisanya sebesar 100% - 99,8% = 0,2% dijelaskan oleh error dan variabel lain di luar model seperti lingkungan, motivasi, dan lain-lain. Angka koefisien pada model ini relatif besar sehingga layak dilakukan interprestasi lebih lanjut Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan
Downloads
References
Buku
Arifin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung:
Alfabeta.
Arikunto, (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta :
Penerbit Rineka Cipta.
Bustami, (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan Dan Akseptabilitasnya.
Jakarta: Erlangga.
Cristopher, dkk. (2013). Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi. 2th ed.
Penerbit Erlangga, Jakarta.
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah.Bandung: Satu Nusa.
Griffin, Jill. (2009). Customer Loyalty: How to Learn It, How to Keep It. Jakarta.
Erlangga.
Hardiansyah . (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane (2013), Manajemen Pemasaran, Jilid 2,
Edisi 13, Erlangga.
Lima Krinsa, Nandan, dkk. (2017) Manajemen Pemasaran teori dan aplikasi
dalam bisnis 2th id. Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi
(Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat.
Marihot M, Pakpahan M. (2014). Metodologi Penelitian, Proses Penelitian Praktis.
Bandung. Citapustaka Media.
Pakpahan, M. (2016). Manajemen Pemasaran. Medan. Cipta Rancana Media
Pakpahan.
Ratih Hurriyanti. (2013). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.
Jakarta.
Ratminto & Winarsih.S.Atik. (2012). Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar.
Yogyakarta.
Riduwan. 2013.Skala Pengukuran Vaiabel-variabel Penelitian.Bandung:Alfabeta
Rusiadi, et al. (2013). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi
Pembangunan, Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS, Eviews, Amos, dan
Lisrel. Cetakan pertama. Medan: USU Press.
Sarwono, Jonathan, dkk. (2010) Riset Akuntansi Menggunakan SPSS. Penerbit
Graha Ilmu. Yogyakarta.
Setiawan, Budi SE,M.Si. (2013). Menganalisa Statistik Bisnis dan Ekonomi
Dengan SPSS 21. Penerbit Andi. Yogyakarta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutisna, (2012), Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Edisis kedua,
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, Fandi Ph.D dan Gregorius Chandra. (2012). Servis, Quality &
satisfaction. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandi Ph.D. (2015). Strategi Pemasaran 4th ed. Penerbit Andi.
Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. (2008), Strategi Pemasaran, 3th ed, Andi Offset, Yogyakarta
Wyckof. (2014). Komponen dan Dimensi Kualitas Jasa. Dalam F. Tjiptono,
Pemsaran Jasa (hal. 268). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Jurnal
Ahmad, R. (2019). ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PDAM TIRTA
WAMPU STABAT. Jurnal Manajemen Bisnis (JMB), 31(1), 15-21.
Ahmad, R. (2019). PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN
DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT.
MITRA NIAGA SEJATI JAYA-LANGKAT. JUMANT, 11(2), 137-146.
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap
Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening
Pada Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi
Medan. JUMANT, 11(1), 189-206.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian
Terhadap Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria
Gemilang (IFA) Depot Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Andika, R. (2018). PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN
PENGAWASAN TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN PADA
PT ARTHA GITA SEJAHTERA MEDAN. JUMANT, 9(1), 95-103.
Anderson, E.W., C. Fornell, dan R.R. Lehmann. (1994). “Customer satisfaction,
market share and profitability : Findings for Sweden”. Journall of
Marketing, Vol. 58, No.1 : 53-56.
Ali, Hasan . (2013). Marketing dan Kasus - Kasus Pilihan . Yogyakarta. CAPS
(Center For Academic Publishing Service)
Aspan, H. (2020). “The Role of Legal History in the Creation of Aspirational
Legislation in Indonesia”. International Journal of Research and Review
(IJRR), Volume 7 Issue 6, pp 40-47.
Aspan, H. (2020). “The Political History of Land Law in Indonesia”. International
Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education
(IJARIIE), e-ISSN 2395-4396, Volume 6 Issue 3, 2020, pp. 707-713.
Fadly, Y. (2019). PERFORMA MAHASISWA AKUNTANSI DALAM
IMPLEMENTASI ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSE (ESP)
DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI (UNPAB)
MEDAN. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 190-201.
Indrawan, M. I. (2019). PENGARUH ETIKA KERJA, PENGALAMAN KERJA
DAN BUDAYA KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI
KECAMATAN BINJAI SELATAN. Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1851-1857.
Monica Maria dan Mohamad Yusak. (2013). Pengaruh Promosi terhadap
kepuasan konsumen King Cake. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan
Tahun 6 No 1, April 2013.
Pane, D. N. (2018). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH BOTOL SOSRO
(STUDI KASUS KONSUMEN ALFAMART CABANG
AYAHANDA). JUMANT, 9(1), 13-25.
Pane, D. N., El Fikri, M., & Siregar, N. (2020). UPAYA PENINGKATAN
REPURCHASE INTENTION MELALUI SOSIAL MEDIA DAN WORD
OF MOUTH TERHADAP HOTEL PARBABA BEACH DI DAERAH
PARIWISATA KABUPATEN SAMOSIR. JUMANT, 12(1), 12-20.
Rusdarti, (2004), Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelayanan terhadap
Loyalitas Nasabah pada Bank BPD Jawa Tengah Cabang Semarang,
Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 13/ Juli/ 2004, p. 54 – 65.
Internet
Mardalis. (2009). Populasi dan Sampel Penelitian.
http://triatra.wordpress.com/2011/04/05/populasi-dan-sampel-penelitian/.
Diakses tanggal 4 9 Desember 2018.