ANALISIS PRICE DISCOUNT, BANUS PACK, DAN INSTORE DISPLAY TERHADAP MINAT BELI CUSTOMER PADA PT. CENTRA MATERIAL BANGUNAN
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari price discount, bonus pack, dan instore display terhadap minat beli konsumen PT. Centra Material Bangunan. Data penelitian diambil dari 267 responden yang berasal dari konsumen yang datang berkunjung ke Home Centra PT. Centra Material Bangunan. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS. Pengujian data yang dilakukan menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa price discount, bonus pack, dan instore display memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen PT. Centra Material Bangunan baik secara parsial maupun secara simultan. Price discount memiliki pengaruh yang paling dominan dalam mempengaruhi minat beli konsumen dibandingkan bonus pack dan instore display. Price discount, bonus pack dan instore display juga memiliki hubungan yang sangat erat terhadap minat beli konsumen. Selain itu, 88,9% minat beli konsumen Home Centra PT. Centra Material Bangunan dapat dijelaskan dengan price discount, bonus pack, dan instore display, sedangkan 11,1% sisanya dapat dijelaskan dengan faktor lain. Kata Kunci : Price Discount, Bonus Pack, Instore Display, Minat Beli
Downloads
References
BUKU:
Alma, B. (2012). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung;
Penerbit Alfabeta.
Amanda, S. (2014). Perilaku Konsumen. Bandung; Alfabeta.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Cetakan
Kelima belas. Jakarta; Rineka Cipta.
Berman, B., & Evans, J. (2012). Retail Management A Strategic Approach.
Prentice Hall, United States of America.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk
skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas
Diponegoro.
Ghozali, I. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19
(edisi kelima). Semarang; Universitas Diponegoro.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Jakarta;
Erlangga
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management 13th Edition Jilid 1
terjemahan. Jakarta; Erlangga.
Lamarto, Y. (2010). Manajemen Pemasaran di Indonesia. Edisi 14. Jilid 1.
Jakarta; Erlangga.
Manullang, M., & Pakpahan, M. (2014). Metode Penelitian: Proses Penelitian
Praktis. Bandung; Cipta Pustaka Media.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung;
Alfabeta.
Robinson, W. A., & Schlutz, D. E. (2013). Sales Promotion Essentials. Chicago:
Crain Books.
Rusiadi., Subiantoro, N., & Hidayat, R. (2016). Metode Penelitian, Manajemen
Akuntasi dan Ekonomi Pembangunan, Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS,
Eviews, Amos, Lisrel. Medan: USU Press.
Saladin, D. (2013). Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Cetakan
Ketiga. Bandung; Lindu Karya.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2014). Perilaku Konsumen, Edisi Kesebelas.
Jakarta: PT. Indeks.
Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen, Konsep dan Implikasi untuk Strategi
dan Penelitian Pemasaran, Edisi 1, Cetakan Kelima. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung; Alfabeta.
Sujarweni, W. (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS.
Yogyakarta. Pustaka Baru Press.
Susanto, A. B. (2014). Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta; Salemba
Empat.
Sutisna. (2013). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung;
Remaja Rosdakarya.
Swastha, B. (2015). Manajemen Penjualan. Yogyakarta; Penerbit BPFE.
Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran: Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset
Vinci, M. (2015). Manajemen Bisnis Eceran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
JURNAL:
Aprilliani, R. (2017). Pengaruh Price Discount, Positive Emotion dan In-Store
Stimuli Terhadap Impulse Buying. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen
Volume 6, Nomor 9.
El Fikri, M., & Dewi Nurmasari Pane, R. A. (2020). Factors Affecting Readers’
Satisfaction in" Waspada" Newspapers: Insight from Indonesia. Indexing and
Abstracting.
Fadly, Y. (2019). PERFORMA MAHASISWA AKUNTANSI DALAM
IMPLEMENTASI ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSE (ESP)
DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI (UNPAB) MEDAN. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 190-201.
Fadly, Y. (2011). An Analysis Of Main Character Conflicts In M.J. Hyland’s Carry
Me Down.
Fatimah, M. H. (2015). Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, dan In-Store
Display Terhadap Keputusan Impulse Buying (Studi kasus pada konsumen
Janu Putra Swalayan di Yogyakarta). Jurnal Bisnis dan Ekonomi. 28, (2),
132-140
Indrawan, M. I., & Widjanarko, B. (2020). STRATEGI MENINGKATKAN
KOMPETENSI LULUSAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA
BUDI MEDAN. JEpa, 5(2), 148-155.
Kusumandaru, A. V. (2017) Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, Dan Instore
Display Terhadap Impulse Buying Matahari. Jurnal Ilmu dan Riset
Manajemen Volume 6, Nomor 9.
Malikhah, I. (2019). PENGARUH MUTU PELAYANAN, PEMAHAMAN
SISTEM OPERASIONAL PROSEDUR DAN SARANA PENDUKUNG
TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS
PEMBANGUNAN PANCA BUDI. JUMANT, 11(1), 67-80.
Nasution, A. P., & Malikhah, I. (2021). IDENTIFIKASI STRATEGI
KEBERHASILAN LAYANAN E-GOVERMENT DI KOTA MEDAN. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 11(2), 38-45.
Prihastama, B. V. (2016). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack Terhadap
Impulse Buying pada Pelanggan Minimarket (Studi Pada Pelanggan
Minimarket Indomaret Jl. Demangan Baru, Depok, Sleman, Yogyakarta).
Yogyakarta; Universitas Negeri Yogyakarta.
Putra, E. W., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh Diskon Terhadap Minat
Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Study pada konsumen
yang membeli produk diskon di Matahari Department Store Pasar Besar
Malang). Jurnal Bisnis dan Ekonomi. 17, (2), 97-108
Pane, D. N. (2018). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH BOTOL SOSRO (STUDI
KASUS KONSUMEN ALFAMART CABANG
AYAHANDA). JUMANT, 9(1), 13-25.
Pane, D. N., El Fikri, M., & Siregar, N. (2020). UPAYA PENINGKATAN
REPURCHASE INTENTION MELALUI SOSIAL MEDIA DAN WORD
OF MOUTH TERHADAP HOTEL PARBABA BEACH DI DAERAH
PARIWISATA KABUPATEN SAMOSIR. JUMANT, 12(1), 12-20.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in
Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International
Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
RITONGA, H. M., PANE, D. N., & RAHMAH, C. A. A. (2020). PENGARUH
KUALITAS PELAYANAN DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN
PELANGGAN PADA HONDA IDK 2 MEDAN. JUMANT, 12(2), 30-44.
Ritonga, H. M., Setiawan, N., El Fikri, M., Pramono, C., Ritonga, M., Hakim, T., ...
& Nasution, M. D. T. P. (2018). Rural Tourism Marketing Strategy And Swot
Analysis: A Case Study Of Bandar PasirMandoge Sub-District In North
Sumatera. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(9).
Octavia, N. (2017). Pengaruh Price Discount, Bonus Pack dan Product Display
Terhadap Impulse Buying di JJ Mart Pangkalpinang. Jurnal Ilmu dan Riset
Manajemen Volume 6, Nomor 9.
Rochman, F. N. (2016). Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, Dan In-Store
Display Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Giant Supermarket
Yogyakarta). Yogyakarta; Universitas Muhammadiyah Purworejo
Sari, D. U. (2017). Pengaruh Price Discount, Sales Promotion, Dan In-Store
Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada PT. Matahari
Departement Store Tbk Panakkukang Makassar. Makasar; UIN Alauddin
Makassar.
Solenski, V. (2017). Influence of Price Discount and Sales Promotion on Impulse
Buying Azwa Perfume Pekanbaru. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen
Volume 6, Nomor 9.
Sudrajat, R. H., Putri, B. P. S., & Putri, C. N. (2017). Pengaruh Potongan Harga
Terhadap Minat Beli (Studi Pada Potongan Harga di Iklan Televisi
Bukalapak.com Versi Hari Belanja Online Nasional 2015 terhadap Minat
Beli Remaja di Kota Bandung. Equilibrium, 5(9).