ANALISIS PENGARUH TASTE DAN SERVICE QUALITY TERHADAP REPURCHASING INTENTION PELANGGAN DI RESTO KINLEY THAI SUN PLAZA MEDAN
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari taste dan service quality terhadap repurchasing intention pelanggan di Resto Kinley Thai Sun Plaza Medan. Sampel penelitian diambil dari 91 pengunjung Resto Kinley Thai Sun Plaza Medan pada bulan September 2018 yang dijadikan sebagai responden untuk mengisi kuesioner yang peneliti berikan. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS. Pengujian data yang dilakukan menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa taste dan service quality memiliki pengaruh yang positif dan signifikan repurchasing intention pelanggan di Resto Kinley Thai Sun Plaza Medan baik secara parsial maupun secara simultan. Taste memiliki pengaruh yang jauh lebih dominan terhadap repurchasing intention pelanggan di Resto Kinley Thai Sun Plaza Medan dibandingkan dengan service quality. Taste dan service quality juga memiliki hubungan yang sangat erat terhadap repurchasing intention pelanggan. Selain itu, 94,3% repurchasing intention pelanggan di Resto Kinley Thai Sun Plaza Medan dapat dijelaskan dengan faktor taste dan service quality sedangkan 5,7% sisanya dapat dijelaskan dengan faktor lain. Kata Kunci : Taste, Service Quality, Repurchasing Intention
Downloads
References
BUKU
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Cetakan
Kelima belas. Jakarta; Rineka Cipta.
Aziz, U. (2012). Teknik Pemasaran Modern. Yogyakarta; Graha ilmu.
Basrah, B,. dan Samsul, M. (2012). Perilaku Konsumen. Yogyakarta; Graha ilmu.
Hennig, F,. dan Thurau, A. (2014). Customer Behavior Edisi 3. Jakarta; Erlangga
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung;
Alfabeta
Indrawan, M. I., Nasution, M. D. T. P., Adil, E., & Rossanty, Y. (2016). A Business
Model Canvas: Traditional Restaurant “Melayu” in North Sumatra, Indonesia. Bus.
Manag. Strateg, 7(2), 102-120.
Ferrinadewi, E. (2010). Merek & Psikologi Konsumen, Implikasi pada Strategi
Pemasaran. Yogyakarta; Graha ilmu.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk
skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas
Diponegoro.
Ghozali, I. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19
(edisi kelima). Semarang; Universitas Diponegoro.
Goff, A. (2015). How to Improve Your Marketing?. Boston: Mc Graw Hill
Kotler, P dan Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13. Jakarta;
Erlangga
Kotler, P dan Keller, K L. (2012). Marketing Management 13th Edition Jilid 1
terjemahan. Jakarta; Erlangga.
Laksana, F. (2015). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta; Graha Ilmu.
Lucas, D., dan Britt L. (2012). Marketing Management 6th Edition terjemahan.
Jakarta; Erlangga.
Manullang, M dan Pakpahan, M. (2014). Metode Penelitian: Proses Penelitian
Praktis. Bandung; Cipta Pustaka Media.
Parasuraman, M. (2012). Prinsip Pemasaran Digital. Jakarta; Erlangga.
Priansa, D J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung;
Alfabeta.
Rangkuti, F. (2013). Customer Satisfaction. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Utama.
Rusiadi,. Subiantoro, N. dan Hidayat, R. (2016). Metode Penelitian, Manajemen
Akuntasi dan Ekonomi Pembangunan, Konsep, Kasus dan Aplikasi SPSS,
Eviews, Amos, Lisrel. Medan: USU Press.
Sekuler, R. (2014). Good Taste for Repurchase Intention. Boston: Mc Graw Hill
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung; Alfabeta.
Sujarweni, W. (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS.
Yogyakarta. Pustaka Baru Press.
Susanto, A B. 2017. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta; Salemba
Empat.
Swastha, B. 2012. Manajemen Penjualan. Yogyakarta; Penerbit BPFE.
Taylor, A. (2012). Customer Satisfaction 3th edition terjemahan. Jakarta: PT.
Gramedia Pustaka Utama.
Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran: Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset
JURNAL
Ahmad, R. (2019). ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
TERHADAP KINERJA KARYAWAN PDAM TIRTA WAMPU
STABAT. Jurnal Manajemen Bisnis (JMB), 31(1), 15-21.
Ahmad, R. (2019). PENGARUH KARAKTERISTIK PEKERJAAN DAN DISIPLIN
KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. MITRA NIAGA
SEJATI JAYA-LANGKAT. JUMANT, 11(2), 137-146.
Amador, A A. (2012). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Sikap Konsumen Dan Implikasinya Terhadap Minat Beli Ulang
(Studi Kasus pada Semerbak Coffee Tembalang Semarang). Diponegoro
Journal Of Social And Political Science Tahun 2012.
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap
Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada
Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189-
206.
Andika, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Berwirausaha dan Kepribadian Terhadap
Pengembangan Karir Individu Pada Member PT. Ifaria Gemilang (IFA) Depot
Sumatera Jaya Medan. JUMANT, 8(2), 103-110.
Andika, R. (2018). PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN
PENGAWASAN TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN PADA PT
ARTHA GITA SEJAHTERA MEDAN. JUMANT, 9(1), 95-103.
Aspan, H. (2020). “The Role of Notaries in the Registration of the Establishment of
Commanditaire Vennootschap (CV) through the Business Entity Administration
System”. Scholar International Journal of Law, Crime, and Justice, e-ISSN 2617-
3484, Volume 3 Issue 12, pp. 463-467.
Aspan, H. (2020). “The Role of Legal History in the Creation of Aspirational
Legislation in Indonesia”. International Journal of Research and Review (IJRR),
Volume 7 Issue 6, pp 40-47.
Aspan, H. (2020). “The Political History of Land Law in Indonesia”. International
Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education (IJARIIE), eISSN 2395-4396, Volume 6 Issue 3, 2020, pp. 707-713.
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose
Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review,
Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Bahar, A,. dan Sjaharuddin, H. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang. E-Jurnal
Agribisnis dan Agrowisata Vol.4, No.1, Januari 2015
Ghassani, M T. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli
Ulang Bandeng Juwana Vaccum Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai
Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pelanggan PT. Bandeng Juwana
Elrina Semarang). Diponegoro Journal Of Social And Political Science
Tahun 2017.
Margareta, F dan Japarianto, E. (2012). Analisa Pengaruh Food Quality dan
Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s
di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran.
Mustafid dan Gunawan, A. (2008). Pengaruh Atribut Produk Terhadap
Keputusan Pembelian Kripik Pisang ”Kenali” Pada PD. Asa Wira Perkasa
Di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Jurnal Prodising.
Pada UKM Bakmi Surabaya Di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal
Nasional.
Weliani, S. (2015). Analisa Pengaruh Food Quality, Service Person Customer
Orientation, Dan Physical Environment, Terhadap Repurchase Intention,
Melalui Customer Satisfaction. Ultima Management Vol 7. No.1. Juni 2015
Suryati, M. (2016). Analisis Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Produk, Dan
Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Kasus
Pada UKM Bakmi Surabaya Di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal
Nasional.
Weliani, S. (2015). Analisa Pengaruh Food Quality, Service Person Customer
Orientation, Dan Physical Environment, Terhadap Repurchase Intention,
Melalui Customer Satisfaction. Ultima Management Vol 7. No.1. Juni 2015.
SKRIPSI
Sari, D Y. (2013). The Influence of Service Quality, Reputation of Company,
Attributes and Taste of Product to Re-Purchase Intention Costumer of Teh
Botol Sosro (Case Study on Pujasera’s Costumer JL. P.B. Sudirman
Jember). Universitas Jember
Sari, A N P. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Mendorong Minat Beli Ulang Pada
Pengguna Nokia Semarang. Universitas Negeri Semarang
Bayhaqi, Y (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Dan Keunggulan
Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Pada Minat
Membeli Ulang (Studi Kasus:Pada Auto Bridal Semarang). Universitas
Diponegoro.
Fadhilah, S. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Minat Beli Ulang Pada Konsumen Mie
Ayam Jamur Medan. Universitas Sumatera Utara
Widiastanto, A. (2011). Analisis Pengaruh Lokasi, Kualitas Makanan, Pelayanan,
Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Makan Mas Pur
(Studi Kasus Pada Warung Makan Lesehan Mas Pur Cabang 1, Cabang 2,
Cabang 3). Universitas Sumatera Utara
Ritonga, R. (2014). Analisis Pengaruh Harga, Rasa Dan Kemasan Terhadap
Keputusan Pembelian Minuman Kuku Bima Ener-G Pada Masyarakat Di
Kelurahan Bagan Nibung Kec.Simpang Kanan Kab.Rokan Hilir Riau.
Universitas Sumatera Utara.