FaktorFaktor yang Mempengaruhi Pemahaman Mahasiswa Tentang Auditing (Studi Kasus pada Mahasiswa S-1 Akuntansi Fakultas Sosial Sains Universitas Pembangunan Panca Budi)

  • Alfiansyah .

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apakah Pemahaman Auditing berpengaruh secara parsial terhadap pemahaman mahasiswa tentang Auditing (2) untuk mengetahui apakah Fasilitas Belajar berpengaruh secara parsial terhadap pemahaman mahasiswa tentang Auditing (3) untuk mengetahui apakah Cara Mengajar Dosen berpengaruh secara parsial terhadap pemahaman mahasiswa tentang Auditing (4) untuk mengetahui apakah Perilaku Belajar berpengaruh secara parsial terhadap pemahaman mahasiswa tentang Auditing (5) untuk mengetahui apakah Keahlian Intelektual berpengaruh secara parsial terhadap pemahaman mahasiswa tentang Auditing (6) untuk mengetahui apakah Pemahaman Auditing, Fasilitas Belajar, Cara Mengajar Dosen, Perilaku Belajar dan Keahlian Intelektual berpengaruh secara simultan terhadap pemahaman mahasiswa tentang Auditing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif dengan pendekatan korelasi dengan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman auditing, fasilitas belajar, perilaku belajar dan keahlian intelektual secara parsial berpengaruh terhadap pemahaman mahasiswa tentang auditing, cara mengajar dosen secara parsial tidak berpengaruh terhadap pemahaman mahasiswa tentang auditing, pemahaman auditing, cara mengajar dosen, fasilitas belajar, perilaku belajar dan keahlian intelektual secara simultan berpengaruh terhadap pemahaman mahasiswa. Kata Kunci : Pemahaman Auditing, Fasilitas Belajar, Cara Mengajar Dosen, Perilaku Belajar, Keahlian Intelektual

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Abdurrakhman. (2014). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: PT
Rineka Cipta
AICPA. (2014). APB (Statement No. 4, Basic Concepts and Accounting
Principles Underlying Financial Statements of Bussiness Enterprice). New
York: American : Institute of Certified Public Accountants
Aliah, N. (2020). The Role Of E-Filing In Improving Taxpayer Compliance In
Indonesia. Accounting and Business Journal, 2(1), 1-9.
Ambarjaya, B. (2012). Psikologi Pendidikan dan Pengajaran Teori dan Praktik.
Jakarta: Buku Seru
Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:BumiAksara
Arnita, V. (2018). Pengaruh Orangtua Terhadap Mahasiswa Akuntansi Dalam
Pemilihan Karir Menjadi Profesi Akuntan. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis:
Jurnal Program Studi Akuntansi, 4(2), 19-23.
Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Baharuddin & Wahyuni, E.W. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran.
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Barus, M. D. B., & Hakim, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika melalui Metode Practice Rehearsal Pairs pada Siswa SMA AlHidayah Medan. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu
pendidikan, 6(1), 74-78.
Chrisna, H. (2018). Analisis Manajemen Persediaan Dalam Memaksimalkan
Pengendalian Internal Persediaan Pada Pabrik Sepatu Ferradini
Medan. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(2), 82-92.
Chrisna, H., Karin, A., & Hasibuan, H. A. (2020). Analisis Sistem Dan Prosedur
Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Dengan Akad Pembiayaan Murabahah
Pada PT. BANK BRI Syariah Cabang Medan. Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 11(1), 156-166.
Danim, S. (2010). Pengantar Kependidikan. Bandung : Alfabeta.
Demong. A. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Keunggulan
Kompetitif. Yogyakarta: BPFE
Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara
Ertikanto, C. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogjakarta: Media
Akademi
Fadly, Y. (2011). An Analysis Of Main Character Conflicts In M.J. Hyland’s Carry
Me Down.
Febryana, F. R. (2019). Hasil Belajar Mata Kuliah Auditing Ditinjau Dari
Fasilitas Belajar Dan Keaktifan Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan
Akuntansi Angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Journal Of Accounting, Vol. 3. No.1
Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hasan, A. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: P.N. Balai Pustaka.
Hasibuan & Moedjiono. (2013). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja
Rosda Karya
Hernawaty, H., Chrisna, H., & Noviani, N. (2020). Transaksi Valas Dalam
Perspektif Konvensional Dan Syariah. Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 11(1), 1-17.
Huda. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka
Pelajar.
Iskandarsyah, D. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Prestasi
Mahasiswa Dalam Mempelajari MatakuliahAkuntansi Keuangan Menengah
(Studi Empiris Pada Mahasiswa JurusanAkuntansi Reguler Di Fakultas
Ekonomika Dan Bisnis UniversitasDiponegoro Tahun Angkatan 2009 Dan
2010). Journal Of Accounting,Vol. 1, No. 2, Hal 1-13
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional
Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas
Pembangunan Panca Budi. JUMANT, 11(1), 67-80.
Marlia. (2016). Pengaruh Minat Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi
Belajar Memelihara/Service Sistem Bahan Bakar Bensin Pada Siswa Kelas
Xi Tkr A Dan Tkr B Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di
Smk Muhamadiyah 1 Bambanglipuro Bantul Tahun Ajaran 2016/2017.
Journal Of Accounting, Vol. 1 No. 1
Nasution, A. P. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Alokasi Dana Desa, Bagi
Hasil Pajak dan Retribusi Daerah dan Dana Desa Dalam Pemberdayaan
Masyarakat dan Kelembagaan Desa di Kecamatan Munte Kabupaten Karo.
Nasution, D. A. D., & Ramadhan, P. R. (2019). Pengaruh Implementasi EBudgeting Terhadap Transparansi Keuangan Daerah Di Indonesia. E-Jurnal
Akuntansi, 28(1), 669-693.
Nasution, N. A., & Sari, W. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan (Firm Size) Dan
Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang
Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 11(1), 76-83.
Ridwan, M. (2012). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta : ArRuzz Media
Saraswati, D. (2018). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal terhadap
Pertumbuhan Ekonomi dan Dana Perimbangan sebagai Pemoderasi di
Kabupaten/Kota Sumatera Utara. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(2),
54-68.
Saraswati, D. (2019). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Ukuran Pemerintah
Daerah, Leverage, Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 110-120.
Sari, A. K., Saputra, H., & Siahaan, A. P. U. (2017). Effect of Fiscal Independence
and Local Revenue Against Human Development Index. Int. J. Bus. Manag.
Invent, 6(7), 62-65.
Sari, M. N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada
Saat Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia.
Siregar, O. K. (2019). Pengaruh Deviden Yield Dan Price Earning Ratio Terhadap
Return Saham Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 Sub Sektor Industri
Otomotif. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 60-77.
Sopiatin, P. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor:Ghalia
Indonesia
Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Bandung: Alfabeta
Supraja, G. (2019). Pengaruh Implementasi Standar Akuntansi Pemerintahan
Berbasis Akrual Dan Efektivitas Fungsi Pengawasan Terhadap Kinerja
Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Akuntansi
Bisnis dan Publik, 10(1), 115-130.
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tampubolon, N (2017). Faktor – Faktor Yang Memengaruhi Pemahaman
Mahasiswa Tentang Akuntansi Keuangan Menengah Dengan Keahlian
Intelektual Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus pada Mahasiswa S1
Akuntansi Reguler Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera
Utara Angkatan Tahun 2013). Vol. 1 . No.2
Widoyoko, E. P. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar
Yunus, R. N. (2019). Kemampuan Menulis Argumentasi Dalam Latar Belakang
Skripsi Mahasiswa Manajemen Universitas Pembangunan Panca
Budi. Jumant, 11(1), 207-216.
Published
2020-06-25