Analisa Potensi Produk Dalam Memprediksi Omzet Penjualan pada PT Mondelez Indonesia
Abstract
ABSTRAK Kualitas sebuah produk telah menjadi sorotan utama dalam dunia industri, dimana setiap produsen berusaha untuk menghasilkan produk yang berkualitas dengan biaya seefisien mungkin. Produk merupakan salah satu faktor yang mendukung untuk meningkatkan omzet penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah kualitas produk, tingkat produk, rancangan produk berpengaruh terhadap omzet penjualan pada PT. Mondelez Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif (kausal), yaitu penelitian yang memiliki hubungan positif antara satu dengan yang lainnya, penelitian ini membahas variabel pengaruh potensi produk terhadap omzet penjualan pada PT. Mondelez Indonesia. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 orang konsumen yang membeli produk PT. Mondelez indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh atau dikumpulkan langsung dari sumber asli yang diperoleh dari jawaban atas kuesioner yang dibagikan kepada responden serta data penjualan pada PT Mondelez indonesia tahun 2015 - 2019. Dalam penelitian ini penulis juga menggunakan beberapa uji diantaranya Uji Kualitas Data, Uji Asumsi Klasik dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan kualitas produk, tingkat produk dan rancangan produk berpengaruh positif terhadap omzet penjualan. Berdasarkan Uji R Square 61,9% omzet penjualan dapat diperoleh dan dijelaskan oleh pengaruh kualitas produk, tingkat produk dan rancangan produk. Sedangkan 38,1% dijelaskan oleh faktor lain atau variabel diluar variabel Kata Kunci: Kualitas produk, tingkat produk, rancangan produk, omzet penjualan
Downloads
References
"Adiman, S., & Junawan, J. (2020). The Impact Of The Covid 19 Pandemic On
The Indonesian Trade Sector. International Proceeding of Law and
Economic, 57-61."
Abdullah, thamrin dan Tantri francis. 2012. Manajemen Pemasaran. PT
RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Blocher, et al. 2011. Manajemen Biaya Penekanan Strategis Jilid 1 Edisi 5.
Salemba Empat. Jakarta.
Chrisna, H. (2019). Analisis Kesiapan Program Studi Akuntansi Fakultas
Ekonomi & Bisnis Unpab Dalam Konvergensi IFRS (International
Financial Reporting Standard). Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 7(2), 1-11.
Curter, William K., & Usry, Milton E. 2010. Akuntansi Biaya (15th ed.). Salemba
Empat. Jakarta.
Daryanto. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Gava Media. Yogyakarta. David,
Fred R. 2010. Manajemen Strategis Konsep. PT. Prenhallindo. Jakarta.
Dwilita, H. (2019). Perbandingan Kinerja Perbankan Indonesia Studi Pada Bank
Umum Konvensional Dan Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Di
Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2017. Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 10(1), 145-162.
Dwilita, H., & Sari, P. B. (2020). Analisis Pengelolaan Keuangan Keluarga dan
Literasi Keuangan Wanita di Dusun 20 Desa Klambir Lima
Kebun. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 1(3),
184-197.
Fadly, Y. (2015). Kondisi dan Kritik Sosial pada Masa Rezim Orde Baru dalam
Puisi-Puisi WS Rendra.
Fadly, Y. (2019). Performa Mahasiswa Akuntansi Dalam Implementasi English
For Specific Purpose (ESP) di Universitas Pembangunan Panca Budi
(UNPAB) Medan.
Fandy Tjiptono. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. CV
Andi Offset. Yogyakarta.
Fandy, Tjiptono dan Anastasia Diana, 2011, Total Quality Management,
Edisi Revisi, Andiy Offset, Yogyakarta.
Febriyanto. 2015. Pengaruh Pengembangan Produk terhadap Volume Penjualan
pada Konveksi Busana Muslim Clothing Kendal. Skripsi. Universitas
Islam negeri Walisongo. Semarang.
Handoko, T.H. 2011. Manajemen Pemasaran Perilaku Konsumen. Edisi Ketiga.
Liberty. Yogyakarta.
Hernawaty, H., Chrisna, H., & Junawan, J. (2020). Analisa Penggunaan Forward
Contract Hedging pada Nilai Ekspor Barang Ekonomi Provinsi
Sumatera Utara. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen
Ekonomi), 1(3), 95-109.
Kotler dan Amstrong. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi kedua. Jakarta:
PT.Indeks.
Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran edisi ketigabelas jilid 1 dan 2
dialihbahasakan oleh Bob Sabran, Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2015. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. PT. Indeks Kelompok
Gramedia. Jakarta.
Lupiyoadi, R & Hamdani, A. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa.
Salemba Empat. Jakarta.
Maisyarah, R., & Sofyardi, M. (2018, January). The Effect of Rice Subsidyon The
Expenditure of Public Family Consumption And Welfare of Poor
Households. In 1st Economics and Business International Conference
2017 (EBIC 2017). Atlantis Press.
Mondelez Indonesia. 2013. Fropil PT. Mondelez indonesia. https://rahmina053.
wordpress.com /2013/10/02/profil -pt-mondelez-indonesia/. Diakses
Juli 2019.
Mulyadi. 2010. Sistem Akuntansi, Edisi ke-3, Cetakan ke-5. Penerbit Salemba
Empat, Jakarta.
Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya. Edisi ke-5. Cetakan Kesebelas. STIM YKPN.
Yogyakarta.
Mustafidah, H. 2012. Penelitian Kuantitatif Sebuah Pengantar. Alfabeta.
Bandung.
Nasution, A. P. (2018). Pengaruh Independence In Fact & Independence In
Appearance Dalam Mempertahankan Sikap Independensi Pada
Internal Auditor Badan Pengawas Keuangan Dan Pembangunan
(BPKP) Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik,
8(1), 154-164.
Nasution, A. P. (2019). Dampak Pengetahuan Pajak Dan Kualitas Pelayanan
Petugas Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi
(STUDI KASUS: KPP PRATAMA BINJAI). Jurnal Akuntansi Bisnis
dan Publik, 7(2), 207-224.
Nasution, D. A. D. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pengguna
Sistem Informasi Manajemen Daerah-Keuangan Pemerintah Provinsi
Sumatera Utara. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 10(1), 101-114.
Nasution, N. A. (2019). Tata cara pelaporan pajak terhutang surat pemberitahuan
masa terhadap pajak pertambahan nilai pada Cv. Bina rekayasa. Jurnal
Perpajakan, 1(1), 37-53.
Panggabean, F. Y. (2019). Kinerja Laporan Keuangan Pemerintah Daerah
Kabupaten Dan Kota Di Sumatera Utara Berdasarkan Opini
Audit. Jurnal Akuntansi dan Bisnis: Jurnal Program studi
Akuntansi, 5(2), 151-159.
Panggabean, F. Y. (2020). Pelatihan Tata Cara Pengisian SPT Tahunan PPh
Badan di SMKN 1 Medan. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian kepada
Masyarakat), 1(1), 82-87.
Rilla Gantino. 2012. Pengaruh Biaya Kualitas Terhadap Penjualan Pada PT.
Guardian Pharmatama. Skripsi. Universitas Bina Nusantara.
Rizkina, M. (2019). Pengaruh Efektivitas Pemungutan Bea Perolehan Hak Atas
Tanah Dan Bangunan (BPHTB) Terhadap Pendapatan Asli Daerah
Dengan Jumlah Penduduk Sebagai Variabel Moderating. JURNAL
PERPAJAKAN, 1(1), 80-94.
Rizkina, M., & Junawan, J. (2020). Decline In Profits During The Covid-19
Pandemic On Expedition Of PT. KARYA MAKMUR
MEDAN. International Proceeding of Law and Economic, 51-56.
Robin Lent dan Genevieve Tour, 2010. Strategi Penjualan Eksklusif, PT.
Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rusmawati. 2016. Analisis Pengembangan Produk rati (model, cita rasa,
kualitas) Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Mandala Bakery
Di Surabaya. Skripsi. Universitas Islam Lamongan
Sari, P. B., & Dwilita, H. (2018). Prospek Financial Technology (Fintech) Di
Sumatera Utara Dilihat Dari Sisi Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan
Dan Kemiskinan. Kajian Akuntansi, 19(1), 09-18.
Situmorang, S. 2017. Analisis Data Penelitian. Cetakan Kedua. USU Press.
Medan.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif,
dan R&D. : Alfabeta. Bandung.
Susanti. 2012. Analisis Pengaruh Biaya Kualitas terhadap Omzet Penjualan pada
PT. Sampurna Kuningan Juwana. Skripsi. Universitas Negeri Malang.
Susanto, 2010. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Salemba Empat, Jakarta.
Tjiptono, F. dan Gregorious, C. 2012. Pemasaran Strategik. ANDY. Yogyakarta.
Tunggal, A.W. 2010. Akuntansi Manajemen. Harvindo. Jakarta.
Triguno, 2010. Budaya Kerja Menciptakan Lingkungan Kondusif Untuk
Meningkatkan Produktivitas Kerja. PT Pustaka Quantum. Jakarta.
Wiwin. 2008. Analisis Pengaruh biaya Pameran Terhadap Volume Penjualan
pada Event Pameran Produk, Studi Kasus PT. Modern Photo, Tbk,
Cabang Surabaya. Skripsi. Universitas Sanata Dharma
Yunus, R. N. (2018). Analisis Pengaruh Bahasa Merek Terhadap Keputusan
Pembelian Pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi
Jurusan Akuntansi. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 13-20.
Zulian, Z. 2010, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa: Ekonisia, Yogyakarta.