Analisis Pengendalian Internal Piutang Atas Persediaan Barang Dagang Untuk Meningkatkan Penjualan di Wilayah Perkotaan dan Pedesaan pada PT. Coca Cola Amatil Medan
Abstract
ABSTRAK ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL PIUTANG ATAS PERSEDIAAN BARANG DAGANG UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI WILAYAH PERKOTAAN DAN PEDESAAN PADA PT. COCA COLA AMATIL MEDAN AKBAR RISYANDI PUTRA NASUTION NPM : 1625100204 Piutang merupakan aktiva yang sangat penting bagi semua perusahaan, dimana pengendaliannya harus mendapat perhatian terus-menerus dari pihak pimpinan perusahaan.Salah satunya adalah kegiatan yang berhubungan dengan prosedur pemberikan kredit dan prosedur penerimaan kas dari piutang. Penelitian ini menggunakan Pendekatan penelitian yang mengacu pada penelitian deskriptif kualitatif.Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang menggunakan variabel-variabel dan data kualitatif. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2019 sampai bulan September 2019. Penelitian ini menggunakan dua jenis data, yaitu: data primer dan sekunder. Data primer adalah data yang dikumpukan dan diolah sendiri oleh organisasi yang menerbitkan atau menggunakannya, seperti prosedur penjualan kredit dan penerimaan kas dari piutang. Data sekunder adalah data yang diperoleh dalam bentuk yang sudah jadi, sudah dikumpulkan dan diolah oleh pihak lain, biasanya sudah dalam bentuk publikasi, seperti sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi perusahaan, flowchart penjualan kredit dan flowchart penerimaan kas dari piutang. Penelitian ini dilakukan dengan mengadakan penelitian langsung pada perusahaan sebagai objek yang diteliti melalui wawancara dengan pihak-pihak yang berwenang tentang pengendalian intern piutang pada perusahaan. Dari hasil penelitian ini didapat bahwa PT. Coca Cola Amatil Medan tidak mempunyai satu fungsi yang secara khusus menangani penjualan kredit. Penjualan kredit pada perusahaan hanya ditangani oleh fungsi-fungsi penjualan, yaitu staf penjualan, bagian penjualan, dan manager pemasaran. Staf penjualan berperan menerima pesanan dari pelanggan, bagian penjualan berperan mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan, sedangkan manager pemasaran berperan memberikan otorisasi atau persetujuan penjualan kredit. Dengan demikian persetujuan mengenai pemberian kredit kepada pelanggan hanya terletak di tangan manager pemasaran. Akibatnya, besar kemungkinan perusahaan memberikan penjualan kredit kepada pelanggan yang kemampuan membayarnya rendah.Sebaiknya perusahaan membuat satu fungsi yang secara khusus menangani penjualan kreditnya. Dengan demikian, sistem pengendalian intern piutang perusahaan menjadi lebih efektif. Kata Kunci : Pengendalian Internal Piutang, Barang Dagang
Downloads
References
Arens, Alvin A. dan James K. Loebbecke, Auditing: An Integrated Approach,
Fourth Edition, Auditing: Suatu Pendekatan Terpadu, Alih Bahasa: Ilham
Tjakrakusuma dan Herman Wibowo, Jilid Satu, Edisi Keempat: Erlangga,
Jakarta. 2010.
Arnita, V. (2018). Pengaruh Orangtua Terhadap Mahasiswa Akuntansi Dalam
Pemilihan Karir Menjadi Profesi Akuntan. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis: Jurnal
Program Studi Akuntansi, 4(2), 19-23.
Baridwan, Zaki, Intermdiate Accounting, Edisi Kedelapan, Cetakan Pertama: BPFE,
Yogyakarta, 2010.
, Sistem Akuntansi: Penyusunan Prosedur dan Metode, Edisi
Keenam, Cetakan Pertama: BPFE, Yogyakarta, 2012.
Chrisna, H. (2018). Analisis Manajemen Persediaan Dalam Memaksimalkan
Pengendalian Internal Persediaan Pada Pabrik Sepatu Ferradini Medan. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(2), 82-92.
Fadly, Y. (2011). An Analysis Of Main Character Conflicts In M.J. Hyland’s Carry
Me Down.
Hartadi, Bambang, Sistem Pengendalian Intern: Dalam Hubungannya dengan
Manajemen dan Audit, Edisi Ketiga, Cetakan Ketiga: BPFE, Yogyakarta,
2010.
Hartati, 2010. Analisis Pengendalian Intern Piutang Usaha Pada PT. SFIMedan,
Program Ekstensi Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara.
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/8953/1/10E00425.pdf.
Diunduh tanggal 20 Desember 2017.
Holmes, Arthur, W. dan David C. Burns, Auditing: Standard and Procedures, 9
th
Edition, Auditing: Norma dan Prosedur, Alih Bahasa: Moh. Badjuri, BukU
Satu, Edisi Kesembilan, Erlangga, Jakarta, 2010.
Institut Akuntan Publik Indonesia, Standar Profesional Akuntan Publik, Salemba
Empat, Jakarta, 2016.
Jusup, Al. Haryono, Dasar-Dasar Akuntansi, Buku Dua, Edisi Keenam, Cetakan
Kelima, BPHEYKPN, Yogyakarta, 2010.
Kieso, Donald E. dan Jerry J. Weygandt, Intermediate Accounting, 8th Edition,
Akuntansi Intermediate, Alih Bahasa: Herman Wibowo, Buku Satu, Edisi
Kedelapan, Cetakan Ketiga: Binarupa Aksara, Jakarta, 2011.
Mahmoedin. 2010. Manajemen Dana Bank. Erlangga. Jakarta.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional
Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas
Pembangunan Panca Budi. JUMANT, 11(1), 67-80.
Mulyadi, Sistem Akuntansi, Edisi Ketiga, Cetakan Kelima: Salemba Empat, Jakarta,
2010.
Munandar, M., Pokok-Pokok Intermediate Accounting, Edisi Keenam: Gajah
Mada University perss, Yogyakarta, 2011.
Nasution, A. P. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Alokasi Dana Desa, Bagi
Hasil Pajak dan Retribusi Daerah dan Dana Desa Dalam Pemberdayaan
Masyarakat dan Kelembagaan Desa di Kecamatan Munte Kabupaten Karo.
Nasution, D. A. D., & Ramadhan, P. R. (2019). Pengaruh Implementasi E-Budgeting
Terhadap Transparansi Keuangan Daerah Di Indonesia. E-Jurnal
Akuntansi, 28(1), 669-693.
Niswonger, C. Rollin, et.al, Accounting Principles, 14
th Edition, Prinsip-Prinsip
Akuntansi, Alih Bahasa Hygimus Ruswinarto, Buku Satu, Edisi
Keempatbelas, Cetakan Kesepuluh: Erlangga, Jakarta, 2010.
Rivai, Veithzal, dkk. 2013. Manajemen Perbankan dari Teori ke Praktik. Raja
Grafindo Persada. Jakarta.
Saraswati, D. (2018). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal terhadap
Pertumbuhan Ekonomi dan Dana Perimbangan sebagai Pemoderasi di
Kabupaten/Kota Sumatera Utara. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(2), 54-
68.
Saraswati, D. (2019). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Ukuran Pemerintah Daerah,
Leverage, Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal Akuntansi
Bisnis dan Publik, 9(2), 110-120.
Sari, A. K., Saputra, H., & Siahaan, A. P. U. (2017). Effect of Fiscal Independence
and Local Revenue Against Human Development Index. Int. J. Bus. Manag.
Invent, 6(7), 62-65.
Sari, M. N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada
Saat Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia.
Singal. 2015. Analisis Pengendalian Intern Piutang Usaha pada Developer
Grand Kawanua Manado. JURNAL EMBA Vol. 3 No. 1
http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/7088. Diakses
Desember 2017. Manado.
Siregar, O. K. (2019). Pengaruh Deviden Yield Dan Price Earning Ratio Terhadap
Return Saham Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 Sub Sektor Industri
Otomotif. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 60-77.
Supraja, G. (2019). Pengaruh Implementasi Standar Akuntansi Pemerintahan
Berbasis Akrual Dan Efektivitas Fungsi Pengawasan Terhadap Kinerja
Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Akuntansi
Bisnis dan Publik, 10(1), 115-130.
Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian, Edisi Pertama, Cetakan
Keduapuluhsatu: Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2010.
Yunus, R. N. (2019). Kemampuan Menulis Argumentasi Dalam Latar Belakang
Skripsi Mahasiswa Manajemen Universitas Pembangunan Panca
Budi. Jumant, 11(1), 207-216.