Analisa Penentuan Tarif Berdasarkan Metode Waktu dan Bahan Pada Bengkel Mobil S’Car Auto Service
Abstract
ABSTRAK Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah : Untuk menganalisa tarif pengacatan yang diberikan Bengkel Mobil S’Car Auto Service dengan mengunakan metode waktu dan bahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yaitu merupakan penelitian yang mendeskripsikan karakteristik masalah yang berkaitan dengan karakteristik dari subyek yang diteliti. Berdasarkan pembahasan serta perhitungan mengenai analisis penerapan waktu dan bahan sebagai dasar penentuan harga jual jasa pada Bengkel Mobil S’Car Auto Service, maka dapat disimpulkan : Jumlah biaya untuk menghasilkan satu jam service adalah Rp. 19.633,83 yang terdiri dari biaya langsung Rp. 179.000.000 biaya tidak langsung sebesar Rp. 146.145.100 dan Laba yang diharapkan dalam satuan jam service adalah Rp. 3.597.440. Dengan menggunakan metode waktu dan bahan, penentuan harga jual jasa pengecatan kepada konsumen akan lebih terjangkau sehingga nantinya akan memberi rasa kepuasan tersendiri untuk konsumen dan juga akan meningkatkan volume penjualan. Untuk keberlangsungan perusahaan jangka panjang, perusahaan harus memperhatikan penentuan tarif agar perusahaan dapat bersaing dengan bengkel lainnya, terutama pesaing utama. Sebaiknya pihak manajemen mempertimbangkan penentuan tarif menggunakan metode waktu dan bahan, untuk menutup seluruh biaya yang dikeluarkan perusahaan dan memperoleh laba yang diharapkan perusahaan. Oleh karena itu, sebaiknya perusahaan menurunkan harga jual jasa pengecatan sebesar Rp. 3.597.440, yang dapat dibulatkan menjadi Rp. 5.500.000,00 dibawah harga competitor. Kata kunci : Analisa Tarif Berdasarkan Metode Waktu dan Bahan
Downloads
References
Adrian Payne, 2012, Pemasaran Jasa; The Essence of Service Marketing. Andi, Yogyakarta.
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arnita, V. (2018). Pengaruh Orangtua Terhadap Mahasiswa Akuntansi Dalam
Pemilihan Karir Menjadi Profesi Akuntan. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis:
Jurnal Program Studi Akuntansi, 4(2), 19-23.
Assauri, Sofjan. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali ... GramediaPustaka
Utama
Basu Swastha.2009. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE
Chrisna, H. (2018). Analisis Manajemen Persediaan Dalam Memaksimalkan
Pengendalian Internal Persediaan Pada Pabrik Sepatu Ferradini Medan. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(2), 82-92.
Christina (2014), Penentuan harga jual jasa pengecatan pada bengkel AUTOMOBILINDO
Yogyakarta menggunakan metode time and materialpricing.
Creswell, J. W. 2010. Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed.
Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.
Daulay, M. T. (2017). Model pengendalian kemiskinan dengan pendekatan
diversifikasi usaha, sustainable development goalds (sdgs) dan economic value
(studi pada daerah pemekaran di sumatera utara). Qe journal, 203-221.
Daulay, M. T., & Sanny, A. (2019). Analysis of Structural Equation Modeling
Towards Productivity and Welfare of Farmer's Household in Sub-District
Selesai of Langkat Regency. International Journal of Research and Review,
117-123.
Djaslim Saladin, 2011, Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, cetakan keempat,
Linda Karya, Bandung
Fadly, Y. (2011). An Analysis Of Main Character Conflicts In M.J. Hyland’s Carry
Me Down.
Fandy Tjiptono 2009, Strategi Pemasaran, edisi kedua, cetakan ketujuh, Yogyakarta : Andi
Offset
Hilton, Ronald W. dan David, E. Platt. 2011. Managerial Accounting Global Edition Ninth
Edition. New York: The McGraw-Hill Companies,Inc.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2014. Principle of Marketing . 14 Edition. England
: Pearson Education, Inc
Lovelock, C, dan Gummeson Wirtz, 2011. “Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7”. Jakarta
: Erlangga.
Mahyus Ekanada. 2014. Ekonomi Internasional. Penerbit Erlangga. Jakarta
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional
Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas
Pembangunan Panca Budi. JUMANT, 11(1), 67-80.
Mulyadi. 2014, Akuntansi Biaya, edisi kelima cetakan ketujuh. Akademi
Manajemen Perusahaan YKPN, Yogyakarta.
Nasution, A. P. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Alokasi Dana Desa, Bagi
Hasil Pajak dan Retribusi Daerah dan Dana Desa Dalam Pemberdayaan
Masyarakat dan Kelembagaan Desa di Kecamatan Munte Kabupaten Karo.
Nasution, D. A. D., & Ramadhan, P. R. (2019). Pengaruh Implementasi E-Budgeting
Terhadap Transparansi Keuangan Daerah Di Indonesia. E-Jurnal
Akuntansi, 28(1), 669-693.
Riki Martusa dan Marsiana Jennie 2010. Evaluasi Biaya Standar dalam Pengendalian Biaya
Produksi (Studi Kasus PT. PG. Rajawali, Subang).
Saraswati, D. (2018). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal terhadap
Pertumbuhan Ekonomi dan Dana Perimbangan sebagai Pemoderasi di
Kabupaten/Kota Sumatera Utara. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(2),
54-68.
Saraswati, D. (2019). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Ukuran Pemerintah
Daerah, Leverage, Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal
Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 110-120.
Sari, A. K., Saputra, H., & Siahaan, A. P. U. (2017). Effect of Fiscal Independence
and Local Revenue Against Human Development Index. Int. J. Bus. Manag.
Invent, 6(7), 62-65.
Sari, M. N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Underpricing Saham pada
Saat Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia.
Siregar, O. K. (2019). Pengaruh Deviden Yield Dan Price Earning Ratio Terhadap
Return Saham Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 Sub Sektor Industri
Otomotif. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(2), 60-77.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sukartini, Endrawati, Reno Fitri Meuthia 2008. Pengaruh Penerapan Manajemen Mutu
Terpadu terhadap Efisiensi Biaya Produksi (Studi Kasus padaPT. Semen Padang).
Supraja, G. (2019). Pengaruh Implementasi Standar Akuntansi Pemerintahan
Berbasis Akrual Dan Efektivitas Fungsi Pengawasan Terhadap Kinerja
Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Akuntansi
Bisnis dan Publik, 10(1), 115-130.
Thamrin Abudullah dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. RajaGrafindo.
Depok.
Yin, Robert K. 2011. Studi Kasus: Desain dan Metode. Rajagrafindo Persada. Jakarta
Yunus, R. N. (2019). Kemampuan Menulis Argumentasi Dalam Latar Belakang
Skripsi Mahasiswa Manajemen Universitas Pembangunan Panca
Budi. Jumant, 11(1), 207-216.
https://id.wikipedia.org/wiki/Tarif
http://accounting-media.blogspot.com/2013/06/pengertian-dan-jenis-tarif.html
https://www.apaarti.com/tarif.html
https://srtkksmdw.wordpress.com/2013/06/28/keterjangkauan-tarif-pelayanan
https://id.wikipedia.org/wiki/Tarif