Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan, dan Kemudahan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Fashion Online Lof_look di Jakarta
Abstract
ABSTRAK Fashion online Lof_look bergerak dalam bidang fashion di Jakarta Pusat. Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak pelanggan mengalami kesulitan berbelanja online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sesungguhnya kesulitan yang dialami para pelanggan.Data diperoleh dari penyebaran angket atau kuisioner 90 orang sampel responden. Data diolah dengan program SPSS versi 23.0 dengan menggunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepuasan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada fashion online lof_look di Jakarta. Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fashion online Lof_look. Kemudahan berepengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fashion online Lof_look. Pengaruh kepuasan, kepercayaan, dan kemudahan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada fashion online lof_look di Jakarta. Koefisien determinasi 74,7% loyalitas pelanggan dapat diperoleh dan dijelaskan oleh kepuasan, kepercayaan, dan kemudahan. Sedangkan sisanya 25,3% dijelaskan oleh faktor lain atau variabel diluar model, seperti harga, lokasi, kualitas pelayanan dan lain-lain. Kata Kunci : Kepuasan, Kepercayaan, Kemudahan dan Loyalitas
Downloads
References
BUKU
Augusty Ferdinand. 2002. Structural Equation Modeling dalam
Penelitian Manajemen. Semarang : Penerbit BP UNDIP.
Chinese Management. 2011. Relationships among customer loyality
programs, service quality, relationship quality and loyality. Studies Vol.
No.2
Fandy Tjiptono. 2006. Pemasaran Jasa. Malang : Penerbit Bayu Media
Publishing.
Farida, Jasfar. 2005. Manajemen Jasa. Jakarta : Penerbit Ghalia Indonesia.
Hidayat, R. Rusiadi, dan M. Isa Indrawan. 2014. Teknik Proyeksi Bisnis.USU Press.
Medan
Hidayat, R., & Subiantoro, N. Rusiadi.2013. Metode Penelitian.USU Press. Medan
Imam , Ghozali.2006. Aplikasi Analisis Multivate dengan Program SPSS.
Semarang : Badan Penerbit Universitas Dipenegoro.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jilid 1.
Edisi 12 Jakarta : Erlangga.
Kotler , Philip dan Kevil lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran . Edisi 12.
Jilid 1. Jakarta : Indeks.
Lamb, Charle W., et al. 2001. “Pemasaran”.Buku 1. Jakarta : SalembaEmpat.
Malhotra, Naresh K. 2009. Riset Pemasaran. Edisi keempat Indeks.
Minto Waluyo. 2009. Panduan dan Aplikasi Structural Equation Modeling.
Indeks.
Sembiring, R. (2019). Teori Dasar Ekonomi. CV. Andalas Bintang Ghonim. Jakarta
Suharno dan Yudi Sutarso. 2010. Marketing in Practice. Yogyakarta : Graha
Ilmu
Tatik Suryani. 2008. Perilaku Konsumen “Implikasi pada Strategi
Pemasaran” . Yogyakarta : Graha Ilmu
Uma, Sekaran. 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta :
Salemba Empat
Pakpahan, Manuntun. 2016. Manajemen Pemasaran : Cita Pustaka Media
JURNAL
Adil, E., Nasution, M. D. T. P., Samrin, S., & Rossanty, Y. (2017). Efforts to Prevent
the Conflict in the Succession of the Family Business Using the Strategic
Collaboration Model. Business and Management Horizons, 5(2), 49-59
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap
Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada
Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. JUMANT, 11(1), 189
Ardian, N. (2019). Pengaruh Insentif Berbasis Kinerja, Motivasi Kerja, Dan
Kemampuan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai UNPAB. JEpa, 4(2), 119
Aspan, H., Fadlan, dan E.A. Chikita. (2019). “Perjanjian Pengangkutan Barang Loose
Cargo Pada Perusahaan Kapal Bongkar Muat”. Jurnal Soumatera Law Review,
Volume 2 No. 2, pp. 322-334.
Febrina, A. (2019). Motif Orang Tua Mengunggah Foto Anak Di Instagram (Studi
Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Abdi Ilmu, 12(1),
Hidayat, R. (2018). Kemampuan Panel Auto Regressiv Distributed Lag Dalam
Memprediksi Fluktuasi Saham Property And Real Estate Indonesia. JEpa, 3(2),
133-149.
Indrawan, M. I., Alamsyah, B., Fatmawati, I., Indira, S. S., Nita, S., Siregar, M., ... &
Tarigan, A. S. P. (2019, March). UNPAB Lecturer Assessment and Performance
Model based on Indonesia Science and Technology Index. In Journal of Physics:
Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012268). IOP Publishing.
Luarn dan Lin. 2003. A Customer Loyality Model for E-Service Context.
Journal of Electronic Commerce Reaserch, VOL. 4, NO. 4, 2003.
Lubis, AIF (2018). Strategi Peningkatan Ilmu Pengetahuan dan Kesejahteraan Melalui
Teknologi Pemberdayaan Masyarakat. Int. J.Civ. Ind. Teknologi , 9 (9), 1036-
1046.
Malikhah, I. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan, Pemahaman Sistem Operasional
Prosedur Dan Sarana Pendukung Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas
Pembangunan Panca Budi. Jumant, 11(1), 67-80.
Nasution, A. P. (2019). Implementasi e–budgeting sebagai upaya peningkatan
tranparansi dan akuntabilitas Pemerintah daerah kota binjai. Jurnal akuntansi
bisnis dan publik, 9(2), 1-13.
Pramono, C. (2018). Analisis Faktor-Faktor Harga Obligasi Perusahaan Keuangan Di
Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 8(1), 62-78.
Purba, R. B. (2018). Pengaruh penerapan sistem akuntansi keuangan daerah,
transparansi publikdan aktivitas Pengendalian terhadap akuntabilitas keuangan
pada badan keuangan daerah kabupaten tanah datar. Jurnal Akuntansi Bisnis dan
Publik, 8(1), 99-111.
Ritonga, H. M., Hasibuan, H. A., & Siahaan, A. P. U. (2017). Credit Assessment in
Determining The Feasibility of Debtors Using Profile Matching. International
Journal of Business and Management Invention, 6(1), 73079.
Sembiring, R. (2018). Pengaruh Nilai Tukar Nelayan (Pendapatan Nelayan, Pendapatan
Non Nelayan, Pengeluaran Nelayan, Pengeluaran Non Nelayan) Terhadap
Kesejahteraan Masyarakat (Pendidikan, Kesehatan, Kondisi Fisik Rumah) di Desa
Pahlawan. Jurnal Abdi Ilmu, 10(2), 1836-1843
Sembiring, R., & Faried, A. I. (2019). Productivity Analysis and Welfare of Salt Farmers
in Tanoh Anoe Village, Bireun-Indonesia. IC2RSE2019, 290.
Sembiring, R., & Faried, A. I. Community In The Bireun Regencyfishing Village.
Sembiring, R. (2018). Dampak Perubahan Budaya Sosial Ekonomi Terhadap
Kemiskinan Dan Kesejahterahan Pada Masyarakat Desa Pahlawan. JEpa, 3(1),
75-82
Sembiring, R.,(2019 ) Nasution, L. N., Faried, A. I., & Novalina, A. Determinant of
Human Development Index (HDI) Towards Poverty in the Regency/City of North
Sumatera Province (Case Study Medan, Binjai, Deli Serdang, Karo, and Pematang
Siantar).
Siregar, N. (2018). Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk dan Harga terhadap
Loyalitas Pelanggan pada Rumah Makan Kampoeng Deli
Medan. JUMANT, 8(2), 87-96.
Yanti, E. D., & Sanny, A. The Influence of Motivation, Organizational Commitment,
and Organizational Culture to the Performance of Employee Universitas
Pembangunan Panca Budi.